2. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan tempat dan suasana pidato.
3. Melalui kegiatan mandiri, siswa dapat menyusun konsep urutan isi pidato.
4. Melalui kegiatan mengamati, siswa dapat menyebutkan perbedaan ciri laki-laki dan perempuan setelah masa pubertas.
5. Melalui kegiatan praktik berkelompok, siswa mampu membuat rencana karya poster untuk menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.
Good morning soleh solehah kelas VIC di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 6 tentang Menuju masyarakat sederhana. dari evaluasi kita kemarin setelah melaksanakan Penilaian Harian, masih terdapat ananda yang belum tuntas dikarenakan tidak hadir dalam pembelajaran hingga PH kemarin berlangsung dikarenakan sedang sakit.
insya allah akan diadakan remedial dan bimbingan untuk ananda yang belum tuntas tadi.
Baik anak soleh solehah, untuk pembelajaran kita hari ini tentang Kepemimpinan di Tema 7.
Mari kita simak video pembelajaran hari ini
setelah kita menyimak video pembelajaran di atas, apakah yang dapat kita ambil inti sari materi kita hari ini?
Bacalah bacaan berikut!
IPA
Perubahan fisik selama masa pubertas kemungkinan akan mempengaruhi kegiatanmu sehari-hari. Mungkin kamu akan merasakan sedikit ketidak-nyamanan. Berikut beberapa cara menyikapi masa pubertas yang akan
kamu alami.
1. Menjaga kebersihan tubuh.
Dalam masa pubertas, aktivitas kelenjar minyak dan kelenjar keringat
meningkat. Akibatnya, wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau
kurang sedap. Mandilah dua kali sehari dan kenakan pakaian yang
mudah menyerap keringat. Apabila keringatmu berlebih, bersihkan
tubuhmu dan gantilah pakaianmu. Pakaian yang lembap oleh keringat
menjadi sarang kuman. Kuman dapat menyebabkan bau tidak sedap
dan menimbulkan penyakit kulit.
2. Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga.
Makanan diperlukan untuk pertumbuhan badan. Pilihlah makanan
yang berasal dari bahan-bahan segar dan diolah dengan cara yang
sehat, misalnya tanpa pengawet, pemanis buatan, atau penyedap rasa.
Perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh
yang keluar berupa keringat.
3. Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.
Pada masa puber, organ reproduksi telah aktif. Oleh karena itu,
sebaiknya kamu bergaul dengan lawan jenis dalam batas yang wajar.
Hindari berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan.
4. Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur.
Saat ini akses untuk bacaan dan tontonan dengan mudah dapat kita
peroleh. Namun, pilihlah bacaan dan tontonan yang baik, menambah
wawasan, dan sesuai umurmu. Hindari membaca bacaan dan menonton
tontonan dewasa.
5. Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.
Dengan rajin beribadah, kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Kita akan
mematuhi aturan-aturan agama untuk berperilaku dan berbuat sesuai
tuntunan agama.
TUGAS KELOMPOK
Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok diskusi dengan teman-teman yang tinggal satu lingkungan denganmu (misalnya: satu RT/RW/desa)
• Siapa ketua RT/RW atau kepala desa di lingkungan tempat tinggalmu?
• Kegiatan apa saja yang dipimpin oleh ketua RT/RW atau kepala desa di
lingkunganmu?
Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut.
Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada kelompok-kelompok
lain.
Dalam bacaan “Ibu RT, Sang Pemersatu”, selain ada pembicara yang menyampaikan pidato dan pendengar, ada juga tempat berlangsungnya pidato dan suasana ketika pidato disampaikan. Coba, tuliskan:
• tempat pidato, dan
• suasana saat disampaikannya pidato.
Berdasarkan pidato pada bacaan “Ibu RT, Sang Pemersatu”, lengkapi bagan berikut.
Amatilah gambar berikut.
Apa perbedaan fisik laki-laki sebelum dan setelah masa pubertas?
Refleksi & Evaluasi
Pada pembelajaran hari ini didapat semua siswa sudah dapat menyusun konsep urutan isi pidato & menjelaskan tempat dan suasana pidato.
Kesimpulan
Pada hari ini kita telah mempelajari menjelaskan tempat dan suasana pidato dan menjelaskan tempat dan suasana pidato.
PEnutup
pembelajaran kita hari ini kita tutup dengan membaca hamdalah
Alhamdulillahi rabbil alamin
wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar