Kamis, 19 September 2024

Materi Ajar kamis 20 Septermber 2024

| |

سَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Hari/tanggal : Kamis 19 September 2024
Kelas : 4A
 

Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi;

Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:
1. 1   Peserta  didik dapat  mengidentifikasi perubahan wujud zat serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari 

      Fokus materi : praktik Perubahan wujud zat
CP pendidikan Pancasila :
Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal; mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Tujuan Pembelajaran ;
1.1 peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga
Fokus materi : latihan soalhak dan kewajiban
Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Apresepsi
Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??
Perubahan wujud benda sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila kamu memperhatikan sekelilingmu, terdapat beberapa jenis benda dengan sifat yang berbeda-beda. Mulai dari benda padat, cair, dan gas.
Masing-masing jenis benda dapat mengalami perubahan wujud. Seperti perubahan wujud benda padat ke cair, padat ke gas, cair ke padat, dan masih banyak lagi.
Lantas, apa saja jenis benda dan sifat-sifatnya itu? Bagaimana perubahan wujud benda tersebut?
6 Perubahan Wujud Benda serta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
- Apa contoh perubahan wujud benda yang kamu tahu? Perubahan wujud benda sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila kamu memperhatikan sekelilingmu, terdapat beberapa jenis benda dengan sifat yang berbeda-beda. Mulai dari benda padat, cair, dan gas.
Masing-masing jenis benda dapat mengalami perubahan wujud. Seperti perubahan wujud benda padat ke cair, padat ke gas, cair ke padat, dan masih banyak lagi.
Lantas, apa saja jenis benda dan sifat-sifatnya itu? Bagaimana perubahan wujud benda tersebut? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.
Jenis Benda dan Sifatnya:
 jenis benda dibedakan menjadi tiga berdasarkan sifat-sifatnya.
1. Benda Padat
Sifat-sifat yang membedakan benda padat dengan jenis benda lainnya, di antaranya benda padat mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap, meskipun dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Benda padat juga mempunyai berat (massa) tergantung pada jenis benda padat tersebut.
Contoh benda padat: meja, kursi, jam dinding, dan masih banyak lagi.
2. Benda Cair
Sementara itu, sifat-sifat yang membedakan benda cair adalah bentuknya tidak tetap menyesuaikan bentuk wadahnya. Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, menyebar ke segala arah, dan meresap hingga ke celah-celah kecil.
Contoh benda cair: air, minyak, kecap, dan sebagainya.
3. Benda Gas
Adapun sifat-sifat benda gas seperti tidak dapat dilihat secara kasat mata. Akan tetapi dapat dirasakan melalui indera peraba.
Lalu benda gas tidak berwarna. Ada yang berbau dan ada yang tidak berbau.
Benda gas bentuknya tidak tetap karena menyebar ke seluruh tempat berada. Benda gas juga menekan ke segala arah.
Perubahan Wujud Benda:
Berikut sederet perubahan wujud benda. Mulai dari mencair, membeku, menguap, mengembun, menyumblim, dan mengkristal.
1. Mencair
Mencair merupakan proses perubahan wujud benda dari padat ke cair. Peristiwa ini dapat terjadi karena adanya energi panas (kalor).
Contohnya:
Es krim yang meleleh di suhu ruang.
Coklat yang dipanaskan.
Es batu yang meleleh.
2. Membeku
Membeku merupakan proses perubahan wujud benda dari cair ke padat. Peristiwa ini dapat terjadi karena zat atau benda tersebut mengalami penurunan suhu yang sangat dingin.
Contohnya:
Air dapat membeku apabila dimasukkan ke lemari pendingin.
Pembentukan salju dari air yang membeku.
3. Menguap
Menguap merupakan proses perubahan wujud benda dari cair ke gas. Peristiwa ini terjadi dikarenakan kenaikan suhu yang besar.
Ada empat cara untuk mempercepat penguapan. Seperti memanaskan, memperluas permukaan, meniupkan udara di atas permukaan, dan mengurangi tekanan di atas permukaan.
Contohnya:
Merebus air di dalam ketel, kemudian air tersebut akan berubah menjadi uap.
4. Mengembun
Mengembun merupakan proses perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Peristiwa ini terjadi karena zat atau benda tersebut melepaskan energi panas (kalor).
Contohnya:
Ketika membuat minuman dingin kamu akan melihat permukaan luar wadah menjadi basah. Uap air yang menyentuh permukaan gelas menyebabkan suhu gelas menjadi lebih rendah daripada suhu uap air di sekitaran gelas.
Peristiwa lain dapat kamu jumpai di malam hari ketika suhu udara terasa sangat dingin, sehingga uap air akan mengalami perubahan wujud menjadi titik-titik air yang disebut embun di pagi hari.
5. Menyublim
Menyublim merupakan proses perubahan wujud benda dari padat ke gas. Peristiwa ini disebabkan karena adanya peningkatan suhu yang dialami benda tersebut.
Contohnya:
Kapur barus yang disimpan di dalam lemari.
6. Mengkristal
Mengkristal merupakan proses perubahan wujud dari gas menjadi padat. Hal ini dapat terjadi karena adanya penurunan suhu pada benda tersebut.
Contohnya:
Ketika uap berubah menjadi salju atau pada proses pembuatan garam, dilakukan dengan cara menguapkan air laut hingga kandungan zat cairnya berkurang dan berubah menjadi butiran garam.
Tugas Praktik
Hari ini kita akan mempraktikkan perubahan wujud benda seperti yang ada di buku.. 

