Rabu, 17 November 2021

Materi ajar Tema 5 subtema 3 pb 5&6 (Rabu, 17 November 2021)

| | 0 komentar

  Hari/Tanggal                           : Rabu, 17 November 2021

Kelas                                       : IV
Tema                                       : 5 (Pahlawanku)

Subtema                                  : 3  Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran                           : 5 dan 6

Alat peraga                              : Video dan gambar

Tujuan Pembelajaran

 

  1. Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran tentang sikap kepahlawanan Sultan Iskandar Muda dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat.
  1. Setelah berlatih dan mengamati contoh dari guru, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu "Hari Merdeka".
  1. Setelah berlatih dan mengamati contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu "Hari Merdeka" dengan tinggi rendah dan tempo yang sesuai.
  1. Setelah berdiskusi dan melakukan simulasi, siswa mampu mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila.

 Assalamu'alaikum, 


Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition

my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 


 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari subtema 2 tentang pahlawanku kebanggaanku, sekarang kita akan belajar Tema 5 subtema 3 tentang sikap kepahlawanan, yang akan kita pelajari di pembelajaran 5 dan 6 yaitu menerapkan sikap kepahlawanan dari tokoh pahlawan Nasional, Sultan Iskandar Muda serta Kakek Penyelamat Tanpa 
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiii

 

Ringkasan Materi

Pembelajaran 5

 

Salah satu tokoh yang berjuang untuk  kemakmuran rakyatnya adalah Sultan Iskandar Muda. Bagaiman perjuangan Sultan  Iskandar?

 


Sultan Iskandar Muda, mengabdikan seluruh hidupnya bagi negara dan kebesaran bangsa. Beliau sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh. Bagaimana seluruh rakyat di Aceh menikmati kesejahteraan yang berkeadilan dan meraih kemerdekan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Ayo, Menyanyikan lagu Hari Merdeka!


Pembelajaran 6

Setiap orang bisa menjadi pahlawan, asalkan dia melakukan hal-hal yang  berguna untuk lingkungannya. Apakah sikap yang dimiliki sosok di bawah ini mencerminkan sikap kepahlawanan?



 Latihan Hari Ini

Sultan 

Setelah mempelajari sikap kepahlawanan dari tokoh Sultan Iskandar Muda serta Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih, Buatlah video kesimpulan dengan gaya bahasamu sendiri tentang sikap kepahlawanan yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tetap sehat dan semangat selalu anak sholeh dan sholehah

Read more...

Senin, 15 November 2021

Materi ajar tema 5 subtema 3 pb 3&4 (selasa, 16 november 2021)

| | 0 komentar

 Hari/Tanggal                           : Selasa, 16 November 2021

Kelas                                       : IV
Tema                                       : 3 (Pahlawanku)

Subtema                                  : 3  Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran                           : 3 dan 4

Alat peraga                              : Video dan gambar


Tujuan Pembelajaran

1.             Setelah membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, siswa mampu

menulis informasi tentang hal-hal yang sudah diketahui dan yang ingin

diketahui lebih lanjut dengan tepat.

2.            Setelah berdiskusi, siswa mampu membandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca teks nonfiksi dengan benar.

3.            Setelah berdiskusi, siswa mampu menganalisis sikap yang sesuai dengan Pancasila dengan terperinci.

4.            Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri  mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan runtut.


Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari subtema 2 tentang pahlawanku kebanggaanku, sekarang kita akan belajar Tema 5 subtema 3 tentang sikap kepahlawanan, yang akan kita pelajari di pembelajaran 3 dan 4 yaitu menerapkan sikap kepahlawanan dari tokoh pahlawan Nasional, yaitu Bung Tomo

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

 

Ringkasan Materi

Pembelajaran 3


Masih ingatkah kamu dengan perjuangan para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan? Bagaimana sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Bagaimana pengaruh sikap kepahlawanan mereka terhadap masyarakat disekitarmu?

Ayo, kita buat urutan atau lini masa perjuangan dan sikap kepahlawanan mereka!


Berikut adalah contoh sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api, bacalah teks berikut dalam hati!

