Senin, 21 April 2025

MAteri Ajar Senin 21 April 2025

| | 0 komentar

Identity    :
        Day/Date       : Monday 21 April 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson    : Bahasa indonesia & Matematika

💫Capaian Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

💫 Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memahami pengertian, Ciri-ciri dan jenis teks Narasi

👀MEtode Pembelajaran :f Diskusi & Penugasan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together

 


Are you Ready for continue Semester 2?
Welcome to class after holiday hari libur nasional kmrn  yaa
 Apa kabarnya ananda5 ku soleh solehah

Ringkasan Materi

Secara singkat, teks narasi adalah teks yang menceritakan sebuah peristiwa secara berurutan dan bisa berupa fiksi (imajinasi) atau nonfiksi. Widjono (2007) menjelaskan pengertian narasi sebagai:

“Uraian yang mengisahkan kejadian, tindakan, maupun keadaan secara berurutan dari awal sampai akhir sehingga saling berhubungan antara satu dan yang lainnya. Bahasa yang digunakan biasanya bersifat naratif. Contohnya seperti roman, kisah, novel, biografi, atau cerpen.”

Teks narasi sendiri dibuat untuk menyampaikan informasi, memberikan pengetahuan, dan untuk dijadikan hiburan bagi pembaca atau pendengarnya. Selain itu, teks ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa, pengalaman, maupun gagasan kepada orang lain secara rinci berdasarkan perkembangan waktu ke waktu.

Dari penjelasan singkat ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa narasi memiliki identik dengan:

  1. Cerita atau kisah
  2. Menonjolkan tokoh atau pelaku
  3. Menurut perkembangan dari waktu ke waktu
  4. Disusun secara sistematis. 

Ciri-Ciri Teks Narasi

Meski narasi lebih fokus pada cerita tentang peristiwa atau kejadian, namun tidak semua teks yang memuat peristiwa maupun kejadian bisa disebut narasi. Sebab ada ciri-ciri penting yang harus dipenuhi agar sebuah teks menjadi teks narasi:

  1. Menceritakan peristiwa atau pengalaman penulisnya
  2. Kejadian atau peristiwa yang diceritakan merupakan kejadian yang benar-benar terjadi atau imajinasi atau gabungan keduanya.
  3. Berdasarkan pada konfliks
  4. Mempunyai nilai estetika
  5. Harus disusun secara kronologis.

Struktur Teks Narasi

Supaya Grameds lebih memahami teks narasi, kamu harus tahu bagaimana strukturnya. Dengan begitu, Grameds akan mengetahui mana yang menjadi awal, klimaks, dan akhir dari cerita yang kamu baca.

Teks jenis satu ini merupakan teks yang memiliki empat bagian utama. Pertama ada bagian orientasi, lalu komplikasi, resolusi, dan terakhir ada coda. Simak penjelasan singkat keempat bagian tersebut di bawah ini:

1. Orientasi (orientation)

Orientasi adalah tahap pengenalan cerita. Di sini penulis memberikan berbagai informasi detail mengenai tokoh-tokoh yang terlibat, latar belakang tempat, dan juga waktunya.

2. Komplikasi (complication)

Bagian ini biasanya menjadi tahap penggambaran yang berisikan awal mula dari masalah atau konflik dalam cerita. Kemudian ada juga reaksi yang diberikan oleh tokoh-tokoh yang terlibat pada masalah tersebut. Dan terakhir klimaks atau puncak masalahnya.

Nah komplikasi ini adalah bagian yang paling seru dari teks naratif. Pasalnya di sini kamu bisa menemukan proses jatuh bangun tokoh utamanya, bagaimana cara dia melewati titik terendah dalam hidupnya, dan momen apa yang membuatnya bangkit kembali.

3. Resolusi (resolution)

Resolusi adalah tahap pemecahan masalah dan ditandai dengan penurunan konflik sampai dengan selesai atau tuntas. Seringkali, banyak orang yang membaca teks narasi mengharapkan akhir atau penyelesaian yang bahagia. Namun teks narasi bisa berakhir bagaimana saja.

Beberapa ada yang membuat pembacanya merasa sedih, beberapa yang lain bahkan memiliki akhir yang tragis. Terlepas dari hal ini, seorang pembaca teks narasi pasti mendapatkan kesan mendalam dari cerita yang mereka baca.