Setelah kalian praktik silahkan tulis hasilnya di LUPA yang sudah diberikan miss ya.. 
Pendidikan Pancasila
Hak dan kewajiban
Sila kedua Pancasila
Berhak mendapatkan keadilan di mata hukum, kehidupan yang layak, dan diperlakukan adil di masyarakat. Wajib bersikap adil dan membela kebenaran.
Di sekolah
Hak didengar, menyatakan pendapat, beristirahat, bergaul, mendapatkan pelajaran, menggunakan sarana sekolah, mendapatkan perlakuan adil, memperoleh tempat yang bersih, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan perlindungan dari tindakan kekerasan dan perundungan.
Contoh sikap persatuan dan kesatuan di sekolah
Kerja bakti membersihkan ruang kelas, piket menjaga keamanan sekolah, menjenguk teman kelas yang sakit, menghormati teman yang berbeda agama, dan
Latihan soal
1. Norma sangat penting dalam kehidupan di masyarakat. Salah satu fungsi dari norma yaitu. . .
A. membebaskan masyarakat bertindak
B. masyarakat akan sewenang-wenang
C. menciptakan kehidupan yang aman
D. memunculkan perselisihan antarwarga
2. 
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan gambar di atas . . .
A. mencontek adalah hak siswa
B. mencontek adalah kewajiban siswa
C. mendapat ilmu adalah hak siswa
D. mendapat ilmu adalah kewajiban siswa

Soal No.11
Menjaga nama baik sekolah merupakan . .
A. hak siswa
B. kewajiban siswa
C. hak ayah
D. kewajiban ayah

Soal No.12
Ayah memiliki beberapa kewajiban di rumah. Salah satu kewajiban ayah yaitu. . .
A. mengerjakan PR anaknya
B. mendapatkan gaji
C. mendapat kasih sayang dari istri
D. menjadi panutan bagi anak

Soal No.13
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Salah satu tindakan yang tidak boleh dilakukan pada kegiatan di atas yaitu. . .
A. bebas menyampaikan pendapat
B. menghargai pendapat teman
C. mencela pendapat teman
D. menerima perbedaan pendapat

Soal No.14
Salah satu contoh kegiatan musyawarah di lingkungan sekolah yaitu . .
A. pembagian tugas ketua RT
B. pemilihan ketua kelas
C. mengerjakan soal ulangan
D. pembagian jadwal siskamling

Soal No.15
Tujuan melaksanakan musyawarah di lingkungan keluarga yaitu. . .
A. menyelesaikan masalah bersama
B. agar keinginan ayah terpenuhi
C. menghindari kata sepakat
D. membicarakan tetangga sekitar

Soal No.16
Ada seorang siswa menanyakan materi yang belum dipahami kepada Ibu Guru, sedangkan kamu sudah memahami materi tersebut. Sikap yang harus kamu tunjukkan yaitu. . .
A. mencemooh teman tersebut
B. menghargai teman yang bertanya
C. mengabaikan pertanyaan tersebut
D. meminta siswa tersebut tidak bertanya

Soal No.17
Tata cara menyampaikan pendapat yang baik yaitu . . .
A. pendapat disampaikan sesuai topik
B. menggunakan bahasa yang rumit
C. memaksa orang lain untuk setuju
D. mencela pendapat teman yang lain

Soal No.18
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Musyawarah pada gambar di atas dipimpin oleh. . .
A. ketua kelas
B. sekretaris kelas
C. guru kelas
D. bendahara kelas

Soal No.19
Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. Pernyatan tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal . . .
A. 27A
B. 27E
C. 28A
D. 28E

Soal No.20
Orang yang memiliki kesempatan berpendapat pada musyawarah di lingkungan masyarakat yaitu. . .
A. semua masyarakat
B. calon ketua RT
C. tetua desa
D. masyarakat yang kerkuasa

Kesimpulan
Pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan sukses.. Setelah praktik IPAS ananda sudah dapat mengidentifikasi perubahan wujud zat. Dan untuk pendidikan Pancasila. 
Soal soal yg miss berikan sudah dapat kalian kerjakan dengan nilai yang cukup baik. 

Refleksi dan Evaluasi
Pembelajaran hari ini cukup menyenangkan dan kalian semua sudah antusias dalam belajar hari ini. 

Penutup 
Pembelajaran hari ini kita cukupkan  hari ini. 
Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar Kamis 08 November 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©