Muatan Pelajaran :IPA (KD 3.2); Bahasa Indonesia (KD .3.7) ; SB DP (KD 3.2, IPS (KD 3,4) Dan PPKN (KD. 3.2)
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan penilaian harian siswa dapat mengukur kemampuan dalam materi di tema 6.
2. DSiswa dapat mengerjakan soal PH dengan tepat dan benar.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VI C di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin
di pembelajaran 5&6 kita sudah mempelajari materi mempraktekan lagu aku
cinta lingkunganku dengan tangga nada mayor dan juga menjelaskan cara
menyikapi ciri-ciri di masa pubertas.
sekarang
kita melanjutkan penilaian harian di subtema 1 ini, sebelumnya mari kita review materi pembelajaran sebelumnya di subtema 1 ini.
Mari kita simak video pembelajaran hari ini
Tema 6 Subtema 1 (Masyarakat Peduli Lingkungan)
Rangkuman Materi PPKn
Contoh kewajiban sebagai warga negara antara lain
1) Bekerja bakti membersihkan selokan
2) Menanam pohon di pingir jalan
3) Membayar pajak
4) Melaksanakan ronda malam
Kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari
1) Kewajiban untuk menaati peraturan.
2) Kewajiban untuk menghargai orang lain.
3) Mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan dan kebersihan.
Cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan
1) Tidak membuang sampah sembarangan.
2) Melakukan reboisasi.
3) Menjaga dan melestarikan tanaman yang dilindungi.
Kewajiban mengikuti pendidikan dasar
1) Belajar dengan sungguh-sungguh merupakan salah satu kewajiban sebagai warga negara.
2)
Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap warga negara
Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
pasal 31 ayat (2).
3) Bunyi pasal 31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu
“Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”.
Upaya pemerintah memperbaiki pendidikan di negara kita
1) Mewajibkan warga mengikuti pendidikan dasar 9 tahun
2)
Memperbaiki fasilitas pendidikan misalnya memperbaiki gedung-gedung
sekolah yangrusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan
pengajar-pengajar atau guru yang profesional.
Kewajiban
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Kewajiban siswa di lingkungan sekolah
1) Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
2) Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
3) Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.
4) Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
5) Menghormati guru dan saling menghargai antarsesama murid.
6) Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
7) Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
8) Memberikan keterangan sakit, izin atau alpa dari orang tua bahwa anak berhalangan hadir di sekolah.
Kewajiban siswa di lingkungan rumah
1) Kewajiban belajar
2) Kewajiban membantu orang tua
3) Kewajiban menjalankan perintah agama
Kita harus berusaha melaksanakan kewajiban.
Menjalankan kewajibanku tersebut dapat menjadikanku pribadi yang disiplin.
Rangkuman Materi IPA
Masa puber adalah tahap perkembangan manusia di mana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.
Ciri-ciri anak perempuan pada masa puber.
1) Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
2) Suara jadi melengking
3) Payudara membesar
4) Pinggul membesar
Ciri-ciri anak laki-laki pada masa puber.
1) Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
2) Suara jadi membesar
3) Tumbuh jakun
4) Tumbuh kumis, jambang, dan janggut
Rangkuman Materi IPS
Makna proklamasi bagi Bangsa Indonesia
1) Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
2) Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3) Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
4) Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Cara memaknai kemerdekaan sebagai warga masayarakat
1) Belajar dengan giat
2) Mengikuti berbagai perlombaan
3) Menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat.
Upaya untuk mengisi kemerdekaan
1) Rajin beribadah sesuai agama
2) Belajar dengan giat, rajin dan tekun
3) Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat
4) Saling menghormati antar sesama
5) Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
6)
Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam
kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah Ikut
berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia
Unsur-unsur poster
1. Judul
Judul
poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus
mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran
huruf yang digunakan dalam membuat poster. Judul poster sebaiknya dapat
terbaca dari jarak sekitar 2 meter. Contoh judul poster yang dapat
dibuat adalah Cara Menyikapi Ciri-ciri Pubertas.
