Hari/Tanggal : Selasa, 23 Mei 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : TEMA 8 (Peristiwa Alam) / SUBTEMA 4 (Bencana Alam)
Pembelajaran : 5&6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Pembelajaran 5
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian terima kasih, minta tolong, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
Matematika
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret
Pembelajaran 6
PPKN
3.4 Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di rumah.
Pjok
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian terima kasih, minta tolong, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
Sbdp
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
Tujuan pembelajaran
1.siswa dapat mengurutkan suhu benda dari yang lebih panas ke lebih dingin berdasarkan alat ukur tidak baku.
2. Dengan presentasi, siswa dapat menyebutkan dan mempresentasikan bentuk kerja sama yang dilakukan di rumah.
3siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan ungkapan permintaan tolong secara lisan atau tulis dengan tepat.
Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas 1 A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat ya ... baca doa belajar dulu ya nak..
Baik anak anak bu guru,, kemarin kita belajar apa yaa ?? Adakah yg masih ingat nak?
Yaaa betul kemarin kita sudah belajar mengenal tentang ungkapan permintaan tolong Dan Cara mengukur suhu panas dan dingin
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 5 dan 6 ya tentang mengurutkan suhu dari yang lebih panas ke lebih dingin
Mari kita simak pembelajaran 5
Apabila terjadi bencana alam, bantuan sangat diperlukan.Kita bisa meminta tolong kepada orang lain.
Siti dan teman-teman sedang berada di balai desa.Mereka sedang membantu mengisi bak penampungan air.Mereka saling menolong.
Amati gambar Udin dan teman-teman di bawah ini.
Percobaan Suhu Air
Bisakah kita mengukur suhu dengan tangan?
Edo ingin membuktikan hal itu.
Edo akan membuat sebuah percobaan.
Untuk merasakan suhu panas dan dingin.
Edo mengajak teman-teman ke rumahnya.
Edo mengajak mereka mengikuti percobaannya.
Berikut petunjuk percobaan Edo.
1. Siapkan tiga buah wadah: A, B, dan C.
Letakkan di atas meja.
2. Ketiga wadah tersebut diisi air yang sama
banyaknya.
3. Jenis dan suhu air di ketiga wadah tersebut berbeda.
4. Minta seorang teman untuk maju ke meja
percobaan.
5. Tolong masukkan tangan kanan ke wadah A.
Kemudian, masukkan tangan kiri ke wadah C.
Biarkan selama 30 detik.
Setelah itu, masukkan tangan kanan dan kiri ke wadah B secara bersamaan.
6 Setelah kedua tanganmu dimasukkan:
a. Apa yang dirasakan oleh tangan kananmu?
b. Apa yang dirasakan oleh tangan kirimu?
c. Dapatkah tangan kanan dan kirimu merasakan hal yang sama?
d. Mengapa demikian?
7. Urutkan suhu yang terasa di ketiga wadah.
Urutkan dari yang terpanas. Urutannya adalah:
Wadah....., wadah....., wadah.....
Pembelajaran 6
Bermain sambil Mengukur Suhu
Siti dan teman-teman telah selesai bermain peran.Mereka beristirahat di halaman sekolah.Beni dan Udin sedang bermain bola.
Siti dan Lani sedang duduk di bawah pohon.Dayu dan Edo sedang piket membersihkan kelas.Mereka melakukan kegiatan yang berbeda-beda.
Setelah piket, Dayu dan Edo ikut beristirahat bersama teman.
Siti mengajak teman-teman bermain sambil belajar.
Bermain merasakan suhu badan dengan telapak tangan.
Siti dan Beni menyentuh dahi teman secara bergantian.
Siti menyentuh dahi Dayu dan Lani.
Beni menyentuh dahi Edo dan Udin.
Apakah kamu dapat mengukur suhu badan dengan telapak tangan?
Apakah ada perbedaannya?
Mengapa demikian?
Cobalah lakukan bersama temanmu.
Cobalah mengukur suhu badan dengan telapak tangan.
Latihan soal :
Ajak temanmu bermain mengukur suhu.
Bermain mengukur suhu dengan alat ukur tidak baku.
Pegang dahi temanmu dan rasakan suhunya.
Bandingkan suhu badan teman-temanmu.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga orang.
Pegang dahi temanmu dan rasakan suhu badannya.
a. Siapakah yang badannya terasa paling
panas? .
b. Siapakah yang badannya terasa paling
dingin? .
c. Sekarang pegang dahimu dan rasakan suhu
badanmu. Bandingkan dengan suhu badan
temanmu.
Urutkan suhu badan dari yang paling panas.
, , .
2. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang.
Pegang dahi temanmu dan rasakan suhu badannya.
a. Siapakah yang badannya terasa paling
panas? .
b. Siapakah yang badannya terasa paling
dingin? .
c. Bandingkan dengan suhu badan temanmu.
Urutkan suhu badan dari yang paling panas.
, , .
0 komentar:
Posting Komentar