4. Coda (reorientation)

Ini adalah tahap pemuatan pesan moral atau amanat dari kisah yang diceritakan. Bagian ini jamak ditulis sebagai penutup cerita. Dan yang paling penting, coda dalam teks narasi itu opsional alias tidak wajib ada.

Simak video pembelajaran berikut ini


 
Latihan soal

Teks Narasi 1

Judul: Si Kancil dan Buaya

Suatu hari, si Kancil sedang berjalan-jalan di tepi sungai. Ia merasa sangat haus dan ingin minum air dari sungai tersebut. Namun, di sungai itu, banyak buaya yang kelaparan. Si Kancil berpikir sejenak dan menemukan ide cerdik. Ia memanggil semua buaya dan berkata bahwa ia mendapat perintah dari Raja Rimba untuk menghitung jumlah buaya di sungai itu. Semua buaya dengan cepat berkumpul, dan si Kancil mulai menghitung satu per satu sambil melompat di atas punggung mereka untuk menyeberangi sungai. Setelah sampai di seberang, si Kancil tertawa dan melarikan diri ke hutan.


Soal 1-6

1. Mengapa si Kancil ingin mendekati sungai?
A. Untuk mandi
B. Untuk minum air
C. Untuk berenang
D. Untuk mencari makanan
Jawaban: 

2. Apa yang membuat si Kancil berpikir sejenak sebelum mendekati sungai?
A. Takut jatuh
B. Banyaknya buaya di sungai
C. Air sungai yang dalam
D. Sungai yang deras
Jawaban: 

3. Bagaimana si Kancil menyeberangi sungai?
A. Dengan berenang
B. Dengan melompat di atas batu
C. Dengan melompat di atas punggung buaya
D. Dengan perahu
Jawaban: 

4. Apa yang dikatakan si Kancil kepada buaya-buaya di sungai?
A. Ia ingin bermain bersama buaya
B. Ia ingin menghitung jumlah buaya atas perintah Raja Rimba
C. Ia ingin menjadi teman buaya
D. Ia ingin meminta bantuan buaya
Jawaban: 

5. Apa yang dilakukan si Kancil setelah berhasil menyeberangi sungai?
A. Berterima kasih kepada buaya
B. Memberi makan buaya
C. Tertawa dan melarikan diri ke hutan
D. Tidur di tepi sungai
Jawaban ;

6. Apa yang bisa kita pelajari dari cerita ini?
A. Kepintaran dapat mengalahkan kekuatan
B. Persahabatan lebih penting dari segalanya
C. Ketakutan harus dihadapi dengan keberanian
D. Alam harus dijaga dan dilestarikan

Jawaban :

Kesimpulan 

Pada pembelajaran hari ini tentang materi narasi masih ada beberapa siswa yanng memerlukan bimbingan untuk mengerjakan soalnya.


Penutup


Semoga bermanfaat ya nak ilmu hari ini


Wassalamualaikum wr wb

Read more...

Kamis, 17 April 2025

Materi Ajar Kamis 17 April 2025

| | 0 komentar

  


Identity    :
        Day/Date       : Thursday, 17 A
pril 2025,      

        Grade            : 4 A

        Lesson           : IPAS  

💥Capaian Pembelajaran : IPAS

v  Mengidentifikasi dan menunjukkan kebutuhan yang sesuai dengan keadaaan


💥Tujuan Pembelajaran    :

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan sesuai dengan tingkat nya

2.  Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis kebutuhan primer, sekundr dan tersier

  • Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok
  • Media pembelajaran : video dan lkpd


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Befo+re study, let's Pray together

 


Are you Ready for continue Semester 2?
Welcome to class after holiday idul Fitri
 Apa kabarnya naanda ku soleh solehah? 

Maasih ingat pembelajaran kemarin tentang pengertian kebutuhan dan jenis-jenisnya
Hari ini kita lanjutkan di bab 7 ya yaitu kegiatan jual beli sebagai cara memenuhi kebutuhan. 



Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya jual beli. Mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terjadi pada kegiatan jual beli. Memahami proses terjadinya kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli. Menentukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam alur kegiatan ekonomi.

Pada topik ini peserta didik akan mengenal jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan dan kegiatan ekonomi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui pengamatan sederhana akan melatih kemampuan analisis peserta didik dalam mengidentifikasi syarat terjadinya kegiatan jual beli. Kegiatan ini juga melatih peserta didik untuk berinteraksi dengan orang lain di luar teman dan gurunya.

