MATERI AJAR TEMA 6 SUBTEMA 3 KELAS 3
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Hari/Tanggal : Selasa, 16 Februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 (Energi dan Perubahannya)
Subtema : 3 (Energi Alternatif)
Pembelajaran : 1 & 2
Alatperaga : Video ,Gambar
Tujuan Pembelajaran
1. 👉Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi berkaitan tentang energi
2. 👉Peserta didik dapat menyebutkan lamanya suatu kejadian dengan benar
3. 👉Peserta didik dapat mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur-unsur garis, bidang , dan warna dalam sebuah karya dekoratif.”
Langkah – langkah Pembelajaran
1. Peserta didik diminta untuk mempelajari dan memahami video pembelajaran di pembelajaran 1
2. Peserta didik mengerjakan latiha tematik
3. Peserta didik Menggambar dan mewarnai layang-layang
Bahasa Indonesia
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energy alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi,penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak. Berikut ini contoh energi alternative.
Panas matahari, gerak air dan dan gerak angin /bayu dapat diibah menjadi energy listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air dan angin inilah yang dapat di gunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energy matahari di manfaatkan untuk membuat pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
Energi air dimanfaatkan untuk membuat pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energy angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber enegrgi yang sangat ramah lingkungan.
SBdP
Unsur rupa berupa garis, bidayng , warna juga bisa digunakan untuk menghias layang-layang
Angin merupakan contoh energy alternative. Kegiatan yang memanfaatkan energy angin contohnya bermain layang-layang. Bermain layang-layang biasayan di lakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.
Matematika
Bermain layang-layang membutuhkan energy.
Yang perlu diingat :
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
1 jam = 3.600 detik
Contoh : Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut
Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.
Pembelajaran 2
PPKN
Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar. Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.
Silakan simak Video Pembelajaran 1 & 2 berikut ini
Latihan Tematik
Tulislah jawaban dari pertanyaan berikut dengan benar.
1. Apa yang di maksud dengan energy alternative ?
2. Apa sajakah yang termasuk sumber energy alternatif ?
3. Berikan satu contoh penggunaan energy alternative ?
4. Wahyu bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45
Lamanya Wahyu bermain layang-layang adalah ….. menit
5. Dayu bermain layag-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45
Lama Dayu bermain layang-layang …… menit.
6. Sebutkan kewajibanmu saat bermain!
7. Sebutkan 2 contoh kegiatan sehari-hari yang memerlukan angin.
Tugas Portopolio
Menggambar dan mewarnai layang-layang berikut ini. Tugasnya di kumpulkan paling lambat hari jum'at, 18 Februari 2021.
0 komentar:
Posting Komentar