Selasa, 15 April 2025

Materi ajar selasa 15 april 2025

| | 0 komentar

 

Identity    :
        Day/Date       : Selasa 15 April 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson    :  Matematika 

💥Capaian Pembelajaran : Matematika
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.

💥Alur Tujuan Pembelajaran    :
Peserta didik mampu mengidentifikasi konsep menghitung satuan berat

💥Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menghitung soal konversi satuan berat dengan tepat

💥Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok & Penugasan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning? 
Before study, let's Pray together

 
Satuan berat adalah ukuran yang digunakan untuk menghitung berat atau beban suatu benda. Satuan ini sangat sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kegiatan perdagangan dan pengiriman barang.





Ilustrasi anak belajar satuan berat atau timbangan
Foto: Getty Images/HappyKids

Satuan berat adalah ukuran yang digunakan untuk menghitung berat atau beban suatu benda. Satuan ini sangat sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kegiatan perdagangan dan pengiriman barang.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang apa itu satuan berat, tangga satuannya, alat pengukurnya, hingga contoh soalnya. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Satuan Berat?

Satuan berat adalah satuan yang digunakan dalam proses pengamatan atau penimbangan berat suatu objek, mengutip Maisarah dalam buku Pendidikan Matematika Sekolah Dasar. Menurut Maisarah, berat benda didefinisikan sebagai gaya gravitasi yang bekerja terhadap benda tersebut.

Satuan berat yang digunakan mula-mula sebagai standar adalah gram, yang kemudian diubah menjadi kilogram. Standar yang berlaku saat ini adalah: 1 kilogram sama dengan 1 liter air murni bersuhu 40 derajat Celcius.

Meski demikian, gram masih digunakan sebagai standar satuan berat untuk benda-benda kecil. Sementara benda-benda besar menggunakan satuan kilogram.

Menurut Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia, satuan berat mencakup miligram (mg), sentigram (cg), desigram (dg), gram (g), dekagram (dag), hektogram (hg), kilogram (kg), ons, pon, kati, kuintal, dan ton. Beberapa negara menggunakan standar ons dan pon alih-alih kilogram sebagai satuan berat.

Cara Menggunakan Tangga Satuan Berat

Seperti dijelaskan sebelumnya, Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia menjabarkan cakupan satuan berat. Nah, deretan satuan berat itu biasanya diurutkan dengan tangga satuan berat untuk mempermudah penghitungan. Berikut gambar dan penjelasannya.

Ilustrasi tangga satuan berat. Foto: dok. detikcom

Setiap tangga berbeda satu nol di bagian paling belakang. Misalnya 1 kg = 10 hg =100 dag, begitu seterusnya. Setiap turun satu tanggal, nilainya dikali 10. Sebaliknya, setiap naik satu tangga, maka nilainya dibagi 10.

Konversi Satuan Berat dari Gram dan Ton

Selain gram dan kilogram, satuan berat juga menggunakan ton, kuintal, pon, dan ons. Berikut konversi satuan berat dikutip dari buku Pintar Menghadapi Ujian Matematika.

  • 1 ons = 100 gram
  • 1 ons = 1/5 pon
  • 1 pon = 5 ons
  • 1 pon = 1/2 kg
  • 1 kg = 2 pon
  • 1 kuintal = 1/10 ton
  • 1 ton = 10 kuintal = 1.000 kg = 10.000 ons = 2.000 pon
  • 1 kuintal = 100 kg = 1.000 ons = 200 pon
  • 1 kg = 10 ons = 2 pon = 0,01 kuintal = 0,001 ton
  • 1 ons = 0,1 kg = 0,001 kuintal = 0,0001 ton
  • 1 kuintal = 0,1 ton

Alat Ukuran Satuan Berat

Berat suatu benda bisa diketahui dengan menimbangnya pada alat dengan ukuran satuan berat. Alat ukur berat pun dibagi menjadi berbagai jenis, menyesuaikan dengan benda yang ditimbang. 

1. Timbangan Gantung

Alat ini digunakan untuk menimbang berat kotor suatu benda. Benda yang ditimbang antara lain padi, beras, gabah, tepung, dan benda-benda basah seperti minyak kelapa. Ukuran alat ini relatif kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

2. Timbangan Lantai

Alat ini digunakan untuk menimbang berat benda dalam jumlah besar. Biasanya timbangan lantai digunakan di pasar, pabrik, atau tempat penggilingan padi. Ukuran alat ini besar, tetapi ada roda di bagian bawah sehingga cukup mudah dipindahkan.

3. Timbangan Bayi

Seperti namanya, timbangan ini khusus untuk mengukur berat badan bayi. Bentuknya seperti besi atau plastik cekung tempat bayi dibaringkan. Alat ini umumnya ada di rumah sakit, puskesmas, posyandu, dan rumah bersalin.

4. Timbangan Badan

Untuk orang dewasa, mereka menggunakan timbangan badan untuk mengukur berat badan. Cara kerjanya dengan dinaiki oleh orang yang bersangkutan.

5. Timbangan Bebek

Timbangan ini biasanya ditemukan di pasar untuk mengukur berat telur, beras, gula, dan minyak goreng. Alat timbangan bebek umumnya digunakan untuk keperluan dagang. Terdapat dua bagian pada timbangan ini, yakni bagian untuk benda yang diukur beratnya dan bagian untuk besi penyeimbang.

6. Timbangan Emas

Alat ini digunakan untuk menimbang perhiasan. Bentuknya seperti neraca dengan bagian tergantung di kanan dan kiri. Alat ini umumnya berada di toko emas atau toko perhiasan.

Perbedaan Satuan Ukuran Berat Baku dan Tidak Baku

Mengutip buku Dasar-dasar Matematika untuk SD/MI Kelas 4-5-6, satuan dibagi menjadi dua, yakni satuan baku dan satuan tidak baku.

Pada satuan berat, yang termasuk ukuran baku antara lain kilogram, gram, ton, ons, pon, dan kwintal. Satuan baku biasanya dipakai dalam penghitungan matematis. Sedangkan satuan berat yang tidak baku adalah mayan. Mayan digunakan untuk mengukur emas dan nilainya sama dengan 1/16 bungkal atau anak timbangan.

Contoh Soal Satuan Berat

Contoh Soal 1

6 pon + 12 kuintal + 7.200 ons = ... kilogram

Pembahasan:

  • A6 pon = 3 kilogram
  • 12 kuintal = 1.200 kilogram
  • 7.200 ons = 720 kg

Jadi, jumlahnya adalah 3 + 1.200 + 720 = 1.923 kilogram.


Latihan soal

1. Pada saat Bapak belanja ke pasar, Bapak membeli beras 3/5 kuintal, tepung terigu 20 kilogram, dan ikan laut 200 ons. Berapa kilogram semua belanjaan Bapak?

2. Ibu akan membuat adonan yang terdiri atas terigu 3 hg, gula 25 dag, dan mentega 1.000 dg. Berapa gram berat adonan tersebut?

Refleksi dan evaluasi
Pada pembelajaran hari ini masih ada beberapa siswa yang memerlukan bimbingan dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan. Untuk itu masih harus diberikan bimbingan secara mandiri dengan cara diberikan beberapa soal latihan. 

Kesimpulan
Dalam menghitung konversi satuan berat. Para siswa sering terlupa dalam penghitungan rumusnya. Maka harus diberikan beberapa soal untuk melatih mengingat rumus sesuai ketentuannya. 

Penutup
Demikian pembelajaran kita hari ini semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr wb
Read more...

Senin, 14 April 2025

Materi ajar Senin 14 April 2025

| | 0 komentar

 

Identity    :
        Day/Date       : Monday 14 April 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson    : Bahasa indonesia & Matematika

💫Capaian Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

💫 Tujuan Pembelajaran :
  • v  Peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami rima pada teks

💥Capaian Pembelajaran : Matematika
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.

💥Tujuan Pembelajaran    :

Peserta didik dapat mengidentifikasi menghitung satuan berat kelas 4


👀MEtode Pembelajaran : Diskusi & Penugasan


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together
 

Pada materi hari ini kita akan membahas bab 7 tentang asal usul nenek moyang. 

Setahun kalian membaca teks di atas kita akan membahas tentang rima

Lalu, apa itu rima?

Rima pasti selalu berkaitan dengan puisi. Karena rima merupakan salah satu unsur pembangun yang sangat penting dan di butuhkan keberadaanya di dalam puisi.

Rima adalah pengulangan bunyi huruf atau kata yang secara berselang dengan tujuan untuk memperindah puisi serta menggambarkan perasaan pengarang.

