Welcome to Second Semester TP. 2023/2024
day / Date: : Selasa, 16 Januari 2024
Lesson : Tematik
Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana)
Subtema 1 : masyarakat peduli lingkungan
Pembelajaran : 4
Muatan Pelajaran :IPA (KD 3.2); Bahasa Indonesia (KD .3.7) ; SB DP (KD 3.2)
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan kepedulian terhadap lingkungan.
2. Dengan kegiatan mengamati syair lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat menjelaskan interval nada pada sebuah lagu dengan tepat.
3. Dengan kegiatan membaca tangga nada, siswa dapat menjelaskan cara memainkan interval pada sebuah lagu dengan tepat.
4. Dengan kegiatan membaca bacaan “Dampak Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan”, siswa dapat menyebutkan kata kunci pada judul teks nonfiksi dengan tepat.
5. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara tertulis dengan tepat.
6. Dengan mengamati dan berdiskusi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan laki-laki, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan anak laki-laki dengan tepat.
Apersepsi
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin di pembelajaran 3 kita sudah mempelajari materi pemahaman bacaan serta memahami upaya kita dalam mempertahankan kemerdekaan RI
sekarang kita melanjutkan pembelajaran 4 mengenal lagu dan not dari aku cinta lingkungan ku dan mengenal ciri-ciri masa pubertas
Mari kita simak video pembelajaran hari ini
Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan sebagai do atau C adalah do. Interval lagu berkaitan dengan tangga nada.
Tahukah kamu jarak nada pada C mayor? Bacalah bacaan berikut. Mari kita ingat kembali tangga nada mayor berikut.
Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh
c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 1⁄2 1 1 1 1⁄2
3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangkatersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua.
Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.
c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.
c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.
IPA
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?
Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?
Latihan
tuliskan ciri-ciri pubertas pada perempuan sesuai dengan kotaknya
ttuliskan ciri-ciri pubertas pada laki-laki sesuai dengan kotaknya
REfleksi & Evaluasi
Pada pembelajaran SBDP mengenai interval nada masih ada 2 orang siswa yang belum memahmi not angka pada lagu aku cinta lingkunganku, dikarenakan sedang sakit. untuknya akan diberikan bimbingan saat masuk sekolah nanti.
Kesimpulan
pembelajaran hari ini telah mengenal ciri-ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan serta memahami interval nada dengan tepat. Kalian telah mengenal perubahan yang terjadi pada ciri-ciri masa pubertas baik laki-laki dan perempuan
Penutup
demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat,
wassaamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar