Welco De to SD AL-AZHAR 3 Bandar Lampung
La
Hari/Tanggal : Senin, 28 Oktober 2024
Kelas : 4A
Cp BAhasa indonesia
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.
Tujuan Pembelajaran
4.1. Peserta didik dapat memahami kata-kata baru dari teks yang dibaca dan didengar serta dapat menggunakannya dalam percakapan lisan dan tulisan yang dibuatnya.
4.1. Peserta didik dapat memahami kata-kata baru dari teks yang dibaca dan didengar serta dapat menggunakannya dalam percakapan lisan dan tulisan yang dibuatnya.
Fokus materi : gagasan pokok dan gagasan pendukung
👀Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik mampu mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.
tujuan pembelajaran:
4.1 Mengembangkan pemahaman tentang pembagian bilangan bulat dan mengembangkan Memahami pengertian dari satuan dan pengukuran suatu sudut sehingga siswa dapat mengukur besar suatu sudut
tujuan pembelajaran:
4.1 Mengembangkan pemahaman tentang pembagian bilangan bulat dan mengembangkan Memahami pengertian dari satuan dan pengukuran suatu sudut sehingga siswa dapat mengukur besar suatu sudut
fokus materi : pembagian susun ke bawah sisa
Apresepsi
Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??
Apersepsi Bahasa Indonesia
Setelah minggu lalu kita belajar kalimat efektif dan tidak efektif hari ini kita lanjutkan ke materi gagasan pokok dan gagasan pendukung
Mari simak video berikut ini;
Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, sedangkan gagasan pendukung adalah ide-ide tambahan yang menjelaskan dan mendukung gagasan pokok.
Gagasan pokok | Gagasan pendukung | |
---|---|---|
Pengertian | Ide utama atau konsep sentral dalam sebuah teks tertulis atau lisan | Penjelasan atau informasi lain yang memperkuat gagasan pokok |
Ciri-ciri | Terfokus pada isi dari topik paragraf | Biasanya berisi kalimat khusus |
Letak | Biasanya terletak pada kalimat utama, bisa diletakkan di kalimat pertama dan terakhir | Umumnya dinyatakan oleh lebih dari satu kalimat dan bisa terletak di mana saja |
Fungsi | Sebagai pokok masalah dan sebuah teks atau paragraf | Melengkapi gagasan pokok, menjelaskan gagasan pokok, memberikan informasi tambahan terkait gagasan pokok |
Apersepsi matematika
Hari ini kita akan melanjutkan materi pembagian dengan cara susun ke bawah sisa.
Sisa dalam pembagian adalah bilangan yang tersisa setelah dibagi rata. Pembagian bersisa adalah operasi matematika yang menunjukkan berapa kali bilangan bulat a dapat dikurangi dari bilangan bulat b dan berapa sisanya.
Untuk menemukan sisa dalam pembagian bersusun, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Tulis angka 0 sebagai angka pertama dalam hasil bagi.
- Seret angka ke bawah.
- Tarik angka ke bawah di samping angka pertama, sehingga diperoleh nilai.
- Jika angka pembagi dapat dibagi dua kali dengan nilai tersebut, tuliskan angka tersebut di samping angka 0 dalam hasil bagi.
- Kurangi nilai tersebut dengan angka pembagi.
- Seret angka ke bawah dan taruh di samping angka tersebut.
- Ulangi langkah 3 sampai 4.
- Jika tidak ada lagi angka yang bisa ditarik ke bawah, maka angka yang tersisa adalah sisanya.
Pembagian bersusun panjang atau porogapit adalah metode untuk menyelesaikan pembagian bilangan yang terdiri dari dua angka atau lebih. Pembagian bersusun panjang disusun serupa dengan pembagian pendek, tetapi melibatkan lebih banyak langkah.
Perhatikan video di bawah ini
Latihan soal
Hitunglah pembagian berikut ini :
1. 79 : 9=
2. 80 : 6=
3. 182 : 5=
Tentukan gagasan pokok dan pendukung
dari cerita berikut ini untuk soal nomor 4&5
4. Tentukan gagasan utama dari cerita
Diatas?
5 tentukan gagasan pendukung dari cerita
Diatas?
Kesimpulan
Alhamdulillah pada pembelajaran hari ini ananda soleh solehah sudah dapat menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari sebuah teks. dan juga dapat menghitung pembagian Dengan Cara susun kebawah dengan sisa
Refleksi dan evaluasi
Ananda soleh solehah masih harus terus berlatih dalam menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung serta menghitung pembagian dengan cara susun ke bawah.
Penutup
Pembelajaran hari ini Miss tutup dengan mengucapkan hamdalah. Alhamdulillah
Wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar