Kamis, 17 November 2022

Materi Ajar Kamis, 17 November 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Kamis , 17 November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 3 (keluarga besarku) 

Pembelajaran : 3&4

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Kompetensi dasar :

Pembelajaran 3

PPKn

3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.

Bahasa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tuli yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah .

Matematika 

3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret

Pembelajaran 4

Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 3

1. siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar yang ditempel pada buku siswa dengan benar.

2. siswa dapat mengukur panjang benda dengan alat ukur tidak baku, seperti menggunakan jengkal tangan dengan baik.

Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah .

 PJOK

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

SBDP

3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.

Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi tentang mengenal silsilah keluarga besar melalui bagan yang ada.

 Pada pembelajaran hari ini. Kalian akan mengenal tentang merinci kosakata dalam keluarga serta mengukur panjang dengan satuan tidak baku yaitu jengkal tangan.

Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya, jangan lupa selalu berdo'a sebelum belajar 🥰🥰

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya ya


 
Ringkasan Materi

Berkumpul Bersama Keluarga Besar

Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek.
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua.
Tapi Kakek dan Nenek sehat.
Udin sangat menyayangi Kakek dan Nenek.
Udin bersyukur kepada Tuhan.
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi.

Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya.
Di rumah Kakeknya ada sebuah tali karet.
Udin ingin tahu berapa panjangnya.

Udin mengukur tali karet
dengan jengkal tangannya.
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda.

Pembelajaran 4

Bacalah dengan nyaring!


Kakek dan Nenek Siti
berasal dari Jawa.
Mereka tinggal di sebuah desa yang indah.

Apakah kamu sering bertemu
dengan kakek dan nenekmu?
Di manakah mereka tinggal?
Apakah kamu menyayangi mereka?
Ceritakan di depan kelas.

Soal Latihan 

 

 

 

evaluasi Pembelajaran :

baik anak soleh solehah, bisakah kalian mengukur pensil mu dengan jengkal tangan mu. yuk sekarang kita praktekan!

nah itu tadi cara mengukur panjang dengan satuan tidak baku ya nak.

Refleksi pembelajaran :

alhamdulillah kalian sudah bisa memperkenalkan keluarga mu di depan kelas. nah sekarang kalian juga sudah mengetahui cara mengukur benda dengan jengkal atau satuan tidak baku.

closing: 

Baik anak soleh solehah hari ini bu guru cukupkan materi pembelajaran hari ini. semoga bermanfaat ya

wassalamualaikum wr wb

Read more...

Rabu, 16 November 2022

Materi Ajar Rabu 16 November 2022

| | 0 komentar


 Hari/Tanggal : Selasa , 16November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 3 (kegiatan keluarga ku) 

Pembelajaran : 1&2

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Kompetensi dasar :

Pembelajaran 1

PPKn

3.3 Mengidentifikasi keberagamankarateristik individu di rumah.

Bahasa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah 

SBDP

3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

Pembelajaran 2

Pjok

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Bahasa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.


Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 1

1. siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar

2. siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan benar dan jelas .

3.  siswa mampu menentukan ide/gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar yang benar.

Pembelajaran 2

1.siswa dapat bermain loncat tali dengan baik sehingga siswa mampu mempraktikkan prosedur gerakan melompat

2.siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosakata yang baik dan benar





Keluarga Besar Udin

Keluarga Udin sedang berkumpul.

Ada ayah dan ibu.

Ada kakak dan adik sepupu.

Ada kakek dan nenek.

Ada pula paman dan bibi.

Apakah keluargamu juga suka berkumpul?

Mari berbagi cerita dengan teman dan guru


Pembelajaran 2

Hari Minggu, udin berkunjung ke rumah kakeknya.

Udin berkumpul dengan keluarga besarnya.

Udin bermain lompat tali bersama adik sepupu.

Apakah kamu bisa bermain lompat tali?


Yuk kita coba bermain lompat tali:





Latihan soal

Isilah dengan panggilan yang tepat.

