Identity :
Day/Date : Monday, January 06, 2025
Grade : 4 A
Lesson : Bahasa indonesia & Matematika
💫Capaian Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi
tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak
atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi
huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide
pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan
hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu
memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai
dengan topik.
💫 Tujuan Pembelajaran :
- Melalui kegiatan membaca cerita “Ditukar dengan
Apa?” peserta didik mampu mengidentifikasi permasalahan tokoh dengan baik.
- Melalui kegiatan Refleksi semester 1, Peserta didik mampu mengerjakan soal ADiKSiMBa setelah membaca cerita "Ditukar dengan Apa?"
💥Capaian Pembelajaran : Matematika
Peserta
didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.
💥Tujuan Pembelajaran :
① Memahami hukum komutatif dan asosiatif pada
operasi perhitungan.
② Menerapkan hukum distribusi yang berlaku dalam situasi konkret.
Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..
Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together
Are you Ready for Semester 2?
Welcome to Semester 2
okay anak soleh solehah 4 A, hari ini kita awali dengan menuliskan TARGET kalian di 2025 yaa.. jangan lupa diwarnai yaa agar terlihat indah,yuk kita mulai kerjakan melalui LKPD yang telah miss siapkan.
Kemudian yuk kita lanjutkan dengan merefleksi pembelajaran di semester 1 yang lalu ya nak..
Masih ingatkah kalian dengan pelajaran bahasa Indonesia di semester 1 kemarin tentang ADiKSiMBa. Hari ini kita akan membaca cerita "Ditukar dengan Apa?" pada Bab 5 halaman 115.
selanjutnya kalian akan mengerjakan refleksi terlebih dahulu dengan penggunaan pertanyaan ADiKSiMBa melalui cerita tadi yaa..
yuk kita mulai.. cari pertanyaan yang ada di balon dibawah ini sesuai urutan ADiKSiMBa yaa.. Jangan lupa baca dulu ceritanya yaa..
selanjutnya kalian akan mengerjakan refleksi terlebih dahulu dengan penggunaan pertanyaan ADiKSiMBa melalui cerita tadi yaa..
yuk kita mulai.. cari pertanyaan yang ada di balon dibawah ini sesuai urutan ADiKSiMBa yaa.. Jangan lupa baca dulu ceritanya yaa..
guntinglah kemudian tempel dibuku kalian ! lanjutkan dengan mencari jawaban informasi dari cerita yang telah kalian baca tadi ya nak..
jika sudah selesai tunjukkan ke guru mu ya..💖💖
jika sudah selesai tunjukkan ke guru mu ya..💖💖
MATEMATIKA
Alhamdulilah di semester 1 kalian sudah dapat menghafal perkalian dengan baik. nah untuk hari ini kita akan merefleksi pembelajaran di semester 1 terlebih dahulu ya nak..
Mari kita kerjakan Soal berikut ini
Mari kita kerjakan Soal berikut ini
Setelah kita pelajari perkalian dasar diatas. sekarang kita lanjutkan dengan Bab 11 tentang Kalimat Matematika & Perhitungan
1. Menyatakan Kalimat Matematika
Farida memiliki uang Rp. 50.000,00. Ia membeli buku tulis dengan harga Rp. 12.000,00 di toko alat tulis serta beli baterai kisaran harga Rp. 36.000,00 di toko alat elektronik. Berapa banyak uang dimiliki Farida yang tersisa?
dapatkah kalian menuliskan Ide farida diatas kedalam kalimat Matematika
pertama-tama, Berapa uang yang tersisa kalau aku membeli Buku tulis?
50.000 – ……. = …….
Selanjutnya bera uang yang tersisa kalau aku membeli baterai?
……. – 36.000 = …….
dapatkah kalian menuliskan Ide Ibunya farida diatas kedalam kalimat Matematika Total harga buku tulis dan baterai:
12.000 + 36.000 = ……..
maka sisa uang Farida adalah :
50.000 – ……… = ………
2. Urutan Perhitungan
- Biasanya, kalimat matematika yang dihitung dengan terurut dari kiri.
- Hitung kalimat matematika pada ( ) dahulu, apabila ada.
- Hitung perkalian serta pembagian dahulu terhadap kalimat matematika memuat +, -, x, dan :.
3. Perhitungan Bilangan Asli
Ayo rangkum cara lakukan perhitungan terhadap bilangan-bilangan asli
Latihan soal
Ayo berhitung.
1. 3064+1987 =
2. 5006+3997 =
3. 6102−2938 =
4. 4000−3016 =
5. 383×247=
6. 738×952 =
7. 2652 : 26 =
8. 6432 : 67 =
1. 3064+1987 =
2. 5006+3997 =
3. 6102−2938 =
4. 4000−3016 =
5. 383×247=
6. 738×952 =
7. 2652 : 26 =
8. 6432 : 67 =
Evaluasi & Refleksi
alhamdulilah pada pembelajaran hari ini apakah kalian suka? bagaimana perasaan nya setelah masuk di hari pertama ini semester 2 ini...
bagaimana pembelajaran kita hari ini? apakah Ananda semua sudah dapat memahaminya..
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,
Kesimpulan
Pada pelajaran matematika masih banyak siswa dan siswi yang lupa hapalan perkalian,, maka perlu diadakan bimbingan secara mandiri dan latihan soal yang banyak.
Penutup
alhamdulilah pembelajaran hari ini berlangsung dengan semangat dan lancar,, sampai jumpa esok hari ya..
Wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar