Senin, 22 Juli 2024

Materi Ajar Selasa, 23 Juli 2024

| |

 

 
ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hari/tanggal : Selasa, 23 Juli 2024

Mapel : Matematika & Pendidikan Pancasila

Capaian Penbelajaran Matematika :

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.1  Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah

       Fokus Materi : Membandingan dan mengurutkan bilangan

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :

Peserta didik mampu memahami dan menyebutkan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
1. 1 Peserta didik mengidentifikasi contoh penerapan Sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
      Fokus materi : contoh penerapan Sila-sila Pancasila

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk belajar




Materi Matematika
Apresepsi

Masih ingatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin??
kemarin kita sudah belajar tentang bilangan cacah sampai 10.000
untuk dapat mengingat lagi, siapakah yang bisa menjawab pertanyaan berikut?
12.089 dibaca dua belas ribu sembilan puluh delapan

Baik, jika sudah mengingat kia akan melanjutkan pembelajaran hari ini.

Slamet dan Ibu akan membuat jus buah.
Mereka pergi ke pasar tradisional untuk membeli buah.
Ibu Slamet membeli buah manggis dan apel.
Ibu Slamet membeli setengah kilogram manggis dengan harga Rp7.500,00
dan seperempat kilogram apel dengan harga Rp6.750,00


Amati gambar di atas. Pernahkan kalian pergi ke pasar tradisional? Apakah
kalian mengetahui harga buah di pasar? Tentunya harga yang ditawarkan
di tiap kios pasar dapat berbeda. Jika di kios A harga bengkoang sebesar
Rp7.500,00 dan di kios B sebesar Rp8.750,00, kios manakah yang akan kalian
putuskan sebagai tempat membeli? Mengapa kalian memutuskan untuk 
membeli di tempat itu?

Tentu kalian memutuskan untuk membeli bengkoang di kios A karena lebih murah.

Bandingkan angka pada tempat ribuan.
Angka pada tempat ribuan untuk 8.750 adalah 8.
Angka pada tempat ribuan untuk 7.500 adalah 7
Karena 8 lebih dari 7. Jadi, 8.750 lebih dari 7.500.
Dapat ditulis 8.750 > 7.500. Keterangan: untuk tanda “>” dibaca lebih dari

Perhatikan bilangan 4.352 dan 4.365, selanjutnya kita bandingkan nilai tempat
dari kedua bilangan tersebut.

Angka pada tempat puluhan untuk 4.352 adalah 5.
Angka pada tempat puluhan untuk 4.365 adalah 6.
Karena 5 kurang dari 6. Jadi, 4.352 kurang dari 4.365.
Dapat ditulis 4.352 < 4.365. Keterangan: untuk tanda “<” dibaca kurang dari.
Perhatikan bilangan 4.352 dan 4.355, selanjutnya kita bandingkan nilai tempat
dari kedua bilangan tersebut. 

Tugas!
Bandingkan bilangan berikut dan temukan yang lebih besar!
a. 5.734 dan 4.312
b. 5.614 dan 5.368
c. 7.124 dan 7.197

Materi Pendidikan Pancasila

Apersepsi

Masih ingatkah kalian bunyi sila dalam Pancasila? 
Dan simbol-simbol nya? 

Mari kita bahas satu persatu yaa.. 

Sila pertama Pancasila yang berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" memiliki simbol bintang dengan lima sudut dan berlatar hitam. 

Maknanya yaitu Tuhan Yang Maha Esa sebagai cahaya bagi kehidupan manusia


Lambang Rantai Emas pada Sila Ke-2

Sila ke-2 Pancasila berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" memiliki simbol berbentuk tali rantai dengan bentuk rantai bulat dan persegi. 

Makna yang terkandung dalam simbol rantai emas ini adalah manusia saling membutuhkan satu sama lain. 

Lambang Pohon Beringin pada Sila Ke-3

Sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki simbol bergambar pohon beringin. 

Makna pohon beringin ini adalah bangsa Indonesia menjadi tempat berteduh seluruh masyarakat Indonesia, dan mencerminkan persatuan dan kesatuan Indonesia. 


Lambang Kepala Banteng pada Sila Ke-4


Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" memiliki simbol berbentuk kepala banteng. 

Banteng menjadi simbol hewan yang kuat dan sering berkelompok atau berkumpul.

Ini bermakna bahwa masyarakat harus bermusyawarah dan berkumpul untuk mengambil suatu keputusan. 


Lambang Padi dan Kapas pada Sila Ke-5

Sila ke-5 Pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" memiliki simbol padi dan kapas. Padi dan kapas adalah sumber kebutuhan bagi rakyat Indonesia. Padi melambangkan makanan pokok, dan kapas melambangkan kebutuhan sandang. 

Makna dari simbol padi dan kapas ini adalah negara Indonesia bersungguh-sungguh menyejahterakan rakyat tanpa membeda-bedakan status sosial dan ekonomi. 

Agar lebih jelas dalam contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari.. Mari kita simak video berikut ini ;


Tugas ;

Berikan contoh yang lain dalam penerapan di kehidupan sehari-hari kemudian tempelkan di dalam kotak hexagon seperti contoh dibawah ini. 


Refleksi dan evaluasi :


Baik ananda soleh solehah untuk pembelajaran hari ini kita telah belajar Matematika tentang membandingkan dan mengurutkanbilangan, dan juga pendidikan Pancasila tentang contoh penerapan Sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Alhamdulillah dari dua materi diatas kalian sudah dapat memahami dengan baik materi yang miss sampai kan.. Semoga kalian tetap terus semangat belajar nya yaa.. 


Penutup :

miss akhiri pembelajaran kita hari ini.. 

Wassalamualaikum wr wb 🥰🥰

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar Jum'at 13 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©