1. Ayah dari ayah atau ibu kita dipanggil ...

2. Ibu dari ayah atau ibu kita dipanggil ...

3. Adik laki-laki dari ayah atau ibu dipanggil ...

4. Anak dari paman atau bibi dipanggil ...


Evaluasi pembelajaran:

Good job👏👏 hari ini kalian sangat baik dalam pembelajaran pohon silsilah keluarga. 
Sekarang, adalah yang masih ingat panggilan untuk ibu dari ayah atau ibu kita disebut siapa..? 

Refleksi pembelajaran :
Nah sekarang coba kalian ingat kembali. Hari ini kita telah belajar apa saja?? 
Ya betul pohon silsilah keluarga. 


Closing :
Alhamdulillah telah selesai materi hari ini. Kita berjumpa besok lagi ya. Bu guru akhiri.
Wassalamu'alaikum wr wb
Read more...

Selasa, 15 November 2022

Materi ajar selasa 15 November 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Selasa, 15 November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 2 (kegiatan keluarga ku) 

Pembelajaran : 5&6

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

Kompetensi dasar

Pembelajaran 5

Matematika

3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.

Bahasa Indonesia

 3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Pembelajaran 6

PPKn

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah

Matematika

3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya. 

Bahasa Indonesia

 3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 5

1. siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.

2.siswa dapat menyusun pola bilangan dengan teliti.

Pembelajaran 6

1. Siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.

2. Melalui permainan kartu bilangan, siswa mampu menyebutkan pola bilangan dengan teliti.

Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi tentang menyusun pola barusan bilangan berdasarkan gambar yg ada

 Pada pembelajaran hari ini. Kalian akan mengenal tentang 

Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya, jangan lupa selalu berdo'a sebelum belajar 🥰🥰

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya ya




Ringkasan materi

Setiap sore Lani belajar di rumah.

Lani belajar ditemani ayah dan ibu.

Belajar bersama orang tua sangat menyenangkan.



Kamu akan bermain kartu bilangan.

Bermain secara berkelompok.

Setiap kelompok memperoleh 20 kartu bilangan.

Kalian sudah melengkapi pola gambar di atas.

Amati kembali.

Perhatikan penjelasan gurumu

Pembelajaran 6

Udin dan keluarga sedang merapikan rumah.

Udin, kakak, dan ayah senang membantu ibu.

Apakah kamu senang membantu ibu di rumah?

Apakah kamu senang membantu ayah di rumah?

Apa saja pekerjaan yang kamu lakukan?

Beni, Edo, dan Dayu senang membantu 

pekerjaan di rumah.

Lengkapi percakapan berikut dengan kata tolong atau terima kasih



Latihan soal


Evaluasi pembelajaran:
Alhamdulillah anak soles solehah sudah bisa menghitung pola barisan bilangan. Masih ada kah yang belum bisa menghitung nya? 
Verrel sedang di UKS dia kemudian memikirkan penjelasan bu guru tadi. 
Ada soal sperti yang bu guru. 
Ada kelereng dengan pola 2,5,...11
Nah caranya ditambah 3 karena jaraknya dr 2 ke 5 adalah 3 maka bilangan setelah 5

Refleksi belajar
Semangat anak soleh solehah terus berjuang untuk belajar pola barisan bilangan ya. Ada yang belum mengerti. Silahkan bertanya yaa. 
Nah coba siapa yang bisa membuat percakapan antara ibu dan kamu dengan menggunakan kata tolong dan Terima kasih. 

Closing :
Baik anak soleh solehah hari ini bu guru cukup kan ya. Wassalamu'alaikum wr wb. 
Jangan lupa selalu belajar dan ucapkan tolong, maaf dan Terima kasih
Sampai berjumpa besok lagi


Read more...

Minggu, 13 November 2022

Materi Ajar Senin 14 November 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Senin, 14November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 2 (kegiatan keluarga ku) 

Pembelajaran : 3&4

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

Kompetensi dasar

Pembelajaran 3

PPKn

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.

Matematika

3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

Bahasa Indonesia

 3.8 Merinci ungkapan penyampaiant erima kasih, permintaanm aaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yangsantun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaiant erima kasih, permintaanm aaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yangsantun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Pjok

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Sbdp

3.3. Mengenal gerak anggota tubuhmelalui tari.

Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 3

1. Dengan mempraktikkan percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dan percaya diri.

2.Dengan mengamati kumpulan benda, siswa mampu menyusun baris bilangan berdasarkan pola tertentu dengan tepat.