Setelah itu peserta didik akan belajar mencari informasi secara mandiri terkait urutan kegiatan ekonomi melalui kegiatan identifikasi dan literasi. Dari informasi yang didapatkannya, peserta didik akan belajar berdiskusi dan guru dapat membantu dengan menguatkan pemahaman serta meluruskan miskonsepsi. Kemudian dari pemahaman tersebut peserta didik akan diajak berpikir kritis melalui kegiatan refleksi serta diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Tawar Menawar
Pernahkah kalian pergi ke pasar? Percakapan di atas merupakan gambaran jual beli yang dilakukan oleh manusia sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan hidupnya. Ibu Mira membutuhkan sayuran untuk dimasak sebagai makanan.  Ibu Mira berperan sebagai pembeli. Penjual sayur berperan sebagai yang menjual kebutuhan atau penjual. Pasar sendiri adalah tempat jual beli. Namun, ada juga barang yang tidak dapat ditawar. Biasanya ini terjadi pada barang yang sudah mencatumkan harga di kemasannya. Biasanya ini ada di supermarket atau pusat perbelanjaan

Mari Mencari Tahu
Mari kita lakukan pengamatan! Carilah 5 tempat lain atau lebih yang memiliki kegiatan jual beli lainnya di sekitar kalian.
1. Apa ciri-ciri kegiatan jual beli yang tampak oleh kalian?
2. Apa saja barang-barang yang diperjual belikan?
3. Salin tabel seperti contoh berikut pada buku tugas kalian.

No.Nama TempatCiri Ciri Kegiatan Jual BeliYang Diperjualbelikan
1.Pasar Tradisional
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, daging, kain, barang elektronik, jasa, dll.
2.Mini Market
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Tidak adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Harga pada setiap barang sudah tertera.
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, dan daging.
3.Warung
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Bermacam kebutuhan sehari-hari seperti minyak, sayuran, beras, tepung, gula dan lain sebagainya
4.Toko Buku
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Tidak adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Harga pada setiap barang sudah tertera.
Berbagai jenis buku dan perlengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis
5.Pasar Hewan
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Hewan seperti kambing, ayam, itik, kelinci, dan bebek

4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan diskusi

Kesimpulan :
Alasan terjadinya jual beli adalah karena adanya keterbatasan kebutuhan dan tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya sendiri.
Kegiatan Ekonomi
Tidak semua kebutuhan dapat langsung kita beli begitu saja. Terkadang butuh suatu proses sampai barang atau jasa itu sampai ke tangan kita. Proses membuat (produksi), dikirimkan (distribusi) lalu digunakan (konsumsi).
ekonomi
Kegiatan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat beragam. Ada yang bekerja di sawah, ladang, berjualan di pasar, bekerja di kantor, bekerja di pabrik, maupun pengemudi kendaraan. Semua bentuk kegiatan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.
Kegiatan Produksi
1. Kegiatan Produksi
Produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contoh kegiatan produksi antara lain pabrik sepatu, perajin anyaman, dan penjahit pakaian. Kegiatan petani mulai dari menanam, memanen sampai mengolah gabah jadi beras merupakan kegiatan produksi. 

Kegiatan produksi tidak hanya memproduksi barang saja, tetapi juga jasa. Guru, penerjemah, dosen, jaksa adalah contoh kegiatan produksi jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.Proses kegiatan produksi memiliki 3 tahapan:

2. Kegiatan Distribusi
Kegiatan penyaluran barang maupun jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor. Adapun lembaga-lembaga yang menjadi pelaku distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer.

3. Kegiatan Konsumsi
Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya kita membeli tahu di pasar. Tahu tersebut kemudian diolah menjadi masakan untuk dikonsumsi. Dengan demikian kita telah melakukan kegiatan konsumsi.

Selain makan dan minum, kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia adalah menggunakan telepon, membeli pakaian, membeli alat-alat tulis, dan membeli barang elektronik. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Tujuannya adalah:
  1. Untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan sumber daya.
  2. Untuk membantu sesama manusia. 
  3. Meningkatkan mutu dan jumlah produksi. 
  4. Mencari keuntungan atau laba

Lakukan Bersama
Kalian telah mengetahui tempat-tempat terjadinya jual beli, bukan? Sekarang belajar lebih lanjut kegiatan ekonomi yang terjadi di tempat jual beli. 
  1. Berkelompoklah dengan 3 orang teman kalian!
  2. Kalian boleh melakukan pengamatan ke warung atau pun supermarket terdekat. Amati kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang terjadi dan buatlah catatan kecil.
  3. Diskusikan hasil pengamatan kalian dan tuangkan kegiatan ekonomi yang kalian lihat dalam bentuk mind map atau peta pikiran. Berikan gambar pendukung untuk membuat mind mapkalian lebih menarik dan mudah dipahami.
  4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan presentasi.