Rima juga bisa diartikan sebagai bentuk pola bunyi yang berselang dalam bait puisi atau bunyi vokal di bagian akhir puisi. 


Jenis Rima Berdasarkan Bunyi

Rima berdasarkan bunyi memiliki beberapa jenis yang penting keberadaanya di dalam puisi, diantaranya:

 
  • Oh, sungguh malang nasibnyaDia ditinggal pergi oleh kekasihnya 
Contoh:
  • Adakah perisai bertali rambutRambutnya dipintal oleh akar cemaraAdakah kami rasa takutKami ini muda remaja

3. Rima Mutlak

Rima mutlak adalah rima yang seluruh katanya  berima atau persamaan bunyinya terdapat pada kata yang sama.

Contoh:

  • Datang-datang juaKenangan dari masa lampauMenghilang muncul juaYang dahulu sinau silau
  • 4. Rima terbuka 

    Rima terbuka adalah rima yang persamaan bunyinya terdapat pada akhir sebuah kata yang diakhiri dengan bunyi vokal.

    Contoh:

    • Buka – luka
    • Peti – budi
    • Padu – madu
    • Grafi – ka, buntu – rugi
    • Merde – ka, pilu – cari

    5. Rima tertutup

    Rima tertutup kebalikan dari rima terbuka, yaitu persamaan bunyi yang diakhiri dengan konsonan.

  • Contoh:

    • Putih – bersih
    • Hilang – malang
    • Hilang susut lidah
    • Malang takut susah

    Jadi, itulah penjelasan mengenai rima, mulai dari pengertian, jenis-jenis dan contohnya.

     Kesimpulan
  • Pada materi hari ini ananda telah memahami materi hari ini dengan baik. 
  • Alhamdulillah Ananda dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. 
Refleksi dan evaluasi
Ada beberapa siswa yg perlu dilakukan bimbingan dalam mengerjakan soal tentang rima
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat 
Wassalamualaikum wr wb
Read more...

Jumat, 11 April 2025

Materi Ajar Jumat 11 april 2025

| | 0 komentar

                             

Identity    :
        Day/Date       : Friday, 11 april 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson           : P5   


💫P5

Tema : GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Topik : Alam Mendidik Kita Kreatif 

Judul : Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengetahui langkah-langkah membuat ecoprint

Metode pembelajaran : Project Based Learning

Media Pembelajaran : Video dan LKPD

Read more...

Kamis, 10 April 2025

Materi Ajar Kamis 10 April 2025

| | 0 komentar

 


Identity    :
        Day/Date       : Thursday, 10 April 2025, 2
     

        Grade            : 4 A

        Lesson           : IPAS  

💥Capaian Pembelajaran : IPAS

v  Mengidentifikasi dan menunjukkan kebutuhan yang sesuai dengan keadaaan


💥Tujuan Pembelajaran    :

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan sesuai dengan tingkat nya

2.  Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis kebutuhan primer, sekundr dan tersier

  • Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok
  • Media pembelajaran : video dan lkpd


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Befo+re study, let's Pray together

 


Are you Ready for continue Semester 2?
Welcome to class after holiday idul Fitri
 Apa kabarnya naanda ku soleh solehah? 

Maasih ingat pembelajaran kemarin tentang pengertian kebutuhan dan jenis-jenisnya
Hari ini kita lanjutkan di bab 7 ya yaitu kegiatan jual beli sebagai cara memenuhi kebutuhan. 



Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya jual beli. Mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terjadi pada kegiatan jual beli. Memahami proses terjadinya kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli. Menentukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam alur kegiatan ekonomi.

Pada topik ini peserta didik akan mengenal jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan dan kegiatan ekonomi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui pengamatan sederhana akan melatih kemampuan analisis peserta didik dalam mengidentifikasi syarat terjadinya kegiatan jual beli. Kegiatan ini juga melatih peserta didik untuk berinteraksi dengan orang lain di luar teman dan gurunya.