3.Dengan mengamati kumpulan benda, siswa mampu membuat pola bilangan dengan teliti.

Pembelajaran 4

1, siswa mampu mempraktikkan gerakan menari menirukan kupu-kupu dengan percaya diri.

2.siswa mampu mempraktikkan 

gerakan berlari satu arah dengan percaya diri.

Ringkasan materi

Memasak Bersama Keluarga

Hari minggu pagi 

Dayu membantu Ibu memasak.

Ibu memasak sayur sop.

Ibu mengambil 6 wortel dan 4 kentang.


Ayah menyiapkan buah.

Ada 10 apel dan 8 pisang.



Dayu membantu ibu dan ayah.

Dayu senang belajar memasak.

Dayu senang melakukan kegiatan bersama orang tua

Buatlah baris bilangan sesuai banyak sayur dan buah.




Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar.

Pembelajaran 4

Dengarkan cerita gurumu.

Dayu bermain ke rumah Siti.

Siti sedang berada di kebun.

Kebun Siti terletak di samping rumah.

Ayah Siti membersihkan rumput.

Ibu Siti memetik bunga.

Siti sedang menyiram tanaman.

Dayu membantu Siti.

Mereka saling bekerja sama.

Apakah kamu pernah berkebun bersama keluarga?

Tanaman apa saja yang ada?

Ceritakan kepada temanmu.

Dengarkan cerita gurumu.

Siti dan Dayu lihat kupu-kupu.

Sayapnya warna-warni.

Kupu-kupu terbang ke sana kemari.

Sayapnya dikepakkan.

Siti dan Dayu menirukan gerakan kupu-kupu.

Mereka senang sekali.

Latihan soal

Evaluasi Pembelajaran:

Alhamdulillah hari ini kegiatan berjalan lancar. Kalian sudah dapat memahami pola baris bilangan. Dan gerakan kupu kupu. 

Siapa yang sudah paham dengan pola baris bilangan?? 

Refleksi:

Jadi dari latihan soal diatas apakah pola barisan bilangan yang sesuai pada gambar?? 

Closing :

Alhamdulilah kita sudah selesai materi hari ini. Semoga bermanfaat dan kalian dapat mudah memahami materi hari ini. 

Bu guru tutup w assalamu'alaikum wrwb

Read more...

Jumat, 11 November 2022

Materi ajar jumat, 11-11-2022

| | 0 komentar

  


 Hari/Tanggal : kamis, 10November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 2 (kegiatan keluarga ku) 

Pembelajaran : 1&2

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

Kompetensi dasar

Pembelajaran 1

PPKn

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

SBDP

3.3. Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari

Pembelajaran 2

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. 

Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 1

1. siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dalam hal hal berhubungan dengan anggota keluarga dirumah seperti aturan saat makan, aturan saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun

2. siswa mampu mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat

Pembelajaran 2

1. siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun melalui percakapan pendek yang sudah dibuat. 

2.siswa dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.


Pembelajaran 2

1.siswa dapat menunjukkan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat sambil menunjukkan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh anggota keluarga dirumah

Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi tentang mengenal bentuk bangun datar dan membuat silsilah dari keluarga, 

 Pada pembelajaran hari ini. Kalian akan mengenal tentang kegiatan anggota keluarga dirumah

Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya, jangan lupa selalu berdo'a sebelum belajar 🥰🥰

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya ya

Pembelajaran  1.  


Pembelajaran 2

 


Ringkasan materi

Makan Pagi Bersama Keluarga

Ibu Siti menyiapkan makan pagi.

Siti membantu ibu menyiapkan makan pagi.

Siti makan pagi bersama keluarga.

Makan pagi bersama keluarga

sangat menyenangkan.

Siti dan keluarga bersyukur kepada Tuhan 



Berangkat Sekolah

Setelah membantu ibu dan ayah,

Siti berangkat ke sekolah.

Siti berpamitan kepada ibu dan ayah.

Siti mencium tangan ibu dan ayah.

Siti pulang dari sekolah.

Tiba di rumah, Siti mengucapkan salam.

Ibu menjawab salam Siti.

Siti mencium tangan ibu. 

Bacalah dengan nyaring!! 

Rekreasi Bersama Keluarga

Siti, ayah dan ibu berekreasi.

