Kamis, 14 Maret 2024

materi ajar jumat, 15 maret 2024

| | 0 komentar

 

Tema 9                         : Menjelajah Angkasa Luar

Subtema 3                   : Tokoh Penjelajah Angkasa Luar

Pembelajaran ke        : 1 & 2

Muatan pelajaran      : Bahasa Indonesia, IPA, SBdP



Tujuan Pembelajaran 1 :

 1. Dengan membaca bacaan, siswa dapat menentukan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet. 

2. Dengan menggunakan model tata surya yang sudah dibuat, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi. 

3. Dengan menceritakan pengalaman yang memiliki kemiripan dengan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.

Tujuan Pembelajaran 2 :

Dengan menentukan faktor-faktor pembeda antara planet dalam dan planet luar, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik dari planetplanet di dalam tata surya kita. 2. Dengan bekerja sama membuat model tata surya dengan menggunakan balon, siswa dapat menampilkan model tata surya yang lebih detail sesuai dengan posisinya dari sabuk asteroit. 3. Dengan membaca isi surat tentang Tempat Tanpa Bayangan, siswa dapat menentukan unsur-unsur intrinsik cerita dan menceritakan pengalaman pribadi pada saat berada di tempat wisata. 4. Dengan berdiskusi tentang jenis-jenis patung konstruksi, siswa mencari informasi untuk menganalisis tema, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat patung konstruksi.

Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas VI C di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook 

Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 2 di pembelajaran 5 dan 6, hari ini kita akan belajar tentang perbedaan planet dalam dan luar serta karya seni patung di pembelajaran 1dan 2 di subtema 3 ya nak

Perhatikan video pembelajaran berikut ini:










Ringkasan Materi:

Muatan Pembelajaran IPA KD 3. 7

Pengelompokkan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi

Penemuan Bidang Astronomi












 

 

Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3. 10

Menuliskan Pengalaman Pribadi Yang Mirip dengan Cerita Fiksi



 

Muatan Mata Pelajaran SBdP KD 3. 4

Mengenal Seni Patung dan Contohnya


Contoh soal
  1. Asteroid sering disebut dengan .., (planetoid)
  2. meteor  merupakan contoh dari ... ( benda langit)

 Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Susunan Matahari sebagai pusat yang dikelilingi planet disebut ....
a. galaksi
b. alam semesta
c. rasi bintang
d. tata surya

2. Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet ....
a. Yupiter
b. Mars
c. Neptunus
d. Uranus

3. Planet terbesar dalam tata surya kita adalah ....
a. Yupiter
b. Bumi
c. Venus
d. Mars

4. Urutan planet setelah Saturnus adalah ....
a. Mars
b. Yupiter
c. Merkurius
d. Uranus

5. Perhatikan ciri-ciri planet berikut ini!
    √ Tampak bercahaya terang.
    √ Paling dekat dengan Bumi.
    √ Sering disebut bintang timur.
Planet yang memiliki ciri tersebut adalah planet ....
a. Merkurius
b. Venus
c.. Mars
d. Yupiter

6. Nama lain dari bintang berekor adalah ....
a. tata surya
b. planet
c. venus
d. komet

7. Alat untuk mengamati benda langit disebut dengan ....
a. stetoskop
b. teleskop
c. barometer
d. mikroskop

8. Amati gambar berikut!

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Mapel IPA T.A 2021/2022 Gambar 1

Benda langit yang ditunjukkan oleh nomor (1) dan (2) adalah ....
a. Bumi dan Mars
b. Venus dan Mars
c. Merkurius dan Bumi
d. Jupiter dan Neptunus

9. Meteor yang jatuh sampai ke permukaan Bumi disebut ....
a. bintang jatuh
b. meteor jatuh
c. meteoroid
d. meteorit

10. Seorang astronom dan kosmolog yang dianggap sebagai satu di antara astronom terpenting sepanjang masa adalah ....
a. Nicolaus Copernicus
b. Johannes Kepler
c. Niclas Kopernik
d. Edwin Hubble

11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) disebut sebagai planet kecil,
(2) merupakan kumpulan batuan yang ukurannya berbeda-beda mengelilingi matahari, dan
(3) berada di antara orbit Mars dan Yupiter.
Benda langit yang memiliki ciri-ciri seperti pada pernyataan-pernyataan tersebut adalah ....
a. komet
b. satelit
c. bintang
d. asteroid

