Materi Ajar, Rabu 27 Januari 2021 ( Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 4)
Hari/Tanggal : Rabu 27 Januari 2021
Kelas : 3
Tema : 5 (CUACA)
Subtema : 4 (Cuaca,Musim dan Iklim)
Pembelajaran : 4
Tujuan pembelajaran :
- Memahami Perbedaan antara Cuaca, Musim dan Iklim
- Memahami teks bacaan berkenaan dengan suku bangsa Indonesia
Pembelajaran
4
Ayo
Membaca
Sore yang dinanti telah tiba. Cuaca sedikit
berawan. Lani dan teman-teman pun bergegas menuju rumah Edo. Mereka ingin
segera bertemu dengan Pak Tono. Mereka ingin bertanya banyak hal tentang cuaca,
musim, dan iklim.
Mereka pun tiba di rumah Edo. Ternyata Pak Tono
belum datang. Mereka lalu duduk di ruang tamu
menunggu Pak Tono.
Setelah menunggu selama 10 menit, Pak Tono
akhirnya datang. Tetapi, baju Pak Tono agak basah. Mengapa, ya?
Halo, anak-anak. Maaf, ya, Bapak terlambat.
Bapak tadi kehujanan. Bapak tidak bawa payung. Jadi, Bapak berteduh dulu.
Iya, Pak, tidak apa-apa. O, ya, nama saya Edo.
Ini teman-teman saya.
Wah, kebetulan sekali. Itu contoh tentang
perubahan cuaca.
Iya. Beberapa hari ini cuaca cepat berganti.
Tetapi sekarang lebih sering hujan.
Iya, betul. Di sini cuaca cerah. Ternyata, di
tempat lain, hujan.
Di sini pun, cuaca bisa berubah-ubah.
Kami senang sekali kalau boleh bertanya kepada
Bapak.
Kalian boleh bertanya apa saja yang ingin kalian
ketahui. Tapi, dengarkan dulu penjelasan Bapak baik-baik.
Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim
Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah
cuaca, musim, dan iklim. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya.
Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara
di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang
singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya.
Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah. Cuaca harian biasanya
dilambangkan dengan simbol berikut.
Musim adalah keadaan cuaca
yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada
waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu
yang sedikit hujan.
Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama
daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara
tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan musim hujan.
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan
waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun.
Ayo Berdiskusi
Setelah Pak Tono menjelaskan, Edo dan
teman-teman dibolehkan untuk bertanya. Bacalah diskusi mereka dengan saksama.
Pak Tono |
: |
Bagaimana anak-anak,
siapa yang mau bertanya? |
Siti |
: |
Saya, Pak. Apakah
yang dimaksud dengan garis khatulistiwa? |
Pak Tono |
: |
Garis khatulistiwa
adalah garis yang mengelilingi bumi. Garis ini ada di tengah Bumi. Negara
kita terletak di garis tersebut. |
Dayu |
: |
Apakah karena itu
negara kita hanya memiliki dua musim? |
Pak Tono |
: |
Iya, betul, Dayu.
Kita hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. |
Beni |
: |
Kalau sekarang cuaca
sering hujan berarti sudah masuk musim hujan, ya, Pak? |
Pak Tono |
: |
Iya, Beni. Para ahli
harus menghitung banyaknya curah hujan setiap sepuluh hari. |
Edo dan |
: |
Saya, Pak! |
Ayo Bercerita
Sekarang giliranmu menceritakan informasi
tentang cuaca, musim, dan iklim. Ceritakanlah dengan kata-kata dan kalimatmu
sendiri. Berceritalah di depan teman-temanmu. Ajak mereka untuk ikut bercerita
secara bergiliran.
Cuaca itu keadaan udara
yang diukur dalam waktu singkat. Kalau iklim dalam waktu panjang. Cuaca,
musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Musim
adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu.
Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam
hitungan bulan. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang
panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun.
Musim di Indonesia hanya ada dua. Musim hujan dan musim kemarau. Saat musim
hujan sering terjadi. Musim kemarau hanya terjadi sedikit hujan.
Ayo Beraktivitas
Hari sudah makin sore. Cuaca yang tadinya
berawan, kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo meminta tolong kepada
teman-teman untuk membantu ibunya.
Lani dan Siti membantu mengangkat jemuran yang
kering. Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu yang ada di luar.
Beni dan Udin membantu mengangkat keset yang
dijemur di atas pagar.
Itulah manfaatnya kita bersatu saat mengerjakan
suatu hal. Pekerjaan akan cepat selesai. Terima kasih, teman-teman. Kalian
sudah meringankan pekerjaan ibu saya.
Sampaikan manfaat dan pentingnya bersatu dalam
keberagaman di hadapan teman-temanmu. Ajak mereka untuk melakukan hal yang
sama.
Bersatu dalam
keberagaman sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan persatuan
pekerjaan menjadi cepat selesai. Selain itu dengan persatuan juga meningkatkan
rasa persaudaaran.
Didalam lingkungan sekolah, kita pasti akan berbaur dengan siswa-siswa lain
yang berasal dari daerah yang berbeda dengan tempat kita tinggal. Mereka juga
memiliki latar belakang yang berbeda-beda seperti agama dan dan pekerjaan orang
tua mereka.
Persatuan dalam keberagaman banyak sekali manfaatnya. Beberapa diantaranya
adalah sebagai berikut.
1. Memperluas hubungan kekerabatan.
2. Menumbuhkan sikap toleransi.
3. Saling bertukar pemikiran dan pengalaman.
Keberagaman di sekolah
membawa banyak pengalaman dan pemikiran yang bisa digali melalui interaksi
seperti contohnya percakapan. Selain mempererat kekerabatan antar warga
sekolah, keberagaman disekolah juga bisa memberikan informasi-informasi baru
yang dibawa oleh para penghuni sekolah yang datang dari berbagai latar
belakang.
LATIHAN
Mengerjakan modul tematik, TEMA 5 SUBTEMA 4 BAGIAN I YA SAYANG, LANGSUNG DIJAWAB SAJA DIBUKU MODUL TEMATIKNYA YAA semangat yaa anak sholeh dan Sholehah 🤗🤗
2 komentar:
Assalamu'alaikum Bu terimakasih atas materi nya -aliani 8f
Assalamualaikum bu... alhamdulillah Ayshailani Ayanna Sofyan absen 5 kelas 3b al azhar 3 sudah mempelajari materi yg ibu berikan dan akan mengerjakan tugasnya... terima kasih 🙏
Posting Komentar