Mereka pergi ke rumah bibi di desa.

Siti melihat pemandangan yang indah.

Sawah dan kebun yang luas.

Air sungai bersih dan jernih.

Di sekitar rumah penduduk terlihat hewan peliharaan.

Ada sapi, kerbau, kambing, dan ayam.

Siti melihat gerakan ayam.

Gerakannya lucu sekali


Pembelajaran  2

Bacalah dengan nyaring.

Beni berolahraga dengan ayah dan ibu.

Mereka berlari di taman dekat rumah.

Beni senang berolahraga bersama keluarga.

Olahraga membuat badan sehat.

Ayo kita bermain ayam dan elang.

Ada yang menjadi elang.

Ada yang menjadi induk ayam.

Ada yang menjadi anak ayam.

Elang berusaha menangkap anak ayam.

Induk ayam melindungi anak ayam. 

Latihan soal :



Evaluasi pembelajaran 

Baik anak soleh solehah. Ada 3 kata ajaib yang harus kalian ingat. Adakah yang tahu?? 

Yaa betul ada kata Tolong, maaf dan ucapkan terimakasih. 

Coba bu guru mau tau kalau kita mau mengucapkan apa yaa jika kita hendak meminta bantuan orang lain? Ya betul kata tolong👏👏

Refleksi

Nah anak soleh solehah kelas 1 A. Jang lupa dengan 3 kata ajaib mu ya yaitu tolong, maaf dan terimakasih. Selalu jadi anak baik ya nak. Dan jangan lupa dengan 3 kata yang tadi sudah kita pelajari ya. 

Closing

Alhamdulillah materi hari ini cukup. Bu guru akhiri wassalamu'alaikum wr wb

Read more...

Kamis, 10 November 2022

Materi ajar kamis 10-10-2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : kamis, 10November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 2 (kegiatan keluarga ku) 

Pembelajaran : 1&2

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

Kompetensi dasar

Pembelajaran 1

PPKn

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

SBDP

3.3. Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari

Pembelajaran 2

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. 

Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 1

1. siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dalam hal hal berhubungan dengan anggota keluarga dirumah seperti aturan saat makan, aturan saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun

2. siswa mampu mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat

Pembelajaran 2

1. siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun melalui percakapan pendek yang sudah dibuat. 

2.siswa dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.


Pembelajaran 2

1.siswa dapat menunjukkan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat sambil menunjukkan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh anggota keluarga dirumah

Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi tentang mengenal bentuk bangun datar dan membuat silsilah dari keluarga, 

 Pada pembelajaran hari ini. Kalian akan mengenal tentang kegiatan anggota keluarga dirumah

Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya, jangan lupa selalu berdo'a sebelum belajar 🥰🥰

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya ya

Pembelajaran  1.  


Pembelajaran 2

 


Ringkasan materi

Makan Pagi Bersama Keluarga

Ibu Siti menyiapkan makan pagi.

Siti membantu ibu menyiapkan makan pagi.

Siti makan pagi bersama keluarga.

Makan pagi bersama keluarga

sangat menyenangkan.

Siti dan keluarga bersyukur kepada Tuhan 



Berangkat Sekolah

Setelah membantu ibu dan ayah,

Siti berangkat ke sekolah.

Siti berpamitan kepada ibu dan ayah.

Siti mencium tangan ibu dan ayah.

Siti pulang dari sekolah.

Tiba di rumah, Siti mengucapkan salam.

Ibu menjawab salam Siti.

Siti mencium tangan ibu. 

Bacalah dengan nyaring!! 

Rekreasi Bersama Keluarga

Siti, ayah dan ibu berekreasi.

Mereka pergi ke rumah bibi di desa.

Siti melihat pemandangan yang indah.

Sawah dan kebun yang luas.

Air sungai bersih dan jernih.

Di sekitar rumah penduduk terlihat hewan peliharaan.

Ada sapi, kerbau, kambing, dan ayam.

Siti melihat gerakan ayam.

Gerakannya lucu sekali


Pembelajaran  2

Bacalah dengan nyaring.

Beni berolahraga dengan ayah dan ibu.

Mereka berlari di taman dekat rumah.

Beni senang berolahraga bersama keluarga.