12. Arah ekor komet adalah ....
a. sejajar Matahari
b. tegak lurus Matahari
c. menjauhi Matahari
d. mendekati Matahari

13. Nicolaus Copernicus adalah seorang ilmuwan yang telah mengubah cara manusia melihat alam semesta. Teorinya yang mengatakan bahwa bumi dan planet-planet lain mengitari Matahari. Nama teori Nicolaus Copernicus adalah ....
a. Teori Niclas Kopernik
b. Teori Copernicus
c. Teori Heliosentris
d. Teori Hukum I Kepler

14. Permukaan Bulan yang mendapat cahaya Matahari membelakangi Bumi sehingga Bulan tidak terlihat dari Bumi dengan mata telanjang. Keadaan ini terdapat pada fase ....
a. bulan mati
b. bulan purnama
c. bulan cembung
d. bulan separuh

15. Planet yang merupakan kelompok asteroid adalah ....
a. Merkurius, Venus, dan Bumi
b. Yupiter, Saturnus, dan Uranus
c, Juno, Vesta, dan Pallas
d. Yupiter, Bulan, dan Matahari

16. Satelit Miranda, Ariel, dan Umbriel merupakan nama satelit yang dimiliki oleh planet ....
a. Mars
b. Jupiter
c. Uranus
d. Neptunus

17. Planet yang dikenal sebagai planet pembuat ulah, karena sering meninggalkan garis edarnya adalah ....
a. Saturnus
b. Uranus
c. Neptunus
d. Bumi

18. Planet Saturnus terletak di antara ....
a. Mars dan Bumi
b. Venus dan Mars
c. Yupiter dan Uranus
d. Merkurius dan Bumi

19. Berikut ini yang termasuk kelompok planet dalam adalah ....
a. Merkurius dan Venus
b. Venus dan Mars
c. Mars dan Yupiter
d. Venus dan Uranus

20. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan manfaat satelit buatan adalah ....
a. merekam dan mengirimkan informasi cuaca
b. membawa astronot ke atau dari ruang angkasa
c. memperluas jangkauan komunikasi
d. membantu pemetaan kandungan sumber alam

refleksi & evaluasi
pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang perbedaan planet dalam dan luar, seni patung   Semua siswa dapat memahami materi dengan baik dan dilanjutkan pengayaan dengan memberikan tugas mengerjakan soal.

kesimpulan
kita telah belajar tentang 
pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang perbedaan planet dalam dan luar, seni patung
penutup

Read more...

Kamis, 07 Maret 2024

Materi Ajar, Kamis 7 maret 2024 ( Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6)

| | 0 komentar

 


Rabu, 06 Maret 2

Day / Date : Kamis, 7 maret 2024

 Lesson : Tematik

Tema 9 : Menjelajah angkasa luar

Subtema 2 : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya

Pembelajaran : 5 dan 6

Muatan Pelajaran:
Bahasa Indonesia 3.9  Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.

PKN 3.4  Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara  beserta dampaknya 
IPA 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.  
SBdP 3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah


Tujuan Pembelajaran 5 :
    1. Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan perbedaan antara Bulan dan Bumi dengan benar. 
    2. Dengan membuat model tata surya, siswa mampu memahami sistem tata surya dan mengurutkan planet berdasarkan ukurannya dengan runtut. 
    3. Dengan membuat cerita bergambar, siswa mampu menyajikan peristiwa yang terjadi pada tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi dengan tepat. 
    4. Dengan melengkapi tabel, siswa mampu memahami karakteristik tari kreasi daerah dengan percaya diri. 
    5. Dengan mempresentasikan tari kreasi daerah, siswa mampu memahami persamaan dan perbedaan penampilan antara tari kreasi daerah dengan tepat.
    Tujuan Pembelajaran 6 :
    1. Dengan menjelaskan alur cerita dan mengembangkannya, siswa mampu menyajikan peristiwa-peristiwa yang dialami oleh tokoh dengan kreatif. 
    2. Dengan mementaskan tari kreasi daerah, siswa mampu memahami tari kreasi daerah dengan percaya diri.
    3. Dengan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi usaha yang dilakukan untuk mempertahankan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam di lingkungan sekolah dengan percaya diri.
    Apersepsi