 


Pahlawan Tanpa Tanda 

Sikap kepahlawanan pun dimiliki oleh mereka yang bekerja di kapal selam.

Mereka menjaga perairan Indonesia tetap terjaga dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya kapal selam menggunakan sebuah ‘jendela’ yang membantunya

melihat keadaan sekeliling. Jendela ini berfungsi seperti mata pengintip.

‘Jendela’ pada kapal selam ini disebut periskop.

Periskop bisa kita buat secara sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang ada. Kamu juga bisa berkreasi untuk menghias periskop yang kamu buat.

Ayo, membuat periskop bersama teman dan gurumu! 



Pembelajaran 4


 

Bung Tomo

Sutomo, yang lebih dikenal dengan  sapaan akrab Bung Tomo, adalah seorang pahlawan. Beliau terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat

untuk menantang kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu diakhiri dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di  Surabaya.  Beliau merupakan pembakar semangat juang rakyat untuk bertempur sampai titik darah penghabisan. Beliau berjuang mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsan yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

 

Latihan Hari ini

 

Petunjuk soal, tulislah jawabannya saja berdasarkan teks diatas (tentang Bung Tomo)  dengan huruf tegak bersambung

  1. Tuliskan sikap-sikap Bung Tomo!
  2. Apakah sika-sikap Bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila ?

 

 

Tetap sehat dan semangat ananda sholeh dan sholehah 

 

Read more...

Minggu, 14 November 2021

Materi Ajar Tema 5 Subtema 3 pb 1&2 (Senin, 15 November 2021)

| | 0 komentar

 Hari/Tanggal                           : Senin , 15 November 2021

Kelas                                       : IV
Tema                                       : 5 (Pahlawanku)

Subtema                                  : 3  Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran                           : 1 dan 2

Alat peraga                              : Video dan gambar


Tujuan Pembelajaran

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan sikap kepahlawanan dan menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila dengan benar.

2. Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi panjang pendek nada pada teks lagu dengan benar.

Setelah berlatih, siswa menyanyikan lagu “Hari Merdeka” sesuai panjang pendek nada dan tempo yang benar.

3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Pattimura dan yang dimiliki oleh raja-raja pada masa kerjaan Islam serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci.

4. Setelah melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.



Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari subtema 2 tentang pahlawanku kebanggaanku, sekarang kita akan belajar Tema 5 subtema 3 tentang sikap kepahlawanan, yang akan kita pelajari di pembelajaran 1 dan 2, yaitu menerapkan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

Ringkasan Materi  

Pembelajaran 1






Salah satu peninggalan raja-raja pada masa Islam yang diwariskan adalah sikap kepahlawanan. Sikap ini memengaruhi sikap para pejuang pada masa penjajahan Belanda.

 



Banyak pahlawan dari berbagai wilayah di Indonesia yang berjuang demi kemerdekaan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekarang kamu akan mengenal beberapa pahlawan nasional. Bagaimana perjuangan mereka?

Selain Pattimura, Indonesia memiliki pahlawan nasional lainnya, yaitu Bung Tomo.



Salah satu hal yang membedakan mobil Bung Tomo dengan mobil sekarang adalah posisi kaca spion. Mobil Bung Tomo hanya memiliki satu kaca spion yang berada di dalam mobil.

 Salah satu bagian mobil yang penting adalah kaca spion. Kaca ini bisa menghasilkan bayangan yang lebih kecil dari ukuran benda sebenarnya.

Tahukah kamu bagaimana sifat cermin? Bagian lain dari mobil adalah lampu.

Pada lampu terdapat permukaan cekung yang menyerupai cermin cekung.

Cermin cekung ini berfungsi untuk memfokuskan cahaya sampai jarak jauh.



Pembelajaran 2


Setelah kamu mempelajari sikap kepahlawanan, tentunya kamu merasa bangga terhadap mereka. Tulislah sikap-sikap kepahlawanan yang sudah kamu pelajari.




Berkat perjuangan para pahlawan, Indonesia mencapai kemerdekaannya.

