Hari/Tanggal : Jum'at/ 11 Maret 2022
Materi : Matematika
Submateri : Statiska
Pembelajaran : Menafsirkan data
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
KD 3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang |
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menafsirkan sebuah data .
Good morning my lovely students. How are you this morning?
hopely you are healthy and happiness
Apersepsi
Baik anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah pelajaran di hari Jumat kemarin, tentang mengunpulkan data dan membuat diagram batang. Nah sekarang, kita kan mempelajari materi statistika tentang menafsirkan data. perhatikan video berikut ini ya nak :)
Ringkasan Materi
A. Menafsirkan Data
Menafsirkan data adalah mengintrepretasikan sebuah data berdasar data yang sudah disimpulkan setelah kita melakukan membaca data.
Contoh fatimah ingin mengetahui makanan yang disukai oleh teman-temannya. Fatimah kemudian bertanya kepada setiap temannya mengenai makanan yang mereka sukai. Dari 20 orang temannya, diperoleh hasil sebagai berikut :
Dari contoh tersebut fatimah mengumpulkan data mengenai jenis makanan kesukaan teman-temannya , melalui wawancara. Lalu cara membaca data nya adalah 4 orang menyukai bakso, 2 orang menyukai soto, 6 orang menyukai mie ayam, dan 8 orang menyukai nasi goreng.
Contoh dari menafsirkan data tersebut saat terdapat pertanyaan makanan apakah yang paling disukai. Jawabannya adalah nasi goreng karena nasi goreng paling banyak disukai orang orang. Karena memiliki jumlah yang paling banyak. Dan soto adalah makanan yang kurang disukai orang karena jumlahnya yang paling sedikit.
TUGAS
Setelah kalian melihat video kalian bisa mengerjakan latihan dibuku matematika halaman 128 no 1 dan 2.
Tetap semangat ,sehat dan selalu ceria ya nak, jangan lupa shalat lima waktunya 😇❣️
0 komentar:
Posting Komentar