Peta Pikiran
Mari Refleksikan
1. Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli?
Ada keterbatasan kebutuhan, tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, dsb.
2. Menurutmu, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan apabila barang atau jasanya tidak tersedia dari lingkungan sekitar kita?
Mencari dari tempat lain, membeli dari warung atau tempat jual beli lainnya,membeli di marketplace atau toko daring.
3. Apa saja proses yang terjadi pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu?
Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
4. Apakah kamu pernah berperan menjadi produsen, distributor, atau konsumen? Jelaskan!
Saya pernah berperan sebagai konsumen ketika membeli peralatan tulis di toko buku.
 5. Setelah mempelajari alur kegiatan ekonomi, bagaimana sebaiknya kamu bersikap terhadap barang-barang yang kamu pakai?
Kita harus dapat lebih berhemat, mencari alternatif kebutuhan, dsb.

Kesimpulan
alhamdulilah pada pembeajaran hari ini seluruh ananda sudah dapat memahami dan mengerti tetnang kegiatan ekonomi dan alurnya. hanya perlu perbanyak latihan soa terkait materi.

Refleksi dan Evaluasi
Dalam pembelajaran materi ini masih ada siswa yang harus memperbanyak pengetahuan materi ini melalui membaca, agar dapat lebih mudah paham dalam menjawab soal pertanyaan yang diberikan

Penutup
Demikiian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb
Read more...

Rabu, 16 April 2025

Materi ajar rabu 16 april 2025

| | 0 komentar

 


Identity    :
        Day/Date       : Wednesday, 16 April 2025
              Grade            : 4 A

        Lesson           : IPAS  

💥Capaian Pembelajaran : IPAS

v  Mengidentifikasi dan menunjukkan kebutuhan yang sesuai dengan keadaaan


💥Tujuan Pembelajaran    :

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan sesuai dengan tingkat nya

2.  Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis kebutuhan

  • Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok
  • Media pembelajaran : video dan lkpd


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Befo+re study, let's Pray together

 


Are you Ready for continue Semester 2?
Welcome to class after holiday idul Fitri
 Apa kabarnya naanda ku soleh solehah? 

Maasih ingat pembelajaran yg terakhir sebelum libur kemarin tentang 5&6 tentang sejarah tempat tinggal dan kekayaan yang ada di bumi kita. 
Hari ini kita lanjutkan di bab 7 ya yaitu tentang aku dan kebutuhan ku. 

Mari kita simak materinya :

Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mengenal cara mendapatkan barang kebutuhan. dan mengaitkan pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan dengan nilai guna barang dan skala prioritas.

A. Kebutuhan Manusia
Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan. Misalnya kebutuhan paling mendasar adalah makanan dan tempat tinggal. Namun, setiap orang juga memiliki kebutuhan lainnya yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana caranya kita mendapatkan kebutuhan ini?

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dimiliki atau diperlukan oleh seseorang untuk bertahan hidup dan memiliki kehidupan yang layak. Jenis kebutuhan manusia bermacam-macam. Bila dilihat dari kepentingan atau intensitasnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan mutlak dan utama dari setiap individu yang harus dipenuhi. Jika kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi, maka individu tersebut akan terancam kehidupannya. Terdapat 3 macam kebutuhan primer, diantaranya:
Pangan, adalah kebutuhan utama yakni makanan dan minuman.
Sandang adalah kebutuhan utama akan pakaian yang melindungi tubuh manusia dari lingkungan.
Papan adalah kebutuhan utama akan tempat tinggal untuk berlindung.
kebutuhan manusia
2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah yang muncul setelah kebutuhan primer dapat terpenuhi. Contoh: telepon genggam, kendaraan, sepatu, dan sebagainya.

3. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang ada atau dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Kebutuhan tersier ini biasanya berupa kebutuhan barang mewah untuk memperlihatkan jenjang sosial seseorang atau dapat berfungsi sebagai hiburan. Contoh mobil mewah, pergi berlibur, villa, barang bermerk dan sebagainya. Kebutuhan ini dapat berbeda-beda pada setiap individunya. Tergantung kemampuan ekonomi dan profesi seseorang.

Sebuah kebutuhan bisa jadi berawal dari sebuah keinginan. Keinginan untuk menjadi lebih baik dan hidup lebih layak. Keinginan merupakan fungsi tambahan yang ingin dimiliki. Jika tidak terpenuhi, maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup seseorang. Namun, keinginan pun harus didasari dengan kemampuan diri masing-masing individu.

Bila tidak terkontrol dengan baik, keinginan akan membuat kelangsungan hidup tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, ada baiknya waktu pemenuhan kebutuhan diutamakan terlebih dahulu. Bagaimana mengatur urutan kebutuhan berdasarkan waktunya?

Kebutuhan manusia berdasarkan waktu adalah:
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda
Kebutuhan mendesak adalah kebutuhan yang tiba-tiba muncul dan bersifat sangat kritis, sehingga dapat mengancam nyawa jika tidak dipenuhi.
Kebutuhan yang Akan Datang adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi di kemudian hari dan dapat ditunda sebab sifatnya yang tidak mendesak. Kebutuhan ini dapat direncanakan terlebih dahulu.

B. Skala Prioritas
Skala prioritas adalah suatu daftar yang kita buat untuk mengurutkan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya atau berdasarkan tingkat urgensinya. Skala prioritas ini adalah hal yang sangat bermanfaat karena dengan membuat skala prioritas ini, kita bisa memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting terlebih dahulu sehingga kita bisa memastikan bahwa setiap kebutuhan yang paling penting akan terpenuhi dan tidak mengganggu kelangsungan hidup kita. Ada empat kuadran yang bisa kita gunakan untuk membedakan kebutuhan kita.

Berikut adalah empat kuadran dalam skala prioritas diri:
Penting dan mendesak: jenis kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang tinggi dan juga harus segera dipenuhi karena akan mengganggu kelangsungan hidup apabila tidak dipenuhi. Misalnya mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan besok.
Penting dan tidak mendesak: jenis kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun pemenuhannya bisa ditunda karena tidak bersifat darurat. Contohnya adalah olah raga.
Tidak penting dan Mendesak: jenis kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang rendah namun harus segera dipenuhi karena bersifat mendesak dan tidak bisa ditunda. Misalnya menjawab panggilan telpon dari teman.
Tidak mendesak dan tidak penting: jenis kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang rendah dan pemenuhannya bisa ditunda. Misalnya menonton film kartun.

Untuk menentukan skala prioritas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
Tingkat urgensi atau keharusan mendesak.
Kesempatan yang dimiliki
Pertimbangan masa depan.
Kemampuan diri.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun skala prioritas yaitu :
Mencatat semua daftar kebutuhan.
Menyusun tingkat kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya.
Membuat catatan kebutuhan dan alokasi dana
Memilih kebutuhan mulai dari yang paling memberi manfaat secara optimal dari keseluruhan daftar kebutuhan.
Memenuhi kebutuhan sesuai dengan daftar yang telah dibuat.

Mari Mencari Tahu
Mari kita coba mengelompokkan kebutuhan kita berdasarkan kepentingannya.
1. Buatlah tabel seperti contoh berikut di buku tugas kalian.
Skala
2. Buatlah beberapa hal yang kalian butuhkan saat ini. Masukkan kebutuhan tersebut ke kolom tabel yang menurut kalian sesuai dengan kriteria kepentingan kebutuhan kalian. Kalian dapat menambahkan ilustrasi gambar di samping tulisan kalian itu.

3. Jika sudah, duduk berpasangan dengan teman sebelah kalian dan ceritakan alasan mengapa memilih pengelompokan kebutuhan tersebut.

Lakukan Bersama
1. Berkumpullah dengan kelompok yang sudah dibagi bersama guru kalian. Pelajari 4 kolom tabel yang telah kalian buat. 