Coba bayangkan seandainya para pahlawan tidak berjuang? Apa yang akan terjadi?

Sekarang, nyanyikan lagu “Hari Merdeka”!



Berikut adalah lagu Hari merdeka



Untuk tugas hari ini silahkan dikerjakan PENILAIAN HARIAN SUBTEMA 2 YAA
Beriku link PH nya



Dilanjutkan dengan mengerjakan soal PPKN di halaman 106yang ada dibuku cerdasnya ya. 


Read more...

Kamis, 11 November 2021

Materi Ajar Pembulatan dalam ukuran panjang (Jum'at/12 November 2021)

| | 0 komentar

 Hari/tanggal : Jum'at, 12 November 2021

Kelas/semester : IV/ 1 (ganjil)

Topik        : Matematika

Pembahasan    :  Pembulatan dalam pengukuran Panjang

 Tujuan Pembelajaran   

1. Siswa mampu memahami tentang pembulatan dalam pengukuran panjang

2. Siswa dapat mengerjakan soal dalan satuan ukuran panjang

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Jum'at yang lalu kalian sudah mempelajari materi tentang pembulatan bilangan ke atas dan ke bawah, dan hari ini kita lanjutkan ya ke pembulatan dalam pengukuran panjang . mari kita simak penjelasan berikut ini!

Sebelum membahas tentang pembulatan hasil pengukuran panjang, kita harus mengenal alat dan satuan pengukuran panjang. 


Alat Pengukuran Panjang
Alat untuk mengukur panjang disesuaikan dengan panjang benda yang diukur. Contoh alat pengukuran panjang adalah meteran dan penggaris. Beberapa jenis meteran yang sering digunakan adalah:
1) Meteran pita
Meteran pita digunakan untuk mengukur panjang dan lebar lembaran kain dan sering digunakan oleh penjahit.
 

2) Meteran rol besar
Meteran rol besar biasa digunakan sebagai alat untuk mengukur panjang dan lebar tanah. 

3) Meteran saku (rol kecil)
Meteran saku (rol kecil) digunakan untuk mengukur bangun atau benda yang panjangnya kurang dari 10 meter. Orang yang sering menggunakan alat ini adalah tukang bangunan. Alat ini dinamakan meteran saku, karena dapat dimasukkan ke dalam saku dan dibawa ke mana-mana.

 
 Diagram tangga di atas berarti: setiap turun satu tangga dikalikan 10 dan setiap naik satu tangga dibagi 10.

Berdasarkan diagram di atas, maka diperoleh:
1 km = 10 hm 
1 hm = 100 m = 10 dam 
1 dam = 1.000 cm = 100 dm = 10 m 
1 m = 100 cm = 10 dm 
1 dm = 10 cm 
1 km = 100.000 cm = 10.000 dm 
1 km = 1.000 m = 100 dam
10 mm = 1 cm
100 cm = 10 dm = 1 m
1.000 dm = 100 m = 10 dam = 1 hm
10 m = 1 dam
10 dam = 1 hm
100 dam = 10 hm = 1 km
 
 
Contoh soal:
Ubahlah satuan panjang berikut ini
1. 15 m = ... cm
jawab :
karena turun dua tangga, 15 dikali 100
maka : 15 m = 15 x 100 cm
                     = 1.500 cm
 
2. 60.000 m = ... km
Jawab :
Karena naik tangga, 60.000 dibagi 1.000.
60.000 m = 60.000/1.000 km
                = 60 km
 
jadi, 60.000 m = 60 km
 
TUGAS HARI INI
Kerjakan soal berikut ini!
 
1. 40 km = ... m
 
2. Panjang jalan slamet Riyadi adalah 45 km. berapa dekameter panjang jalan tersebut?
 
3. 4 km = ... cm
 
4. Panjang Sebuah pagar rumah adalah 1.500 dm. Berapa meter (m) panjang pagar rumah tersebut?

5. 65.000 m = ... km


Selamat mengerjakan dan selalu jaga kesehatan ya anak soleh solehah
jadi, 15 m = 1.500 cm


Read more...

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 12 September 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©