Selasa, 24 September 2024

Materi Ajar Selasa 24 September 2024

| |


لسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Hari/tanggal : Selasa,  24 September 2024
Kelas : 4A
Mata pelajaran : Pendidikan Pancasila & Seni Musik

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Peserta didik membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran

4.1 peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan identitasnya, keluarga dan teman-teman

Fokus materi : keberagaman di Indonesia


Capaian Pembelajaran Seni musik

Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola bunyi, nada, dan irama baik yang menggunakan anggota tubuh maupun yang menggunakan alat musik ritmis dan melodis.
alur Tujuan Pembelajaran :
1.2.1 peserta didik mampu mengidentifikasi bunyi, nada dan irama melalui alat musik ritmis
Fokus materi : alat musik ritmis
Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Apresepsi
Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??
Pendidikan Pancasila
Yukkita simak penjelasan nya


A. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

tersebut sebenarnya tidak hanya terdiri dari tiga kata, tetapi lebih panjang. Kalimat lengkapnya adalah Bhinnekatunggal ika, tan hana dharma mangrwa yang artinya adalah meskipun kita berbeda-beda, kita tetap satu jua, tidak ada hukum yang mendua.Kalimat tersebut menggambarkan keadaan masyarakat kerajaan Majapahit yangberanekaragam.

Keanekaragaman mereka terutama dalam hal agama yangdipeluknya. Mereka ada yang memeluk agama Syiwa, Budha dan kepercayaan yangtelah ada sebelumnya. Mereka hidup rukun berdampingan secara damai.

C. Bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang paling banyak memiliki suku bangsa.Selain itu, juga bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang kaya akan berbagaimacam budaya yang menjadi ciri khas setiap suku bangsa di Indonesia.

Saat ini suku bangsa yang menempati wilayah Indonesia terdiri dari 400 sukubangsa. Hampir di setiap daerah di diami oleh berbagai suku bangsa. Nah untukmemperkaya pemahaman kamu, berikut ini diketengahkan suku-suku terkenal yangada di Indonesia.

Setiap suku bangsa mempunyai kebudayaan yang beranekaragam. Kebudayaan tersebut terus berkembang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Kebudayaan setiap suku bangsa dapat dilihat dari pakaian adat, tarian daerah,lagud aerah, alat musik daerah, bahasa daerah, seni pertunjukan daerah, rumah adat,dan senjata daerah.

a. Pakaian Adat

Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Pakaian adat menunjukkan ciri khasdaerah yang bersangkutan dan membedakannnya dengan daerah lainnya.

b. Tarian Daerah

Selain pakaian adat, setiap daerah juga mempunyai tarian daerah. Suatu daerahbiasanya mempunyai lebih dari satu tarian daerah. Berbagai macam tarian daerahtersebut memiliki arti dan tujuan masing-masing. Ada tari untuk menyambut kedatangan tamu. Ada juga tarian pergaulan seperti tari Jaipong. Tarian-tarian daerah bisanya berisikan tentang nilai-nilai agama atau adatistiadat yang dipegang oleh daerah asal tarian tersebut.

C. Lagu Daerah

Setiap daerah juga mempunyai lagu daerah. Pernah kamu menyanyikan lagudaerah? Lagu daerah mana saja yang kamu hapal?

D. Bahasa Daerah

Selain mempunyai bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia, bangsa Indonesia jugamempunyai banyak sekali bahasa daerah. Bahasa daerah digunakan sebagai alatkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari daerah atau suku bangsa yangsama, sedangkan ketika berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal daridaerah lain harus menggunakan Bahasa Indonesia, supaya komunikasi dapatberjalan dengan lancar

Alat Musik Daerah

Alat musik daerah biasanya digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian daerah sertapertunjukkan-pertunjukkan tradisional. Alat musik daerah merupakan produk aslidaerah yang bersangkutan.

Rumah Adat

Setiap suku bangsa mempunyai rumah adat. Rumah adat ini biasanya digunakansebagai tempat tinggal masyarakat adat. Setiap suku bangsa memberikan istilahatau nama tertentu terhadap rumah adatnya untuk embedakannya dengan rumahadat suku bangsa atau daerah lainnya.