    Good morning soleh solehah kelas VI C di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

    Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

    Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook 

    Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 2, hari ini kita akan belajar tentang bulan di pembelajaran 5 dan 6, 

    Perhatikan video pembelajaran berikut ini:





    Ringkasan Materi 


    Bulan yang Setia kepada Bumi

    Bulan adalah salah satu benda langit yang mungkin paling sering terlihat di Bumi, selain Matahari. Bulan adalah satelit Bumi karena Bulan berputar mengelilingi Bumi.  Bulan melakukan rotasi terhadap Bumi. Selain itu Bulan juga berotasi pada porosnya sendiri selama kurang lebih 28 hari, hampir sama dengan waktu Bumi berotasi. Bulan adalah satu-satunya satelit Bumi. Bulan akan terus mengitari Bumi.
    Jarak Bulan yang cukup dekat dengan Bumi membuatnya terlihat besar bila dilihat dari Bumi. Bulan berjarak 384.000 kilometer dari Bumi. Suhu di permukaan Bulan adalah 100°C di siang hari dan negatif 170°C pada malam hari.  Siang dan malam berlangsung selama kira-kira dua minggu. 


    SBdP
    Tari Kreasi Daerah di Indonesia yang Beraneka Ragam

    Tari kreasi yang dikembangkan para seniman daerah merupakan tari
    kreasi daerah. Namun demikian, tari kreasi tersebut masih mengacu pada tari daerah yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, dalam beberapa hal terdapat persamaan yang nyata antara tari daerah dan tari kreasi daerah. Pertama, kedua jenis tari kreasi memiliki fungsi yang kurang lebih sama dalam tata masyarakat di mana tarian ini berasal. Kedua, kedua jenis tari kreasi ini memiliki beberapa gerakan yang sama karena tari kreasi daerah mengacu kepada tari daerah yang sudah ada sebelumnya. Semua gerakan kedua jenis tari kreasi ini bertumpu pada gerakan tangan, kaki, dan badan. Ketiga, kedua jenis tari ini diiringi oleh alat musik dan nyanyian sebagai pengiringnya.   Namun, secara khusus tari kreasi dari berbagai daerah memiliki perbedaan
    Tari Kupu-kupu

    Tari Merak 



    Contoh soal 

     1. Peristiwa-peristiwa dalam karangan fiksi yang mempunyai hubungan satu dengan lainnya dinamakan ... ( ALur/Plot)

    2. Bagian yang berisi penyelesaian masalah dalam cerita disebut ... ( Bagian Akhir)

    3. Meteoroid yang berdiameter lebih dari 10 meter disebut ... ( Asteroid)

    4. Kumpulan asteroid yang membatasi antara planet luar dan planet dalam disebut ... ( Sabuk Asteroid)

    5. Upacara ngayah menunjukkan ... ( persatuan)

    6. Tradisi ngayah terdapat di daerah ... ( Bali)

    7. Keraguan terhadap norma yang telah ada merupakan ... modernisasi. ( Dampak Negatif )

    8. Dampak negatif modernisasi, yaitu masuknya budaya ... ( Luar)

    9. Tari kreasi daerah mengacu pada tari ... yang ada sebelumnya. ( daerah)

    10. Tari Merak termasuk contoh tari ... ( tari kreasi daerah)

    Latihan soal hari ini ya nak 
    1. Benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri dinamakan ...
    a. planet
    b. bintang
    c. asteroid
    d. komet

    2. Matahari merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi sehingga menyebabkan cahayanya tampak ...
    a. lebih besar
    b. lebih redup
    c. lebih terang
    d. sama saja

    3. Gaya tarik-menarik antara Matahari dengan planet yang mengelilinginya disebabkan oleh ...
    a. gaya gravitasi
    b. gaya magnet
    c. gaya gesek
    d. energi potensial

    4. Dimas sangat senang mendapatkan kejutan hari ini dari Om Dodi, pamannya yang baru datang dari Bandung. Dimas mendapatkan sebuah teropong binokular. Benda itu sudah lama ia idam-idamkan. Dimas tahu bahwa dia hampir tidak mungkin meminta dari ayah dan ibunya karena benda itu sangat mahal. Akan tetapi, pamannya yang bekerja di Bosccha Bandung sore itu membawakannya untuknya.

    Bagian tersebut termasuk bagian ... alur pada cerpen.
    a. awal
    b. tengah
    c. akhir
    d. belakang

    5. "Om percaya kepadamu, Dimas. Om tahu kamu ingin sekali mengamati bintang-bintang di langit. Makanya, Om pilihkan yang lensanya mampu menangkap benda-benda langit," jelas Om Dodi.

    "Wah, terima kasih sekali, Om. Sebenarnya memang teropong binokular yang seperti ini yang Dimas inginkan. Teropong yang tidak hanya mampu menangkap benda jauh di daratan, tetapi juga di langit. Pasti mahal, ya Om? tanya Dimas.

    Teks tersebut merupakan bagian ... dari alur cerpen.
    a. awal
    b. tengah
    c. akhir
    d. belakang

    6. "Ya, Dim. Tapi jangan lupa dengan kegiatanmu yang lain, ya! Belajar, mengerjakan tugas di rumah dan sekolah harus tetap diutamakan. Setelah itu, baru kamu menggunakan waktumu untuk mengeksplorasi benda-benda langit kesukaanmu," nasihat Om Dodi.

    "Pasti, Om!" jawab Dimas sambil menunjukkan ibu jarinya.

    Bagian tersebut merupakan bagian ... dari alur cerpen.
    a. awal
    b. tengah
    c. akhir
    d. konflik

    7. Tari Jejer Kembang Menur termasuk jenis tari ...
    a. tradisional
    b. klasik
    c. kontemporer
    d. kreasi daerah

    8. Tari Jejer Kembang Menur berasal dari daerah ...
    a. Yogyakarta
    b. Surakarta
    c. Banyuwangi
    d. Surabaya

    9. Tari Jejer Kembang Menur merupakan jenis tari ...
    a. tunggal
    b. berpasangan
    c. kelompok
    d. mandiri

    10. Menggunakan pensil dan buku untuk menulis merupakan contoh dari ...
    a. modernisasi
    b. reformasi
    c. globalisasi
    d. transmigrasi
    11. Sikap masyarakat yang lebih terbuka pada sesuatu yang baru merupakan ciri masyarakat ...
    a. tradisional
    b. feodal
    c. modern
    d. klasik

    12. Masyarakat yang modern lebih bersifat ...
    a. kuno
    b. tidak adil
    c. pemalas
    d. disiplin

    13. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk ... kebiasaan lamanya secara tradisi.
    a. mempertahankan
    b. meninggalkan
    c. melupakan
    d. menelantarkan

    14. Budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini dengan ...
    a. komunitas
    b. ekonomi
    c. teknologi
    d. tradisional

    15. Modernisasi dapat memengaruhi ... masyarakat modern.
    a. pekerjaan
    b. gaya hidup
    c. tradisi
    d. ekonomi

    refleksi & evaluasi
    pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang bulan, tari kreasi daerah  Semua siswa dapat memahami materi dengan baik dan dilanjutkan pengayaan dengan memberikan tugas mengerjakan soal.

    kesimpulan
    kita telah belajar tentang 
    pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang bulan merupakan satelit bumi serta mengetahui tari kreasi daerah 
     
    penutup

    Read more...

    Selasa, 05 Maret 2024

    Materi Ajar, Selasa 5 Maret 2024 ( Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2)

    | | 0 komentar

     enin, 04 Maret 2024

    Day / Date : Selasa, 5 maret2024

     Lesson : Tematik

    Tema 9 : Menjelajah angkasa luar

    Subtema 2 : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya

    Pembelajaran : 1 dan 2

    Muatan Pelajaran:
    Bahasa Indonesia 3.9  Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.
    IPA 3.7  Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. 
    SBdP 3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah


    Tujuan Pembelajaran 1 :
    1. Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya (bintang).
    2. Dengan melengkapi tabel perbandingan jarak antara planet yang satu dengan yang lainnya dari matahari, siswa mampu mengurutkan planet anggota tata surya menurut jaraknya dengan matahari.
    3. Dengan melengkapi diagram, siswa mampu menyampaikan hasil telusuran tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
    4. Dengan mengilustrasikan cerita dalam gambar, siswa mampu menyampaikan cerita sesuai dengan jalan cerita
    Tujuan Pembelajaran 2:
    1. Dengan melengkapi informasi yang ada dalam tabel, siswa mempu menemukan perbedaan antar meteorit, asteroid, meteor.
    2. Dengan membuat model tata surya, siswa mampu mengurutkan dan menjelaskan sistem tata surya.
    3. Dengan mengilustrasikan cerita melalui gambar imajinatif, siswa mampu menjelaskan jalan cerita fiksi.
    4. Dengan melengkapi informasi dalam tabel, siswa mampu menjelaskan perbedaan bentuk tari kreasi daerah dan tari khas tradisional.

