Hari/Tanggal : Senin , 30 Agustus 2021
Kelas : IV
Tema : 2 (Selalu Berhemat Energi)
Subtema : 3 Energi Alternatif
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat peraga : Video dan gambar
Tujuan Pembelajaran
1. 1. Dengan mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan layang-layang dengan tepat.
2. 2.Dengan mengolah informasi, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi
tanaman jarak sebagi sumber daya alam alternatif dan pemanfaatannya
dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
3. 3.Setelah mengamati lingkungannnya, siswa mampu mempresentasikan
pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar.
4. 4.Setelah bereskplorasi, siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar.
5. 5.Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyatakan pecahan campuran kedalam pecahan biasa atau sebaliknya dengan benar.
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Ringkasan Materi
Bahasa Indonesia
Teks petunjuk adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu. Proses membuat sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah runtut dan teratur.
Struktur teks petunjuk terdiri atas tujuan dan langkah- langkah. Tujuan dalam teks petunjuk adalah hasil akhir yang akan dicapai. Langkah- langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai. Contoh teks petunjuk (ada di buku : Tema 2 halaman 97, tentang : Bagaimana membuat layang-layang?
IPA (Ilmu pengetahuan Alam )
Sumber energi yang berasal dari minyak bumi dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Sumber energi ini memiliki ketersediaan yang terbatas dan suatu saat akan habis. Manusia memerlukan sumber energi lain atau sumber energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.
Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang bukan sumber energi tradisional. Sumber energi tradisional adalah bahan bakar fosil seperti batu baru, minyak dan gas alam. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis, yaitu dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, dan panas bumi.
Indonesia memiliki sumber daya alam yang juga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Contohnya tumbuhan jarak yang diolah menjadi minyak jarak ( Silahkan di baca : di buku Tema 2 halaman 100)
Penggunaan energi alternatif bertujuan mengurangi penggunaan energi dari fosil, seperti minyak bumi. Mengapa? Karena butuh waktu bertahun-tahun untuk proses pembentukan minyak bumi. Selain itu, energi alternatif juga mengurangi kerusakan lingkungan. Pencemaran asap karena sisa pembakaran minyak bumi menyebar ke udara dan menyebabkan pemanasan global. Salah satu cara paling bijak yang dapat kita lakukan adalah berhemat energi.
PPKN
Berhemat energi adalah cara yang paling bijak untuk mengurangi kerukan lingkungan. Sebagai bagian dari masyarakat itu adalah kewajiban kita.
Berikut ini adalah contoh yang dapat kita lakukan untuk mengehemat energi.
- Mematikan lampu jika siang hari
- Menghemat penggunaan air, misalnya tidak membuang air atau menyiram tanaman dengan bekas cucian beras
- Menanam tumbuhan di sekitar kita untuk menyegarkan udara.
Setelah memenuhi kewajiban, kita dapat memperoleh hak kita, misalnya memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan. Selain itu, kita juga mempunyai hak untuk memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan, dan pembangkit tenaga listrik.
Matematika
Pecahan
- Ketika pembilang pecahan nilainya lebih besar dari penyebutnya, maka pecahan tersebut di tuliskan dalam bentuk pecahan campuran.
- Ketika pembilang dan penyebutnya mempunyai nilai yang sama, maka pecahan tersebut sama dengan satu
Ketika kita mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa kita bisa membagi pembilang dengan penyebutnya. Misalnya pecahan 9/4.
Mari kita simak video pembelajaran 1 dan 2 berikut ini :
Latihan Matematika
- Mengubah Pecahan Biasa menjadi Pecahan Campuran
1. 5/3 = ...
2. 37/3 = ....
- Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa
1. 1 5/8 = .....
2. 4 7/10 = ....
Latihan PPKn dan B. Indonesia di buku “Modul Tematik “ Halaman 44
Kerjakan langsung di modul tersebut ya nak.
Selamat mengerjakan. Semoga Selalu sehat, semangat dan tetap menjaga prokes ya nak
0 komentar:
Posting Komentar