Senin, 13 Januari 2025

Materi Ajar Senin, 13 Januari 2025

| |

 

Identity    :
        Day/Date       : Monday, January 13, 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson           : Bahasa indonesia & Matematika

💫Capaian Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

💫 Tujuan Pembelajaran :
  • Melalui kegiatan mencari informasi tentang sejarah uang dalam Kehidupan manusia, peserta didik dapat mencari informasi dari berbagai sumber dengan benar.
  • Melalui kegiatan mencari informasi tentang mengamati infografik
💥Capaian Pembelajaran : Matematika
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.

💥Tujuan Pembelajaran    :

  Memahami hukum komutatif dan asosiatif pada operasi perhitungan.

  Menerapkan hukum distribusi yang berlaku dalam situasi konkret.


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together
 


Are you Ready for Semester 2?
Welcome to Semester 2
okay anak soleh solehah 4 A, Maasih ingat pembelajaran minggu lalu tentang barter? nah hari ini kit akan mengenal alat pembayaran yaitu uang.
 Mengamati Infografik
 

terkait infografik mengecek keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang. Pertama, melihat warna uang yang terlihat terang dan jelas, baik pada bagian depan maupun bagian belakang.

Uang kertas mengandung benang pengaman seperti dianyam pada uang pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu. Khusus untuk pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu akan berubah warnanya jika dilihat dari sudut pandang tertentu.

Kedua, mengecek keaslian uang dengan cara diraba. Uang kertas memiliki permukaan yang kasar apabila diraba. Permukaan yang kasar ini dapat dirasakan pada berbagai pecahan uang kertas.

Ketika, pengecekan keaslian uang dengan cara diterawang. Uang kertas memiliki tanda air (watermark) berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu. Tanda airnya berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu.

Penulisan Angka dan Nilai Rupiah

Penulisan angka dan nilai uang di Indonesia disusun dengan menyingkat Rupiah menjadi Rp dan penulisan angkanya ditempatkan tepat setelah Rp. Berikut penulisan angka dan nilai uang yang benar:

  • Penulisan nilai uang dengan angka = Rp1.000.000.

  • Penulisan nilai uang dengan huruf = satu juta rupiah.

Ayo, Menabung

Menabung adalah menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang kita miliki. Biasanya orang menabung karena ada sesuatu yang ingin dicapai atau dibelinya. Namun, menabung sebenarnya tidak memerlukan alasan. Semua orang sebaiknya memiliki tabungan. Seperti pepatah “sedia payung sebelum hujan”, lebih baik memiliki dana cadangan untuk berjaga-jaga. Menabung sebaiknya dilakukan secara rutin dan tidak menunggu uang sisa. Ada beberapa pilihan tempat untuk menabung. 1. Di celengan. Kelebihan menabung di celengan adalah bisa dilakukan sewaktu-waktu. Kamu juga bisa memasukkan berapa pun uang yang kamu miliki. 
2. Di bank. Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan rekening untuk anak-anak. Kelebihan menabung di bank adalah masalah keamanan. Selain itu, kamu tidak mudah tergoda untuk mengambil tabunganmu.
3. Di sekolah. Jika di sekolahmu ada koperasi, kamu bisa menabung di sana. Kelebihan menabung di sekolah adalah kamu bisa langsung menyisihkan uang jajanmu hari itu. 

Menabung memiliki banyak manfaat, antara lain melatih kesabaran dan kedisiplinan. Selain itu, dengan menabung berarti kita punya dana cadangan yang bisa kita gunakan saat dibutuhkan. Namun ingat, sebelum mengambil tabungan dan membelanjakannya, jujurlah kepada diri sendiri: Benarkah aku membutuhkannya? Selamat menabung!

MATEMATIKA


 1. Urutan dan Aturan Perhitungan Pada Kalimat Matematika
Untuk memudahkan pengerjaan hitung dalam matematika ada urutan pengerjaan yang harus dipatuhi sehingga pengerjaan hitung dapat menghasilkan jawaban yang tepat. Beberapa aturan yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.
  1. Biasanya, kalimat matematika dihitung secara terurut dari kiri.
  2. Pada kalimat matematika yang memuat penjumlahan,pengurangan, perkalian, dan pembagian, tetapi tidak ada tanda kurung ( ), perkalian dan pembagian dihitung terlebih dulu.
  3. Hitung perkalian dan pembagian terlebih dahulu pada kalimat matematika yang memuat +,-,×, dan :.

4. Hendra membeli 1 plastik permen seharga Rp900,00 dan 2 bungkus permen yang harganya Rp100,00 per buah. 

Sebagai cara penulisan persamaan keseluruhan (satu persamaan), disarankan untuk mengajarkannya dalam dua tahap sebagai berikut.

1. Tuliskan kalimat matematika yang menyatakan harga seluruh permen.
900 + (100 x 2 ) = ...
2. Pikirkan urutan perhitungannya.
900100 x 2
Harga 1 plastik permenHarga 2 bungkus permen
Perkalian lebih kuat dari penjumlahan sehingga perkalian dikerjakan terlebih dahulu.
900 + (100 x 2)
= 900 + 200
= 1.100
5. Harga karcis masuk taman wisata adalah Rp12.000,00 untuk satu orang dewasa dan setengahnya untuk satu orang anak. Hitunglah harga karcis masuk untuk 2 orang dewasa dan 1 anak-anak.