Olahraga membuat badan sehat.

Ayo kita bermain ayam dan elang.

Ada yang menjadi elang.

Ada yang menjadi induk ayam.

Ada yang menjadi anak ayam.

Elang berusaha menangkap anak ayam.

Induk ayam melindungi anak ayam. 

Latihan soal :



Evaluasi pembelajaran 

Baik anak soleh solehah. Ada 3 kata ajaib yang harus kalian ingat. Adakah yang tahu?? 

Yaa betul ada kata Tolong, maaf dan ucapkan terimakasih. 

Coba bu guru mau tau kalau kita mau mengucapkan apa yaa jika kita hendak meminta bantuan orang lain? Ya betul kata tolong👏👏

Refleksi

Nah anak soleh solehah kelas 1 A. Jang lupa dengan 3 kata ajaib mu ya yaitu tolong, maaf dan terimakasih. Selalu jadi anak baik ya nak. Dan jangan lupa dengan 3 kata yang tadi sudah kita pelajari ya. 

Closing

Alhamdulillah materi hari ini cukup. Bu guru akhiri wassalamu'alaikum wr wb

Read more...

Selasa, 08 November 2022

Materi Ajar Rabu 9 November 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Rabu, 09 November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 1 (anggota keluarga) 

Pembelajaran : 5&6

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

Kompetensi dasar

Pembelajaran 5

Bahasa Indonesia

3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah

Matematika

3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret

Pembelajaran 6

Bahasa Indonesia 

 3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah

PPKn

3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

Matematika

3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret

Tujuan pembelajaran

1. siswa dapat menyebutkan bendabenda yang berbentuk segi empat, segitiga, dan lingkaran dengan tepat

2. siswa dapat membuat bagan silisilah keluarga dari bentuk segi empat, segitiga, dan lingkaran dengan tepat dan teliti kemudian menceritakan silsilah keluarga nya. 

Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi tentang mengenal bentuk bangun datar dan membuat hasil karya dari bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran

 Pada pembelajaran hari ini yaa. Kalian akan mengenal tentang mengenal silsilah 9 keluarga kita serta mengenal bentuk bangun datar di sekitar kita. 

Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya,  jangan lupa selalu berdo'a sebelum belajar 🥰🥰


Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya ya

Pembelajaran 5


Pembelajaran 6


Ringkasan materi


Bermain Bersama 

Hari minggu udara cerah.

Udin dan Kak Mutiara bermain di halaman.

Udin bermain mobil-mobilan, yoyo, 

dan kartu huruf.

Kak Mutiara bermain ular tangga.

Kak Mutiara juga membawa gelang 

dari plastik, buku gambar, pensil 

warna, dan penggaris segitiga.

Mereka saling tukar mainan.

Mereka senang bermain bersama. 

Latihan soal :

Amati gambar mainan Udin dan Kak Mutiara.

Temukan bentuk segi empat, segitiga, dan lingkaran.

Diskusikan dengan temanmu.

Isilah titik-titik di bawah ini. 



2. Ayo temukan F# 3 sila pertama dalam Pancasila.

Pasangkan simbol dengan teks sila pertama Pancasila.

Tariklah garis dari simbol dengan teks sila pertama


Evaluasi pembelajaran 

Baik anak soleh solehah hari ini kalian telah belajar tentang bunyi silakan dan bentuk-bentuk bangun datar. 

Refleksi

Untuk bangun datar kalian dapat melihat sekitar kita. Coba sebutkan bentuk lingkaran apa saja ? 

Closing

Alhamdulillah telah sampai pada pertemuan terakhir, besok kita masuk ke sub Tema yang baru yaa. Jadi dipersiapkan dirinya ya. 

Read more...

Senin, 07 November 2022

Materi ajar selasa 8 November 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Selasa, 08 November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 4 (Keluarga ku) / 1 (anggota keluarga) 

Pembelajaran : 3&4

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

Pembelajaran 3

Pembelajaran 3

PPKN

3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

Bahwa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Matematika

3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret

Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia

3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah

SBDP

3.2 Memahami elemen musik melalui lagu

PJOK

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Tujuan pembelajaran

Pembelajaran 3

1. siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti. Melalui foto keluarga nya

2.siswa dapat menjiplak bangun datar berbentuk segi empat, segitiga dan lingkaran dengan tepat. Kemudian membedakan bentuk bangun datar dan bukan bangun datar. 