              Apersepsi


              Good morning soleh solehah kelas VI C di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

              Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

              Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook 

              Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 1, hari ini kita akan belajar tentang  benda angkasa dan rahasianya di subtema  pembelajaran 1 dan 2

              Perhatikan video pembelajaran berikut ini:



              Ringkasan Materi Ajar 


              Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya tersebut tersusun atas gas-gas, antara lain hidrogen dan helium. Bintang memiliki warna yang bermacam-macam. Ada yang berwarna merah, jingga, kuning putih, hingga berwarna biru. Perbedaan warna-warna tersebut salah satunya disebabkan oleh perbedaan suhu permukaan bintang tersebut.

              Bahasa Indonesia 
              Ayo Membaca "Langit di Wae Reba" di buku siswa tema 9 halaman 80-82

              Judul Cerita: Langit Wae Rebo

              Siapa Tokohnya?
              Gita dan Ayah Gita

              Di mana peristiwanya? Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

              Kapan?
              Malam hari

              Apa yang terjadi dan mengapa?
              Gita pertama kali dapat melihat bintang sebanyak dan seterang di Wae Rebo. Mengapa Gita tidak pernah melihatnya ketika berada di luar rumahnya?

              Bagaimana penyelesaiannya?
              Ayah Gita menjelaskan bahwa mereka dapat melihat bintang sebanyak dan seterang ini karena berada di ketinggian yang cukup tinggi dan di sekeliling kita terlalu banyak cahaya.


              Jalan cerita atau isi cerita atau alur cerita disebut dengan plot. Plot merupakan salah satu bagian tulisan fiksi yang sangat penting. 


              Ringkasan Materi Pembelajaran 2

              IPA
              Mengapa disebut bintang jatuh? Sebuah bintang jatuh sebenarnya adalah nama lain untuk meteoroid. Meteorid tersebut terbakar saat mencoba memasuki atmosfer Bumi. Jadi, bintang jatuh bukanlah bintang sama sekali. Tidak ada bintang yang dapat jatuh. Meteoroid adalah benda kecil yang ada di luar angkasa. Ukuran meteroid mulai dari sebutir pasir hingga berdiameter sebesar sepuluh meter. Jika meteoroid berukuran lebih kecil dari sebutir pasir, para astronom menyebutnya sebagai debu antarplanet. Tapi jika meteoroid itu berdiameter lebih dari 10 meter, para astronom menyebutnya sebagai asteroid.


              SBdP
              Tari kreasi juga disebut sebagai tari modern. Tidak seperti tari tradisional yang memiliki pakem dan aturan tertentu yang harus diikuti, tari kreasi lebih bebas. Akan tetapi, tari kreasi yang ada saat ini sering masih menggunakan sebagian dari gerakangerakan dasar yang diambil dari tari tradisional. Hal ini disebabkan karena pengaruh budaya tradisi di Indonesia yang masih sangat kuat. Pernahkah kamu melihat pergelaran tari kreasi di daerahmu? Salah satu tari kreasi daerah adalah Tari Jejer Kembang Menur.