2. Diskusikan mengenai 4 pernyataan yang berkaitan dengan informasi pada tabel sebelumnya;

a. penting dan mendesak;
Kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang tinggi dan juga harus segera dipenuhi karena akan mengganggu kelangsungan hidup apabila tidak dipenuhi. Misalnya makan, minum, dan tidur
b. tidak penting dan mendesak;
Kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan rendah namun pemenuhannya tidak bisa ditunda karena bersifat darurat. Misalnya memakai payung saat hujan, menjawab telepon, dan membalas chat WA.
c. penting dan tidak mendesak;
Kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun pemenuhannya bisa ditunda karena tidak bersifat darurat. Misalnya membaca buku, berolah raga, dan berkumpul bersama keluarga
d. tidak penting dan tidak mendesak.
Kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang rendah dan pemenuhannya bisa ditunda. Misalnya menonton tv, bermain game, dan mengobrol bersama teman
3. Kelompokkan 4 pernyataan tersebut dengan deskripsi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Kebutuhan Primer :Makan, minum, dan tidur
Kebutuhan Sekunder : Membaca buku, berolah raga, berkumpul bersama keluarga.
Kebutuhan tersier : Memakai payung, menjawab telepon, membalas chat, bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman
4. Diskusikan alasan mengapa kebutuhan-kebutuhan tersebut berada pada posisi tiap kolom dan tuliskan alasannya pada buku tugas.
Kebutuhan seperti makan, minum, dan tidur sangat penting karena jika tidak dipenuhi karena dapat mengancam hidup. Kebutuhan membaca buku, berolah raga, dan berkumpul bersama keluarga memang penting namun dapat ditunda. Kebutuhan menjawab telepon, membalas chat wa, dan memakai payung tidak penting namun harus segera dilakukan. Kebutuhan bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman dapat ditunda.
5. Tunjuklah perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

3. Kelompokkan 4 pernyataan tersebut dengan deskripsi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Kebutuhan Primer :Makan, minum, dan tidur
Kebutuhan Sekunder : Membaca buku, berolah raga, berkumpul bersama keluarga.
Kebutuhan tersier : Memakai payung, menjawab telepon, membalas chat, bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman
4. Diskusikan alasan mengapa kebutuhan-kebutuhan tersebut berada pada posisi tiap kolom dan tuliskan alasannya pada buku tugas.
Kebutuhan seperti makan, minum, dan tidur sangat penting karena jika tidak dipenuhi karena dapat mengancam hidup. Kebutuhan membaca buku, berolah raga, dan berkumpul bersama keluarga memang penting namun dapat ditunda. Kebutuhan menjawab telepon, membalas chat wa, dan memakai payung tidak penting namun harus segera dilakukan. Kebutuhan bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman dapat ditunda.
5. Tunjuklah perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

Mari Refleksikan
1. Mengapa kalian memiliki kebutuhan?
Saya memiliki kebutuhan untuk menjaga kelangsungan hidup.
2. Apakah kebutuhan hidup kalian sama dengan kebutuhan hidup teman kalian/orang lain?
Setiap orang memiliki beberapa kebutuhan serupa seperti sandang, pangan, papan. Namun ada juga yang memiliki kebutuhan yang berbeda.
3. Apa hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak?

dengan kebutuhan hidup teman kalian/orang lain?
Setiap orang memiliki beberapa kebutuhan serupa seperti sandang, pangan, papan. Namun ada juga yang memiliki kebutuhan yang berbeda.
3. Apa hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak?
Hal yang menentukan adalah kepentingan, waktu, faktor kemampuan, mendesak dan penting, urgensitas).
4. Apakah kalian dapat memaksakan kebutuhan kalian kepada orang lain? Mengapa?
Kita tidak bisakah kebutuhan kepada orang lain karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan kemampuan yang juga berbeda untuk memenuhinya.
5. Mana yang lebih utama kebutuhan atau keinginan?
Kebutuhan yang lebih utama dipenuhi, kalau masih mampu dan keinginan itu termasuk ke dalam kebutuhan yang akan datang, bisa direncanakan.
6. Menurut kalian bagaimana caranya menentukan urutan kebutuhan dari masing-masing orang?
Cara menentukan urutan kebutuhan adalah : menentukan urutan prioritasnya. penuhi atau laksanakan sesuai dengan urutan prioritasnya.

Kesimpulan
Pembelajaran hari ini masih harus kita ulang ya nak. Ada beberapa siswa yg masih dibimbing terkait materi kebutuhan sesuai dengan tingkat kebutuhan

Penutup
Mari kita tutup pembelajaran baru ini dengan mengucapkan alhamdulillah wr wb9
Read more...

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 12 September 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©