Selasa, 23 Juli 2024

Materi Ajar Rabu, 24 Juli 2024

| |

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hari/Tanggal : Rabu, 24 Juli 2024

Kelas : 4A

Mapel : IPAS & Seni Budaya

Capaian Pembelajaran yang Seni Budaya :

peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:

1. 1 Mengidentifikasi dan memperagakan gerak tari


Fokus materi : Memperagakan tari merak

Capaian Pembelajaran IPAS :

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:
1. 1   
Peserta  didik dapat  menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan

      Fokus materi : bagian tubuh tumbuhan


Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa sebelum belajar




Materi IPAS

Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya
Sama seperti anggota tubuh kita, bagian tubuh tumbuhan juga
memiliki peran dan fungsinya masing-masing.
 

Akar adalah bagian yang penting bagi tumbuhan. Jika akar dipotong,
maka tumbuhan tidak bisa mengambil nutrisi dari dalam tanah dan akan mati. Ada 2 jenis akar pada tumbuhan yaitu akar serabut dan akar tunggang. 
Akar juga bisa menjadi tempat menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan seperti wortel. Tanaman wortel memiliki jenis akar tunggang. Tanaman ini menyimpan cadangan makanannya di dalam akar. Jadi jika kalian memakan wortel, sebenarnya kalian memakan akar loh!

Agar lebih jelas perhatikan video penjelasan berikut ini





Tugas!
1. Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai... 
2. Untuk menyalurkan air dan makanan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan adalah....



Materi Seni Budaya

Tari merak dikenalkan ke pentas seni secara lebih luas oleh seniman Sunda yang bernama Raden Tjetjep Soemantri. Tarian merak merupakan tari modern atau kontemporer, dimana setiap gerakan dalam tarian ini diciptakan secara bebas dengan kreasi sendiri.

Tari ini bukan tarian tradisional atau tarian klasik. Namun karena keindahan gerakannya, tarian ini mampu menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia secara luas.


Kesenian tari merak adalah penerapan dan kehidupan atau tingkah laku seekor burung merah. Lebih spesifik lagi, tari ini diambil dari perilaku burung merak jantan ketika ingin memikat burung merak betina. Salah satu gerakan indah yang ditampilkan adalah gerakan burung merak jantan yang memperlihatkan keindahan bulu ekornya.

Gerakan ini bertujuan untuk menarik perhatian burung merak betina. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, tarian ini mengalami beberapa perubahan gerak dari aslinya. Pda pementasannya, tari merak dilakukan secara berpasang-pasangan.

Setiap penari memiliki peranan masing-masing,, yaitu sebagai merak jantan dan merak betina. Setiap gerakan penari diiringi oleh musik tradisional bernama gending macan ucul.

Iringin gamelan ini memberikan tempo kepada penari untuk mengerakkan tubuhnya secara gemulau layaknya perilaku burung merak sehari-hari. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan sangat indah dan mempesona.

Agar lebih paham tentang gerak dasar Tari merak. Mari kita simak video nya ya.. 



Refleksi & evaluas

Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar materi IPAS tentang mengenal bagian dan fungsi tumuhan  dan juga materi Seni Tari tentang pengenalan Tari merak. 

Dari pembelajaran hari ini. Kalian sudah cukup memahami dari materi-materi di atas. semoga anak sholeh sholehah mampu untuk mangingat dan memahami materi yang di jelaskan.


Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat. 




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar Jum'at 13 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©