              Latihan soal 

              1. Mars adalah planet yang berwarna merah karena sangart kering dan tertutup debu merah. Oleh karena itu, Mars disebut juga ....
              Jawaban : planet merah

              2.  Nama lain dari Mars adalah ....
              Jawaban : Marikh atau Anggar

              3. Waktu yang dibutuhkan Neptunus untuk sekali revolusi dan rotasi adalah ....
              Jawaban : periode revolusi 165 tahun dan periode rotasi 16 jam

              4.Clyde W. Tombaugh astronom Amerika Serikat pada tahun 1930 menemukan planet bernama....
              Jawaban : Pluto

              5. Pada tahun 2006 Pluto dihapus dari keanggotaan tata surya karena ....
              Jawaban : ukurannya terlalu kecil

              6. Satu-satunya planet dalam sistem tata surya yang dapat dihuni manusia adalah ....
              Jawaban : Bumi

              7. Benda langit yang sering disebut bintang berekor adalah ....
              Jawaban : komet

              8. Ekor komet selalu ....
              Jawaban : menjauhi Matahari

              9. Komet paling terang dan terkenal yang muncul setiap 76 sekali adalah ....
              Jawaban : Komet Halley

              10. Benda-benda langit yang sering disebut planet kecil yang berada  di antara orbit Mars dan Yupiter adalah ....
              Jawaban : Asteroid

              11. Asteroid besar yang sudah ditemukan adalah ....
              Jawaban : Ceres, Pallas, dan Juno

              12. Asteroid yang ditemukan di antara orbit Saturnus dan Uranus adalah ....
              Jawaban : Chiron

              13. Meteoroid yang terbakar di atmosfer jika dilihat dari Bumi tampak seperti bintang jatuh atau bintang beralih yang disebut ....
              Jawaban : meteor

              14. Benda langit yang mengiringi planet disebut ....
              Jawaban : Satelit

              15. Satelit yang dimiliki bumi adalah ....
              Jawaban : Bulan

              16 Planet yang tidak memiliki satelit adalah ....
              Jawaban : Merkurius dan Venus

              Latihan hari ini, diskusikanlah dengan teman sebangkumu terkait perbedaan istilah berikut ini



              refleksi & evaluasi
              pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang sistem tata surya yang meliputi fakta tentang bintang,mengetahui perbedaan istilah meteoroid, asteorid. Semua siswa dapat memahami materi dengan baik dan dilanjutkan pengayaan dengan memberikan tugas mengerjakan soal.

              kesimpulan
              kita telah belajar tentang 
              pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang fakta tentang bintang, plot dalam sebuah cerita serta mengetahui tari kreasi daerah 
               
              penutup

              Read more...

              Senin, 04 Maret 2024

              Materi Ajar, Senin 4 Maret 2024 ( tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 dan 5)

              | | 0 komentar

               

              Minggu, 03 Mar

              Day / Date : Senin, 4 maret 2024

               Lesson : Tematik

              Tema 9 : Menjelajah angkasa luar

              Subtema 1 : Keteraturan yang Menakjubkan

              Pembelajaran : 5 dan 6

              Muatan Pelajaran:
              Bahasa Indonesia  3.9  Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi. 
              IPA        3.7  Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tat surya.  
              PKN 3.4  Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
              SBdP     3.2  Memahami interval nada


              Tujuan Pembelajaran 5
              1. Setelah mengamati terbit dan tenggelamnya matahari, siswa berdiskusi tentang keteraturan alam dengan penuh rasa ingin tahu.
              2. Dengan membaca bacaan siswa dapat mengurutkan planet berdasarkan kategori yang berbeda-beda dengan teliti.
              3. Dengan menggunakan berbagai sumber bacaan, siswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan antara planet dalam dan planet luar dengan saksama.
              4. Setelah membaca teks fiksi, siswa dapat menjelaskan watak tokoh utama dan tokoh tambahan serta jalan ceritanya dengan saksama. 
              5. Dengan menggunakan alat musik sederhana, siswa dapat memainkan beberapa jenis akor dengan baik dan benar.
              Tujuan Pembelajaran 6
              1. Dengan berdiskusi tentang keteraturan dalam masyarakat siswa dapat memahami perwujudan persatuan dan kesatuan dengan saksama.
              2. Melalui bacaan, siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dengan penuh kreativitas.
              3. Melalui cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan watak tokoh dalam cerita, meringkas dan mengembangkan cerita dengan penuh kreativitas.
              4. Melalui bermain alat musik sederhana, siswa dapat memahami akor dan interval dalam sebuah lagu dengan tepat

              Apersepsi


              Good morning soleh solehah kelas VI C di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

              Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

              Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook 

              Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 1 tentang persatuan dan kesatuan, hari ini kita akan belajar tentang  keteraturan alam di pembelajaran 5  dan 6 

              Perhatikan video pembelajaran berikut ini:

               






              Ringkasan Materi

              IPA


              Matahari merupakan salah satu bintang yang ada di dalam galaksi. Matahari terdiri atas gumpalan gas raksasa dan memiliki banyak sekali lidah api. Lidah api matahari yang merupakan ledakan-ledakan yang dapat mencapai jutaan kilometer tingginya. Suhu permukaan Matahari mencapai 5.800°C.

              Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda, oleh Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar. Perhatikanlah gambar berikut! 


                Planet dalam adalah planet-planet yang terdekat dengan Matahari dan termasuk empat planet yang pertama (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars). Planet luar adalah planet yang lebih jauh dari Matahari dan mencakup empat planet berikutnya seiring dengan peningkatan jarak dari Matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kedua golongan planet tersebut dibatasi oleh sabuk asteroid. Sabuk asteroid yang merupakan bongkahan-bongkahan batu yang tersusun oleh materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu.


              SBdP
              Pemahaman tentang jarak nada (interval) akan membantumu untuk menghasilkan sebuah akor. Akor merupakan bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu. Sebuah akor paling sedikit terdiri dari tiga nada. Akor biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Akor juga dapat dimainkan dengan melodi lagu pada alat musik. Tangga nada natural terdiri atas tujuh buah akor yaitu, C mayor (C), D minor (Dm), E minor (Em), F mayor (F), G mayor (G), A minor (Am), dan B diminished (B dim).

               

              PKN 

              Persatuan dan kesatuan merupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan keteraturan di dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut adalah contoh persatuan dan kesatuan


              Menghargai semangat persatuan memiliki arti penting bagi diri sendiri, di antaranya yaitu: a. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan saling menghargai dalam hidup bermasyarakat.  
              1. Memperkuat persatuan di dalam keluarga yang dapat memengaruhi semangat persatuan di masyarakat. 
              2. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan bagi Masyarakat Dalam kehidupan masyarakat semangat persatuan dan kesatuan harus dimiliki seluruh anggota masyarakat, 
              Latihan soal 
              Susunan benda-benda langit yang terdiri dari Matahari, planet-planet, benda-benda langit lainnya seperti meteoroid, asteroid, komet, dan satelit disebut ....
              Jawaban : Tata surya

              2. Pusat tata surya adalah ....
              Jawaban : Matahari

              3. Matahari terdiri dari empat lapisan yaitu ....
              Jawaban : inti Matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona

              4. Ilmu yang mempelajari tentang tata surya adalah ....
              Jawaban : Astronomi

              5. Benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri disebut ....
              Jawaban : bintang

              6. Salah satu bintang yang paling dekat dengan Bumi adalah ....
              Jawaban : Matahari

              7. Bulan tidak termasuk bintang karena ....
              Jawaban : Bulan hanya memantulkan cahaya Matahari

              8. Perputaran planet mengelilingi matahari disebut.....
              Jawaban : Revolusi

              9. Waktu yang diperlukan planet untuk mengelilingi Matahari dalam sekali putaran disebut ....
              Jawaban : Kala Revolusi

              10. Planet mengelilingi Matahari. Setiap planet memiliki garis edar tertentu. Garis edar planet disebut.....
              Jawaban : Orbit


              Tugas Kelompok
              Bersama teman kelompok kalian, bisa mendiskusikan terkait mengurutkan planet dari terdekat sampai terjauh dari matahari.
              Soal Evaluasi



              refleksi & evaluasi
              pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang sistem tata surya yang meliputi planet luar dan dalam,mengetahui apa itu akor dalam musik, dan kita sudah  mengetahui tentang menjaga persatuan dan kesatuan. Semua siswa dapat memahami materi dengan baik dan dilanjutkan pengayaan dengan memberikan tugas mengerjakan soal.

              kesimpulan
              kita telah belajar tentang 
              pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang sistem tata surya yang meliputi planet luar dan dalam,mengetahui apa itu akor dalam musik, dan kita belajar tentang menjaga persatuan dan kesatuan. 
               
              penutup
              Read more...

              Popular Posts

              Blogger templates

              Blogroll

              About

              Blog Archive

              Cari Blog Ini

              Diberdayakan oleh Blogger.

              Materi Ajar jumat 12 September 2025

               

              Designed by: Compartidísimo
              Images by: DeliciousScraps©