Selasa, 05 November 2024

Materi ajar Selasa 05 November 2024

| | 0 komentar

 


Welcome to SD AL-AZHAR LAMPUNG
La
Hari/Tanggal : Selasa, 05 November 2024

Kelas : 4A

Cp BAhasa indonesia

Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.

Tujuan Pembelajaran
4.1. Peserta didik dapat memahami kata-kata baru dari teks yang dibaca dan didengar serta dapat menggunakannya dalam percakapan lisan dan tulisan yang dibuatnya.

Fokus materi : majas personifikasi

👀Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik mampu mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

tujuan pembelajaran:
4.1 Mengembangkan pemahaman tentang pembagian bilangan bulat dan mengembangkan Memahami pengertian dari satuan dan pengukuran suatu sudut sehingga siswa dapat mengukur besar suatu sudut

fokus materi : garis lurus dan garis sejajar

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Apresepsi
Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??

Apersepsi Bahasa Indonesia
Kemarin kita telah belajar materi tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung.. Hari ini kita akan belajar tentang majas personifikasi dan diakhir pembelajaran kita akan membuat kalimat sederhana dengan menggunakan majas personifikasi. 
Mari simak pembelajaran nya




Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang menggambarkan benda mati atau objek tak hidup seolah-olah memiliki sifat, perasaan, kemampuan, dan pemikiran seperti manusia. 
Majas personifikasi memiliki beberapa fungsi, di antaranya:
  • Meningkatkan daya imajinasi
  • Memperkuat efek emosional
  • Membantu menyampaikan ide-ide kompleks dengan cara yang lebih mudah dipahami
  • Memperkaya gaya bahasa
  • Menggambarkan abstrak menjadi konkret
  • Meningkatkan daya ingat
  • Menghidupkan narasi  
Contoh kalimat majas personifikasi, antara lain:
  • "Angin, sampaikanlah salamku padanya"  
  • "Beker bernyanyi untuk membangunkanku setiap pagi"  
  • "Awan berlari-lari di puncak langit"  
  • "Dinginnya angin bertanya padaku malam itu" 
  • "Alam ikut bersorak gembira"  
  • "Suara nyanyian burung mengalun dengan indah"  
  • "Asap menyelinap di balik tirai rumah" 

  • Apersepsi matematika
  • Garis lurus dan garis sejajar
  •  Garis sejajar adalah dua garis yang tidak pernah berpotongan dan memiliki jarak yang samaGaris sejajar memiliki ciri-ciri:
    • Terletak pada bidang yang sama
    • Tidak pernah berpotongan, meskipun diperpanjang
    • Memiliki kemiringan yang sama  
    Simbol yang digunakan untuk melambangkan garis sejajar adalah ||. Contoh garis sejajar adalah rel kereta api dan sisi berlawanan dari papan tulis.  
    Sementara itu, garis lurus adalah garis yang tidak memiliki lengkungan dan dapat berbentuk horizontal, vertikal, atau miring. Jika menggambar sudut antara dua titik pada garis lurus, maka akan selalu mendapatkan sudut 180 derajat.  
  • Perhatikan video  ini

  • Kesimpulan
  • Alhamdulillah pembelajaran nya hari ini berjalan lancar, dan ananda soleh solehah sudah memahami materi pembelajaran b.. Indonesia tenTng majAs personifikasi dan matematika tentang garis lurus dan garis sejajar. 

  • Refleksi dan Evaluasi
  • Alhamdulillah pembelajaran hari ini sudah kalian lakukan dengan baik dan tidak ada halangan. 
  • Penutup
  • Miss akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucap alhamdulillah
Read more...

Senin, 04 November 2024

Materi Ajar Senin 04 November 2024

| | 0 komentar

 


Welco De to SD AL-AZHAR 3 Bandar Lampung
La
Hari/Tanggal : Senin, 04 November 2024

Kelas : 4A

Cp BAhasa indonesia

Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.

Tujuan Pembelajaran
4.1. Peserta didik dapat memahami kata-kata baru dari teks yang dibaca dan didengar serta dapat menggunakannya dalam percakapan lisan dan tulisan yang dibuatnya.

Fokus materi : wawancara

👀Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik mampu mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

tujuan pembelajaran:
4.1 Mengembangkan pemahaman tentang pembagian bilangan bulat dan mengembangkan Memahami pengertian dari satuan dan pengukuran suatu sudut sehingga siswa dapat mengukur besar suatu sudut

fokus materi : latihan pembagian susun ke bawah 

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Apresepsi
Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??

Apersepsi Bahasa Indonesia
Setelah minggu lalu kita belajar gagasan pokok dan pendukung hari ini kita lanjutkan ke materi wawancara
Mari simak video berikut ini;

Wawancara dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Tujuannya untuk memperoleh informasi atau data-data yang dibutuhkan.

Pengertian Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh minimal dua orang, yaitu pewawancara dan narasumber. 

Pewawancara adalah orang yang memberikan pertanyaan dengan tujuan mendapatkan informasi-informasi penting seputar topik yang ingin diketahui.

Sedangkan narasumber, adalah orang yang menjadi sumber informasi seputar topik yang ingin kita ketahui.

Sebelum melakukan wawancara, kita harus menyiapkan daftar pertanyaan yang ingin ditanyakan.


Tujuannya, agar kita dapat mengumpulkan data sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan, ya.

Dalam membuat pertanyaan untuk ditanyakan pada narasumber, kita bisa menggunakan kata tanya, seperti kata apa, siapa, bagaimana, mengapa, kapan, di mana, dan berapa, ya!

Pertanyaan wawancara harus disesuaikan dengan topik yang ingin diketahui."

Berikut ini, beberapa contoh daftar pertanyaan yang dapat ditanyakan kepada narasumber untuk wawancara seputar lingkungan dan sumber energi, di antaranya:

1. Siapa nama Bapak/Ibu?

2. Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu?

3. Bagaimana kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal Bapak/Ibu?

4. Untuk menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal Bapak/Ibu, upaya apa yang dilakukan masyarakat

 5. Adakah sumber energi alternatif yang digunakan untuk sehari-hari lingkungan ini?

6. Apa sumber energi alternatif yang digunakan di lingkungan ini?

Apersepsi matematika

Kemarin kalian telah belajar tentang pembagian susun ke bawah dan sisa. Hr ini kita cb latihan ya.. Kit ulas sedikit materi nya.. Perhatikan video dibawah ini! 



Latihan soal

1. 24 ÷ 6 = ...

A. 4

B. 6

C. 8

D. 10

 

2. Jika ada 45 kelereng dan dibagi rata ke dalam 9 kantong, berapa kelereng dalam setiap kantong?

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

3.Sebuah taman memiliki 63 bunga. Jika bunga-bunga itu ditanam dalam 9 baris, berapa bunga dalam setiap baris?

A. 5

B. 6

C. 7

D. 8

4.Hitunglah 56 ÷ 7 = ...

A. 6

B. 7

C. 8

D. 9

 

5. Ibu membeli 80 kue untuk dibagikan kepada anak-anak dalam 10 kotak. Berapa kue yang ada dalam setiap kotak?

A. 6

B. 7

C. 8

D. 9

 

 6. Jika ada 35 murid dalam kelas dan mereka dibagi rata ke dalam 5 kelompok, berapa murid dalam setiap kelompok?

A. 5

B. 6

C. 7

D. 8.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dana untuk materi bahasa Indonesia wawancara klin dapat mengikuti dengn baik dan menghitung pembagian susun ke bawah sudah mampu mengerjakan latihan diatas secara mandiri. 

Refleksi dan evaluasi 

masih terdapat 1 siswa yang belum menguasai soal matematika susun ke bawah maka perlu diadakan bimbingan untuk anak tersebut. 

Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hariini berjalan lancar. Bu guru akhiri wassalamualaikum wr wb

Read more...

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 12 September 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©