2 x 12.00012.000 : 2
Harga karcis untuk 2 orang dewasaHarga karcis untuk 1 orang anak
(2 x Rp 12.000,00) + (Rp. 12.000,00 : 2)
= ( Rp 24.000,00) + ( Rp. 6.000,00)
= Rp. 30.000,00
Pada kalimat matematika yang memuat penjumlahan,pengurangan, perkalian, dan pembagian, tetapi tidak ada tanda kurung ( ), perkalian dan pembagian dihitung terlebih dulu.

Latihan
Hitunglah.
1. 12 + 24 : 4
12 + 24 : 2
= 12 + 12
= 24
2. 75−10×6
75 - 10 x 6
= 75 - 60
= 15

3. 8 × 5 + 20 : 5
8 × 5 + 20 : 5
= 40 + 20 : 5
= 40 + 4
= 24

6. Ayo berhitung, tetapi kita harus hati-hati dengan urutan pehitungan. Perhatikan urutan dalam mengerjakan.
12+15 : (5−2)
Hitung kalimat matematika di atas dengan urutan perhitungan 1, 2 dan 3.
Cara menghitung:
Pertama hitunglah angka yang berada dalam kurung terlebih dahulu.
Kedua mulailah proses pembagian.
Terakhir proses penjumlahan
12 + 15 : ( 5 – 2)
= 12 + 15 : ( 3 )
= 12 + 5
= 17

Penulisan kalimat matematika dengan penggunaan tanda sama (=) seperti di atas membuat perhitungan itu menjadi lebih mudah.

Latihan
Ayo berhitung.
① 12 : 2 × 3
12 : 2 × 3
= 6 x 3
= 18
②12 : (2 × 3)
12 : (2 × 3)
= 12 : 6
= 2
③ (5 + 4) × (6 − 2)
(5 + 4) × (6 − 2)
= 9 x 4
= 36

 

2. Aturan Perhitungan
Penjumlahan
  1. Hasil penjumlahan dari 2 bilangan adalah sama, walaupun urutan kedua bilangan tersebut ditukar.
  2. Hasil penjumlahan dari 3 bilangan adalah sama, walaupun urutan penjumlahannya diganti
Perkalian
  1. Hasil perkalian dari 2 bilangan adalah sama, walaupun urutan kedua bilangan tersebut ditukar.
  2. Hasil perkalian dari 3 bilangan adalah sama, walaupun urutan perkaliannya diganti
1. Menghitung kalimat matematika A, B, C dan D dengan cara mudah. Kemudian, pikirkan mengapa kita dapat menghitungnya dengan cara seperti yang di sebelah kanannya.
A. 5 + 397 → 397 + 5
Pada (A), perhatikan bahwa angka yang akan dijumlahkan dapat ditukar posisinya. Menukar posisi dapat memudahkan perhitungan, misalnya 397 + 5 lebih mudah dihitung daripada 5 + 397.
B. 38 + 234 + 266 → 389 + (234 + 266)
Pada (B), perhatikan bahwa urutan operasi dapat ditukar. Penjumlahan 234 + 266 akan memudahkan perhitungan.
C. 55 × 248 → 248 × 55
Pada (C), perhatikan bahwa bilangan yang dikalikan dan bilangan pengali dapat ditukar posisinya. Menukar posisi dapat memudahkan perhitungan, misalnya 248 x 55 lebih mudah dihitung daripada 55 x 248.
D. 18 × 25 × 4 →18 × (25 × 4)
Pada (D), perhatikan bahwa menukar urutan perkalian dapat memudahkan perhitungan. Menggunakan fakta 25 x 4 = 100 dapat memudahkan perhitungan.
2. Ada 2 lembaran dari beberapa stiker seperti gambar di samping. Berapa banyak semua stiker tersebut?
Kadek
Ide Farida
6 x 8 + 4 x 8
= 48 + 32
= 80 lembar

Ide Kadek
( 6 + 4 ) x 8
= 10 x 8
= 80 lembar
 6 x 8 + 4 x 8 = ( 6 + 4 ) x 8 lebih mudah
Latihan
Ayo Berhitung.

1. (4 + 16) × 3

2. 5 × (14 − 9)

3. 25 × 4 + 15 × 4

4. 30 × 7 − 28 × 7

 Evaluasi & Refleksi

alhamdulilah pada pembelajaran hari ini apakah kalian suka? bagaimana perasaan nya setelah masuk di hari pertama ini semester 2 ini...
bagaimana pembelajaran kita hari ini? apakah Ananda semua sudah dapat memahaminya..
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,
Kesimpulan
Pada pelajaran matematika masih banyak siswa dan siswi yang lupa hapalan perkalian,, maka perlu diadakan bimbingan secara mandiri dan latihan soal yang banyak.
Penutup
alhamdulilah pembelajaran hari ini berlangsung dengan semangat dan lancar,, sampai jumpa esok hari ya..
Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar Wednesday 16 Januari 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©