SENI MUSIK
Ada dua jenis alat musik, yaitu ritmis dan melodis. Alat musik ritmis adalah yang tidak bernada, namun menghasilkan irama.
Sebaliknya, alat musik melodis adalah yang berfungsi memainkan melodi lagu dan memiliki nada

Alat musik beragam bentuk dan jenisnya, ada alat musik petik, alat musik tiup, alat musik pukul, dan sebagainya. 

Namun, jenis alat musik ternyata juga dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, serta alat musik ritmis.

Nah, saat ini kita akan belajar tentang salah satu jenis alat musik melodis beserta contohnya. 

Pengertian Alat Musik Melodis

Sesuai dengan namanya, alat musik yang memiliki fungsi melodis berperan untuk menciptakan melodi dalam sebuah lagu.

Biasanya, alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki nada dan melodi, sehingga dapat digunakan pengiring pertunjukkan seni, drama, tari, dan sebagainya. 

Alat musik melodis juga bisa dimanfaatkan untuk media terapi bagi kesehatan mental, karena dapat menurunkan kadar kortisol.

 Contoh Alat Musik Melodis

1. Biola

Contoh alat musik melodis yang pertama ialah biola, yang dimainkan dengan cara digesek. Biola dimainkan dengan menggunakan bantuan dari alat gesek yang berupa busur dengan senar, bernama Bow.

2. Pianika

Pianika tergolong alat musik tiup yang memiliki tuts seperti pada piano.Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupkan udara langsung melalui lubang peniup atau melalui selang peniup. Kemudian, tuts ditekan seperti memainkan alat musik piano.

3. Saksofon

Apakah kamu pernah melihat atau memainkan saksofon, teman-teman? Saksofon merupakan alat musik tiup. Alat musik tiup ini terbuat dari logam, bentuknya seperti pipa dan berklep logam, suara yang dihasilkan hampir mirip seperti terumpet, namun memiliki warna yang berbeda. 

4. Piano

Sudah tidak asing lagi, piano merupakan alat musik yang populer di kalangan banyak orang.Berbeda dengan pianika dengan jumlah tuts lebih sedikit dan ukuran yang kecil, jumlah tuts piano, yaitu 88 dengan ukuran yang beragam.

Sementara, beberapa contoh alat musik melodis adalah piano, keyboard, biola, terompet, gitar, dan sebagainya.

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis
Dalam buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD, musik yang diciptakan beberapa alat musik ritmis adalah musik ritmis. Memainkan musik ritmis juga bisa dengan menggunakan benda yang bisa mengeluarkan bunyi, seperti alat musik ritmis sederhana yang telah disebutkan di atas.

Untuk memainkan musik ritmis diperlukan perhatian pada pola irama. Pola irama ini diwujudkan dengan tanda birama, misalnya 2/4, 3/4, dan 6/8. Tak hanya itu, seperti ini langkah-langkah memainkan alat musik ritmis:

1. Menguasai lagu yang akan dimainkan

2. Bertepuk tangan sesuai ritme pola yang benar

3. Menggunakan alat musik ritmis, sesuai lagu yang dimainkan.

Latihan soal

1. Semboyan Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa....

A. Arab   B. Jawa  C. Sansakerta    D. Bugis

2. Kalimat Bhinneka tunggal ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul....

A. Negara Kertagama   B. Sutasoma     C. Babad tanah jawi     D. Mahabarata

3. Salah satu alasan digunakannya kalimat Bhinneka tunggal ika sebagai semboyan negara adalah kondisi bangsa Indonesia yang mirip dengan kondisi kerajaan....

A. Singosari   B. Kediri    C. Sriwijaya   

D. Majapahit


Alat musik yang tidak bernada tetapi menghasilkan irama disebut sebagai alat musik ....


5.benda yang dapat mengeluarkan bunyi sebagai musik ritmis adalah ….

Kesimpulan

Alhamdulillah ananda hari ini belajar tentang keberagaman kebudayaan di Indonesia dan mengidentifikasi alat musik ritmis dengan sangat baik. 

Evaluasi dan refleksi


alhamdulilah Materi hari ini berjalan lancar dan menyenangkan, untuk selanjutnya kita akan mempraktekkan perubahan wujud benda tersebut


penutup


Pembelajaran hari miss tutup dengan

Wassalamualaikum wr wb




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 04 Oktober 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©