Materi Ajar, Jum'at 13 Agustus 2021
Tema 1 sub tema 3 pembelajaran 3 & 4
Tema : 1
Subtema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 3 Dan 4
Tanggal : 13 Agustus 2021
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, PPKN, Matematika (Tematik)
Assalamu'alaikum. Warahmatulohi Wabarakatuh ....Semangat pagi.
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak .
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.
2. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.
3. Setelah menyimak teks permainan tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraph dari teks tulis dengan mandiri.
4. Setelah menyimak teks tentang permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
5. Setelah berdiskusi siswa mampu memberikan nama segitiga berdasarkan sudutnya dengan benar.
Ringkasan Materi
Mari simak Video pembelajaran 3 dan 4 berikut ini :)
Bahasa Indonesia
Selain permainan Engklek, bangsa Indonesia juga mempunyai banyak permainan yang diwariskan secara turun temurun. Salah satunya adalah budaya Fahombo Batu atau Lompat Batu yang biasa dilakukan oleh masyarakat Nias.
Bacalah teks dibawah ini!
Nah kalau sudah dibaca, sudah tahu kan mana gagasan pokoknya dan yang mana gagasan pendukungnya?
IPA
Pernahkah kamu mencoba berteriak di lapangan? Apa yang terjadi?
Bandingkan juga ketika kamu berteriak di kamar mandi. Apa perbedaannya?
Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
Bunyi dapat dipantulkan dan diserap.
1. Pemantulan Bunyi
Sebuah kelereng yang kita lempar ke dinding yang keras akan mengalami pemantulan, demikian juga dengan bunyi. Bunyi juga dapat memantul, jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras, seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.
2. Penyerapan Bunyi
Bunyi juga dapat diserap. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi adalah benda yang permukaannya lunak. Benda yang demikian disebut peredam bunyi, misalnya karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol. Benda-benda tersebut dapat digunakan untuk mencegah terjadinya gaung atau kerdam. Dinding dan langit-langit gedung pertemuan, studio rekaman, dan gedung bioskop dilapisi dengan bahan-bahan tersebut supaya tidak terjadi gaung atau kerdam.
Macam-Macam Bunyi Pantul
1. Gaung atau Kerdam
Gaung atau kerdam terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya tidak jauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul bersamaan dengan bunyi asli yang belum selesai terucapkan. Akibatnya, bunyi pantul mengganggu bunyi asli sehingga suara yang terdengar tidak jelas.
2. Gema
Gema terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya jauh dari sumber bunyi.
Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul setelah bunyi asli selesai terucapkan. Jadi, bunyi pantul yang terdengar lengkap sesudah bunyi asli. Gema sering terjadi di gua-gua, lembahlembah, dan bukit-bukit yang jaraknya jauh serta permukaannya keras dan rapat. Selain itu, gema juga dapat dipergunakan untuk mengukur kedalaman jurang atau gua.
PPKN
Siti dan teman-teman selalu mengajarkan kita untuk tetap bekerja sama dalam keberagaman. Mari kita simak cerita berikut ini!
Ayo Berdiskusi!
Meskipun Siti dan teman-temannya berasal dari daerah yang berbeda, mereka tetap bekerja sama membantu sesama.
Akhir-akhir ini, Bu Mimin, penjual makanan di kantin SDN 01 Nusantara, sering kali tampak sedih. Siti memberanikan diri bertanya kepada Bu Mimin tentang apa yang sedang terjadi padanya. Bu Mimin bercerita bahwa anaknya sedang sakit di rumah. Permasalahannya, Bu Mimin tidak dapat meninggalkan kantin sekolah. Ia membutuhkan biayan Untuk membayar pengobatan anaknya dengan berjualan makanan. Siti pun menemui teman-temannya dan mengajak mereka berdiskusi untuk membantu memecahkan masalah Bu Mimin. Mereka memutuskan akan bekerja sama membantu Bu Mimin dengan menjaga kantin sekolah pada jam itu.
Jika kamu menjadi Siti, apa yang akan kamu lakukan bersama teman-temanmu?
Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat membantumu.
• Jenis bantuan apa yang dapat kamu dan teman-temanmu berikan?
•Apa yang akan kamu lakukan saat berhadapan dengan para pembeli?
• Apa yang akan kamu lakukan terhadap makanan di kantin Bu Mimin agar disukai pembeli?
• Apa yang akan kamu lakukan terhadap uang hasil penjualannya?
• Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya?
•• Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya?
•• Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya?
Matematika
Kemarin kita sudah belajar sudut pada segi banyak beraturan. Sekarang bagaimana sudut pada segitiga dan segiempat ?
# Semua Segitiga mempunyai jumlah sudut 180°. Besar sudut pada segitiga juga mempengaruhi namanya.
Berikut ini nama segitiga beserta alasannya:
Cara menghitung sudut yang belum di ketahui :
Sudut 3 = 180° - (sudut 1 + sudut 2)
Contoh
Jawab :
Sudut 3 = 180° - (sudut 1 + sudut 2)
= 180° – (45+45)
= 180° - 90
= 90 °
Latihan hari ini
Tulislah jawabannya saja di buku latihan tematik :)
jangan Lupa menuliskan Basmallah , Hari/tanggal menggunakan pena dan ditulis dengan tegak bersambung dengan rapi ya nak:) Jangan lupa sertakan garis tutup juga ya nak:)
1. Gaung atau kerdam terjadi ketika jarak antara sumber bunyi dengan benda penghalangnya berada pada jarak ….
2. Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraph ke 5 yang ada pada wacana Sigap Membantu Sesama!
3. Hitunglah Sudut yang belum diketahui pada gambar berikut!
Selamat mengerjakan anak sholeh dan sholehah, Semoga selalu sehat semangat Aamiin
0 komentar:
Posting Komentar