3. siswa mampu mempraktikkan cara 

berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa salah satu pengamalan silakan pertama pancasila. 

Pembelajaran 4

1. siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.

2. siswa dapat menceritakan pengalaman berolahraga bersama keluarga.

3. siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.


Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi tentang mengenal keluarga itu ada siapa saja yaa 

 Pada pembelajaran hari ini yaa. Kalian akan mengenal tentang bentuk bangun datar yaitu lingkaran segi empat dan segitiga serta membedakan mana yang bangun datar dan bukan bangun datar . 
Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya yaa
Pembelajaran 3

Pembelajaran 4


Ringkasan materi
PEMBELAJARAN 3



Foto keluarga berbentuk segi empat.
Segi empat disebut bangun datar.
Contoh bangun datar yang lain adalah segitiga dan lingkaran.

Adakah bingkai foto keluarga di rumahmu?
Adakah jam dinding di rumahmu?
Amati papan tulis di kelas.
Amati juga ubin di kelas.
Apakah kamu memiliki rautan pensil?
Dapatkah kamu menemukan bentuk segi empat?
Dapatkah kamu menemukan bentuk segitiga?
Dapatkah kamu menemukan bentuk lingkaran?


Ringkasan materi
Pembelajaran 4
Ibu Beni pelatih paduan suara.
Hari itu ibu Beni melatih siswa kelas lima.
Siswa kelas lima akan menjadi petugas upacara.
Mereka berlatih menyanyikan
lagu wajib Garuda Pancasila.


Ayo lakukan senam irama. 
Lakukan dengan semangat.
Kamu telah melakukan senam irama.
Sekarang lakukan gerakan berjalan satu arah.
Posisi badan tegak.
Pandangan mata ke depan.
Ayunkan kaki dan tangan dengan benar.
Berjalan lurus dari titik a ke titik b.
Dari titik b kembali ke titik a.
Lakukan dengan percaya diri.


Tugas pengetahuan :
1. Apakah kalian mengetahui jenis-jenis olahraga yang dilakukan oleh anggota keluarga mu dirumah? 

2.




Tugas proyek:



Tempelkan foto keluargamu pada halaman berikut.
Bentuklah seperti foto keluarga Udin.
Temukan bentuk segi empat, segitiga, dan lingkaran

Evaluasi pembelajaran:

Baik anak soleh solehah untuk pembelajaran hari ini kalian telah mengenal bentuk-bentuk bangun datar, coba siapa yang bisa menyebutkan bangun datar di kelas ini ada apa saja ya?? 

Refleksi :
Nah sekarang adalah yang masih ingat pelajaran hari ini tentang apa saja?? 
Ya betul kalian sudah mengenal bentuk bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran, serta jenis olahraga yang dilakukan dirumah oleh anggota keluarga, dan mengenal lagu nasional yang berjudul garuda Pancasila. 

Closing :
Alhamdulillah sampai kita di akhir pembelajaran, semoga materi hari ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu belajar membaca berhitung dan menulis ya agar selalu rapi... 

Wassalmualaikum wr wb
Read more...

Kamis, 03 November 2022

Materi ajar kamis 03 November 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Kamis, 3 November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 3 (Kegiatan ku) / 4 (Kegiatan di malam Hari) 

Pembelajaran : 3&4

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

 Matematika

3.4 Menjelaskan dan melakukan 

penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.


Bahasa Indonesia 


3.7 Menentukan kosakata yang 

berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan

PPKN

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah

Tujuan pembelajaran

1. siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari sesuai aturan di rumah.

2. siswa mampu mengidentifikasi konsep penjumlahan dengan tepat (bilangan 11 sampai dengan 20)

3. Melalui latihan soal dan dengan menggunakan media hitung berupa benda konkret siswa mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.


Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi di Subtema 3 tentang kegiatan di sore hari.

 Pada pembelajaran hari ini yaa. Kalian akan membahas tentang kegiatan kalian yang dilakukan saat malam hari. Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya yaa





Siti sedang menyiapkan buku-buku untuk esok hari. 
Siti menghitung bukunya. 
Di tas ada 4 buku. 
Di rak buku ada 7 buku.
Jadi berapa ya banyak buku Siti seluruhnya?
Ayo, coba kita hitung bersama!



