Jumat, 14 November 2025

MATERI AJAR JUM'AT 14 NOVEMBER 2025

| |

     

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

IDENTITAS:

Hari/tanggal              : Jum'at, 14 November ber  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Mata pelajaran         : Seni Rupa

Alokasi waktu           : 1×35 menit

pertemuan ke            : 3

Model pembelajaran : seni rupa

Media pembelajaran : PH

🌠 Capaian Pembelajaran : SENI RUPA


3.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis jenis simpul dan ikatan 

💫 Tujuan Pembelajaran : SENI RUPA
3.1.1 Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis jenis simpul dan ikatan 

💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar tentang pengertian simpul dan ikatan  dan hari ini kita akan mengidentifikasi  jenis jenis simpul dan ikatan

💫 Materi Pembelajaran : 
Bab 3 Seni Rupa membahas ikatan (tali yang terhubung dengan benda) dan simpul (tali yang terhubung dengan tali), yang merupakan teknik dasar dalam seni rupa seperti makrame (seni kerajinan dari simpul). Materi ini mencakup jenis-jenis simpul seperti simpul tunggal dan ganda, serta penerapannya untuk membuat berbagai karya seni seperti hiasan dinding, aksesoris, dan gantungan kunci. 
1. Perbedaan ikatan dan simpul
  • Ikatan: Proses menghubungkan tali dengan benda lain. Contoh: mengikat kotak dengan tali, menggunakan ikatan jangkar untuk menyambung tali ke benda.
  • Simpul: Proses menghubungkan tali dengan tali itu sendiri melalui lilitan atau putaran. Contoh: membuat simpul sepatu atau simpul yang digunakan pada makrame. 
2. Teknik dasar dalam seni rupa
  • Simpul dasar:
    • Simpul kepala: Simpul awal yang membentuk dasar untuk variasi lain.
    • Simpul tunggal: Dibuat dengan satu putaran pada tali, bisa ke kiri atau ke kanan.
    • Simpul ganda: Dibuat secara bergantian dari kanan dan kiri, lebih kuat dari simpul tunggal.
  • Jenis simpul lainnya: Simpul mati (menyambung dua tali), simpul rantai, simpul gorden, simpul lilit, dan lain-lain.
  • Karya seni berbasis simpul:
    • Makrame: Seni membuat kerajinan dari berbagai simpul, seperti hiasan dinding, aksesoris, tas, dan gantungan kunci.
    • Bahan: Menggunakan berbagai jenis tali dan aksesoris seperti manik-manik, kayu, dan lainnya. 
3. Manfaat dan tujuan pembelajaran
  • Fungsional: Menyatukan benda agar tidak mudah lepas, seperti membuat kerajinan yang kuat.
  • Estetis: Menciptakan hiasan dan pola yang indah pada karya seni.
  • Mengembangkan kreativitas: Melatih keterampilan, ketelitian, dan tanggung jawab dalam berkarya
Video pembelajaran 
Mari kita simak video pembelajaran berikut 




💫 Latihan Soal
1. Teknik ikat dan simpul sering disebut juga dengan teknik …

2. Contoh karya seni yang dibuat dengan teknik ikat dan simpul adalah …

3. Alat utama yang digunakan dalam membuat simpul adalah …

4. Karya seni yang dibuat dengan teknik ikat celup disebut juga …

5. Salah satu nilai karakter yang dapat dikembangkan dari kegiatan mengikat dan menyimpul adalah …

untuk post test miss minta kerjakan soal yg  ada pada link berikut ini ya nak

💫Kesimpulan
aljhamdulillah untuk pembelajaran hari ini ananda soleh solehah sudah dapat memahami ikatan dan simpul melalui penilaian harian pada bab  3 ini ananda sudah mampu menguasaai materi ini dengan baik

💫Penutup
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berlangsung lancar dan meyenangkan ya nak..  see you on tomorrow on pelajaran di hari senin ya nak. yaitu MTK, PKN dan Bahasa Indonesia

Wassalamualaikum wr wb


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar Kamis 11 Desember 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©