Rabu, 25 September 2024

Materi ajar Rabu 25 September 2024

| |

 

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hari/Tanggal : Rabu, 25 September 2024

Kelas : 4 A

Mapel : IPAS & Seni Budaya

Capaian Pembelajaran IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari;


Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS:

1. 1 Peserta didik dapat mengidebtifikasi perubahan wujud zat serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari 

      Fokus materi : proyek Perubahan wujud zat

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar

Capaian Pembelajaran yang Seni Musik :

Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola bunyi, nada, dan irama baik yang menggunakan anggota tubuh maupun yang menggunakan alat musik ritmis dan melodis.

Tujuan Pembelajaran (TP) Seni musik:

1. 1 Mengidentifikasi alat musik ritmis dan melodis

Fokus materi : contoh alat musik ritmis dan melodis

Apresepsi

Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....

Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??

sebelum masuk materi hari ini yuk kita bernyanyi bersama


Macam-macam Perubahan Wujud Benda

Jenis- jenis benda yang memiliki sifat dan karakteristik di atas juga akan mengalami perubahan bentuk wujud yang bermacam- macam sesuai dengan kondisi yang mempengaruhinya. Perubahan wujud pada benda ini bisa bermacam-macam karena setiap zat benda juga memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya memerlukan proses perubahannya masing-masing. Berikut ini macam-macam perubahan wujud sebuah benda yang perlu kalian ketahui agar bisa memaksimalkannya untuk kebutuhan sehari-hari di lingkungan sekitar:  

1. Mencair

Mencair adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi benda cair. Agar dapat terjadi perubahan wujud mencair maka memerlukan panas atau kalor yang mempengaruhi zat benda tersebut. Perubahan wujud ini juga biasa kita kenal dengan istilah meleleh. Contohnya melelehkan coklat batangan menjadi lebih kental dengan memanaskannya di kompor.  

2. Membeku

Membeku adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi benda padat. Perubahan wujud membeku bisa dibilang kebalikan dari mencair. Itu artinya proses perubahan wujud dengan membeku akan melepaskan panas pada suhu yang dingin, berkebalikan dari mencair. kalian  pasti pernah membekukan air di freezer menjadi es batu atau membekukan bahan cair lainnya. 

3. Menguap

Menguap adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi zat gas. Menguap adalah perubahan wujud yang memerlukan kalor atau pemanasan. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada zat cair saja, namun juga bisa terjadi di dalam tubuh manusia. Contohnya saat  berkeringat, maka keringat akan menguap dan mendingin dari tubuh kita. Yang paling sering kita lihat adalah ketika merebus air maka saat mendidih akan mengeluarkan uap. 

4. Mengembun

Mengembun adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda gas menjadi benda cair. Pengembunan terjadi pada gas di udara yang dingin atau suhu rendah menjadi butiran-butiran air. Perubahan wujud ini termasuk dalam proses yang melepaskan kalor karena membutuhkan suhu yang rendah. kalian bisa melihat embun pada daun-daun rumput di pagi hari atau gelas kaca yang mengembun karena berisi air dingin atau es batu.  

5. Menyublim

Menyublim adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi material gas. Proses perubahan wujud dengan menyublim membutuhkan kalor atau energi panas agar benda padat tersebut bisa berubah menjadi molekul gas di udara. Misalnya jika kalian meletakan kapur barus atau kamper di suatu ruangan maka lama kelamaan akan habis benda padat itu karena menyublim ke udara.  

6. Mengkristal

Mengkristal adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada material gas menjadi material yang lebih padat. Proses perubahan wujud ini terjadi karena adanya pelepasan energi panas atau kalor pada suhu yang lebih rendah dari benda. 

Contoh-contoh Perubahan Wujud Benda

  1. Membekukan air di dalam freezer agar menjadi es batu adalah contoh perubahan wujud dengan proses pembekuan
  2. Meletakan adonan es krim dalam freezer agar menjadi es krim beku 
  3. Merebus air hingga mendidih sehingga menyebabkan perubahan dari zat cair menjadi gas yang kemudian kita kenal dengan istilah menguap. Saat merebus air, maka akan ada komponen kimia air, yaitu H20 tetap sama saat direbus yakni H20 menjadi H2 dan O2 saat menguap ke udara

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis

Dalam buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD, musik yang diciptakan beberapa alat musik ritmis adalah musik ritmis. Memainkan musik ritmis juga bisa dengan menggunakan benda yang bisa mengeluarkan bunyi, seperti alat musik ritmis sederhana yang telah disebutkan di atas.

Untuk memainkan musik ritmis diperlukan perhatian pada pola irama. Pola irama ini diwujudkan dengan tanda birama, misalnya 2/4, 3/4, dan 6/8. Tak hanya itu, seperti ini langkah-langkah memainkan alat musik ritmis:

1. Menguasai lagu yang akan dimainkan

2. Bertepuk tangan sesuai ritme pola yang benar

3. Menggunakan alat musik ritmis, sesuai lagu yang dimainkan.
Apa saja contohnya? Di bawah ini sejumlah contoh alat musik ritmis, dikutip dari berbagai sumber.

20 Contoh Alat Musik Ritmis
1. Marakas
2. Triangel

3. Drum

4. Simbal

5. Tamborin

6. Guiro

7. Kastanyet

8. Gendering

9. Gong

10. Rebana

11. Kentongan

12. Kenong

Selain itu, ada pula beberapa contoh alat musik ritmis sederhana, misalnya:

1. Galon air

2. Tutup panci yang diadu

3. Ember

4. Botol

5. Piring

6. Sendok

7. Garpu

8. Kaleng biskuit

Sementara, beberapa contoh alat musik melodis adalah piano, keyboard, biola, terompet, gitar, dan sebagainya.

Proyek IPAS
Buatlah sebuah proyek berbentuk mading  seperti pada video yang akan miss sajikan ya nak.. 

Kesimpulan


alhamdulilah materi hari ini kalian dapat mengidentifikasi perubahan wujud zat secara konkret. dan materi seni musik dapat menyebutkan alat musi ritmis dan melodis dengan baik. meskipun ada beberapa siswa yang masih keliru dalam menjawabnya


Evaluasi dan refleksi


alhamdulilah Materi hari ini berjalan lancar dan menyenangkan, untuk selanjutnya kita akan mempraktekkan perubahan wujud benda tersebut


pemutup


Pembelajaran hari miss tutup dengan

Wassalamualaikum wr wb


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 04 Oktober 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©