Latihan soal

Evaluasi pembelajaran:

Baik anak soleh solehah untuk pembelajaran hari ini masih ada yang kesulitan dalam berhitung penjumlahan. Baik bu guru akan mengulang lagi. Berapakah jumlah dari bilangan berikut :
7+9=

  Refleksi :
Baik anak soleh solehah,  untuk yang belum bisa menghitung penjumlahan terus berlatih ya nak. 

Closing:
Alhamdulillah pelajaran hari ini selesai semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb

Read more...

Selasa, 01 November 2022

Materi ajar Rabu, 2 Nov 2022

| | 0 komentar

 


 Hari/Tanggal : Rabu,  2 November 2022

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : 3 (Kegiatan ku) / 4 (Kegiatan di malam Hari) 

Pembelajaran : 1&2

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

KD & Tujuan Pembelajaran 

PPKN

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.

Bahasa Indonesia

3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan

SBDP

3. 4 Memahami bahan alam dalam berkarya

Tujuan pembelajaran

1. siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.

2. siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam dalam membuat karya kerajinan

3. siswa mampu membuat karya kerajinan biji-bijian berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.


Apersepsi :

Assalamu'alaikum wr wb

Good morning my students, how are you this morning? 

Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,

Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin? 

Yaa betul. Kalian kemarin sudah mempelajari materi di Subtema 3 tentang kegiatan di sore hari.

 Pada pembelajaran hari ini yaa. Kalian akan membahas tentang kegiatan kalian yang dilakukan saat malam hari. Sekarang siapkan diri kalian untuk menerima pelajaran ya

Nah saatnya kalian menonton video pembelajaran nya yaa



Matahari perlahan mulai tenggelam.

Hari mulai gelap.

Bintang dan bulan mulai terlihat.

Pertanda malam telah datang.

Malam hari keluarga berkumpul.

Malam hari saat beristirahat.

Malam hari.adalah nikmat dari Tuhan.

Kita bersyukur atas nikmat Tuhan itu.



Pada malam hari banyak kebiasaan baik yang bisa kita lakukan.

Mengulang pelajaran dengan tekun.

Menyiapkan alat sekolah untuk esok.

Membersihkan badan dahulu sebelum tidur.

Tidak lupa menyikat gigi agar gigi selalu sehat.

Membersihkan sendiri tempat tidur.

Berdoa sebelum tidur sebagai tanda syukur.

Masih banyak lagi yang lainnya.

Kebiasaan baik harus dilakukan sejak kecil.

Kelak sangat berguna saat kita dewasa.

Orang tua kita pun akan senang.

Menyenangkan orang tua adalah perbuatan terpuji.

Memanfaatkan alam secara bertanggung jawab juga kebiasaan baik.

Misalnya, memanfaatkan alam untuk karya seni.

Di alam banyak sekali bahan-bahan untuk

membuat karya seni. Salah satu hasil alam untuk  membuat karya seni adalah biji-bijian.

Contohnya biji kacang hijau, biji kedelai, dan biji lada hitam.


Tugas proyek

Buatlah sebuah karya dari biji bijian. Lihatlah gambar kupu kupu di bawah ini. 

Silahkan kalian buat rancangan dalam membuat kolase dari biji bijian yang sudah kalian persiapkan. 


Evaluasi pembelajaran :

Alhamdulillah anak soleh solehah sudah menyelesaikan karya kolase nya. 

Tadi bahan yang kita pakai dari mana ya asalnya?? Ya betul dari bahan alam, namanya apa?? Biji bijian. 

Sebutkan ada biji apa saja ya?? 

Biji kacang merah, kacang hijau, jagung, beras dan kacang hitam. 

Bagus sekali nak. 

Refleksi ; 

Baik anak hebat, sekarang siapa yang bisa menyebutkan apa saja yang sudah kita pelajari dari tadi? 

Closing :

Alhamdulillah pertemuan hari ini bu guru cukupkan ya nak. Kita ketemu lagi besok ya. 

Wassalamualaikum wr wb


Read more...

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 12 September 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©