2. Informasi (Isi)
Isi
poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya
dibuat dalam bentuk poin- poin sehingga lebih efektif dan efisien.
Ukuran huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan.
Isi poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter. Contoh
isi poster yang dapat dibuat berdasarkan judul di atas yaitu pengertian
pubertas, ciri kelamin sekunder pada pubertas, dan cara menyikapi
ciri-ciri pubertas.
3. Gambar
Gambar
membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga
memperjelas isi poster. Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan
judul poster. Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat
memperjelas isi poster.
4. Sumber (Daftar Pustaka)
Informasi
dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari
berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau
internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah
sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster.
Contoh penulisan daftar pustaka dari buku dengan satu orang penulis sebagai berikut.
a. Nama penulis. Tahun. Nama buku. Kota penerbit: Nama penerbit.
b.
Nama penulis ditulis nama belakangnya terlebih dahulu, lalu diikuti
tanda koma dan nama depan penulis. Judul buku ditulis miring (italic).
Kampung Rawajati
1) Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos.
2)
Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang
terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil
olahannya sehingga dapat terurai secara alami.
3)
Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan
dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah
tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
4) Sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami.
5)
Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang
kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik,
botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya.
Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua
1) Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman.
2) Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.
3) Perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.
Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
1) Kata kunci: Kepedulian remaja
Perkiraan informasi dalam teks berdasarkan kata kunci: Bacaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja
2) Kata kunci: Bentuk Kepedulian lingkungan
Perkiraan informasi dalam teks berdasarkan kata kunci: bacaan berisi tentang kegiatan untuk menjaga lingkungan.
Sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya
1) Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2) Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
3) Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
4) Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.
Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas
1) Kata kunci pada bacaan adalah aktivis peduli lingkungan dan kumpulkan koran bekas.
2)
Informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci adalah terdapat aktivis
yang peduli dengan lingkungan dengan cara mengumpulkan koran bekas.
Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
1) Kata kunci: Bahaya pangan jajanan. Jajanan anak sekolah yang tidak sehat.
2)
Informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci: Bahaya jajanan anak
sekolah yang tidak sehat. Bahwa dalam lima tahun terakhir Badan POM,
menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil
pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen. Bahwa siswa
sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang
berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah
untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat.
Rangkuman Materi SBdP
Interval nada
1) Interval adalah sebuah jangka (langkah) dari nada ke nada lainnya.
2) Interval selalu dibatasi oleh dua nada.
3) Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang.
Nama-nama interval
Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’
1) c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
2) c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.
3) c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
4) c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
5) c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
6) c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
7) c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
8) c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.
Daerah asal alat musik
1) Angklung berasal dari Sunda Jawa Barat.
2) Gamelan bali berasal dari daerah Bali.
3) Tifa berasal dari daerah Maluku dan Papua.
4) Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara
Memainkan Interval Nada
Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan interval melodis.
Interval
harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval
melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian.
Interval
melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending
interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending
interval)
Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.
Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
1) Interval prim ( “prime”) Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.
2) Interval sekon (“secondo”) Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon
terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
3) Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
Pembelajaran hari telah selesai di subtema 1, untuk evaluasi hasil ulangan hari ini kalian masih dalam bimbingan terkait pelajaran SBDP tentang interval nada. sekitar 2 orang masih perlu bimbingan. dikarenakan masih bingung interval nada.
insya alah besok kita akan belajar di subtema 2 ya nak..
kesimpulan
Pada akhir pembelajaran ini kita dapat menyimpulkan terkait pembelajaran hak dan kewajiban, mencari kata kunci dalam sebuah paragraf, mengenal ciri-ciri masa pubertas, dan juga upaya menjaga dan mempertahankan kemerdekaan RI dan juga mengidentifikasi interval nada tangga nada mayor.
Penutup
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb
semangat belajar dan tetap mengerjakan sholat 5 waktunya ya
0 komentar:
Posting Komentar