Muatan Pelajaran : PPKN (3.2) ; IPS (3.4) ; BAHASA INDONESIA (3.7) , IPA (3.2), IPA ( 3.3)
Tujuan Pembelajaran 1
1.Dengan kegiatan membaca tentang hak sebagai warga negara, siswa dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berlatih menentukan kalimat utama dan gagasan utama, siswa dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi dengan tepat.
3. Dengan kegiatan berdiskusi tentang ketentuan pasal-pasal, siswa dapat menuliskan pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur tentang hak warga negara Indonesia dengan tepat.
4. Dengan kegiatan menulis perilaku warga negara Indonesia, siswa dapat menuliskan perilaku warga negara Indonesia sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dengan tepat.
Tujuan Pembelajaran 2
1. Dengan kegiatan membaca teks nonfiksi, siswa dapat menjelaskan informasi tentang tari kreasi dengan tepat.
2. Dengan kegiatan diskusi tentang gagasan utama yang terdapat dalam teks nonfiksi, siswa dapat menjelaskan informasi penting berdasarkan gagasan utama yang terdapat pada teks nonfiksi dengan tepat.
3. Dengan kegiatan berdiskusi pengelompokkan usia anak-anak dan remaja, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan antara usia anak-anak dan usia remaja dengan tepat.
4. Dengan kegiatan berdiskusi tentang ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan dengan tepat.
5. Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menyimpulkan masa kanak-kanak dan pubertas dengan tepat.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VI C di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin di pembelajaran 5&6 kita sudah mempelajari materi mempraktekan lagu aku cinta lingkunganku dengan tangga nada mayor dan juga menjelaskan cara menyikapi ciri-ciri di masa pubertas.sekarang kita melanjutkan penilaian harian di subtema 1 ini, dan dilanjutkan ke tema 6 Subtema 2 pembelajaran 1 dan 2
Mari kita simak video pembelajaran hari ini
Video Pembelajaran 1
Video Pembelajaran 2
PKN
Hak Sebagai Warga Negara Indonesia
Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia.
Bahasa Indonesia
jenis teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benarbenar terjadi. Teks nonfiksi tersebut terdiri atas lima paragraf yang setiap paragrafnya terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran. Dalam setiap paragraf terdapat gagasan utama, baik tertulis maupun tersirat. Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan utama setiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.
SBdP
Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian. Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu. Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan,
dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.
Contoh Tari Tunggal (Tari Merak Jawa barat) Tari Pendet Dari Bali
Tari Remo (dari Jawa Timur) Tari Klana Topeng (dari Jogjakarta)
IPA
Berikut ini adalah ciri-ciri masa kanak-kanak bagi perempuan dan laki-laki
Refleksi & evaluasi
Pembelajaran hari telah selesai di subtema 2 pembelajaran 1 dan 2, untuk evaluasi hari ini kalian masih dalam bimbingan terkait pelajaran SBDP tentang interval nada. sekitar 2 orang masih perlu bimbingan. dikarenakan masih bingung tentang pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara
Indonesia. .
Evaluasi hari Ini
insya alah besok kita akan belajar di subtema 2 Pembelajaran 3 ya nak..
kesimpulan
Pada akhir pembelajaran ini kita dapat menyimpulkan terkait pembelajaran hak dan kewajiban, mencari kata kunci dalam sebuah paragraf,ciri-ciri masa kanak-kanak bagi perempuan dan laki-laki dan juga upaya menjaga dan mempertahankan kemerdekaan RI dan juga mengidentifikasi ragam tari kreasi di Indonesia
Penutup
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb
semangat belajar dan tetap mengerjakan sholat 5 waktunya ya
0 komentar:
Posting Komentar