Setelah itu peserta didik akan belajar mencari informasi secara mandiri terkait urutan kegiatan ekonomi melalui kegiatan identifikasi dan literasi. Dari informasi yang didapatkannya, peserta didik akan belajar berdiskusi dan guru dapat membantu dengan menguatkan pemahaman serta meluruskan miskonsepsi. Kemudian dari pemahaman tersebut peserta didik akan diajak berpikir kritis melalui kegiatan refleksi serta diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Tawar Menawar
Pernahkah kalian pergi ke pasar? Percakapan di atas merupakan gambaran jual beli yang dilakukan oleh manusia sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan hidupnya. Ibu Mira membutuhkan sayuran untuk dimasak sebagai makanan.  Ibu Mira berperan sebagai pembeli. Penjual sayur berperan sebagai yang menjual kebutuhan atau penjual. Pasar sendiri adalah tempat jual beli. Namun, ada juga barang yang tidak dapat ditawar. Biasanya ini terjadi pada barang yang sudah mencatumkan harga di kemasannya. Biasanya ini ada di supermarket atau pusat perbelanjaan

Mari Mencari Tahu
Mari kita lakukan pengamatan! Carilah 5 tempat lain atau lebih yang memiliki kegiatan jual beli lainnya di sekitar kalian.
1. Apa ciri-ciri kegiatan jual beli yang tampak oleh kalian?
2. Apa saja barang-barang yang diperjual belikan?
3. Salin tabel seperti contoh berikut pada buku tugas kalian.

No.Nama TempatCiri Ciri Kegiatan Jual BeliYang Diperjualbelikan
1.Pasar Tradisional
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, daging, kain, barang elektronik, jasa, dll.
2.Mini Market
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Tidak adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Harga pada setiap barang sudah tertera.
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, dan daging.
3.Warung
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Bermacam kebutuhan sehari-hari seperti minyak, sayuran, beras, tepung, gula dan lain sebagainya
4.Toko Buku
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Tidak adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Harga pada setiap barang sudah tertera.
Berbagai jenis buku dan perlengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis
5.Pasar Hewan
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Hewan seperti kambing, ayam, itik, kelinci, dan bebek

4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan diskusi

Kesimpulan :
Alasan terjadinya jual beli adalah karena adanya keterbatasan kebutuhan dan tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya sendiri.
Kegiatan Ekonomi
Tidak semua kebutuhan dapat langsung kita beli begitu saja. Terkadang butuh suatu proses sampai barang atau jasa itu sampai ke tangan kita. Proses membuat (produksi), dikirimkan (distribusi) lalu digunakan (konsumsi).
ekonomi
Kegiatan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat beragam. Ada yang bekerja di sawah, ladang, berjualan di pasar, bekerja di kantor, bekerja di pabrik, maupun pengemudi kendaraan. Semua bentuk kegiatan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.
Kegiatan Produksi
1. Kegiatan Produksi
Produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contoh kegiatan produksi antara lain pabrik sepatu, perajin anyaman, dan penjahit pakaian. Kegiatan petani mulai dari menanam, memanen sampai mengolah gabah jadi beras merupakan kegiatan produksi. 

Kegiatan produksi tidak hanya memproduksi barang saja, tetapi juga jasa. Guru, penerjemah, dosen, jaksa adalah contoh kegiatan produksi jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.Proses kegiatan produksi memiliki 3 tahapan:

2. Kegiatan Distribusi
Kegiatan penyaluran barang maupun jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor. Adapun lembaga-lembaga yang menjadi pelaku distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer.

3. Kegiatan Konsumsi
Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya kita membeli tahu di pasar. Tahu tersebut kemudian diolah menjadi masakan untuk dikonsumsi. Dengan demikian kita telah melakukan kegiatan konsumsi.

Selain makan dan minum, kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia adalah menggunakan telepon, membeli pakaian, membeli alat-alat tulis, dan membeli barang elektronik. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Tujuannya adalah:
  1. Untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan sumber daya.
  2. Untuk membantu sesama manusia. 
  3. Meningkatkan mutu dan jumlah produksi. 
  4. Mencari keuntungan atau laba

Lakukan Bersama
Kalian telah mengetahui tempat-tempat terjadinya jual beli, bukan? Sekarang belajar lebih lanjut kegiatan ekonomi yang terjadi di tempat jual beli. 
  1. Berkelompoklah dengan 3 orang teman kalian!
  2. Kalian boleh melakukan pengamatan ke warung atau pun supermarket terdekat. Amati kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang terjadi dan buatlah catatan kecil.
  3. Diskusikan hasil pengamatan kalian dan tuangkan kegiatan ekonomi yang kalian lihat dalam bentuk mind map atau peta pikiran. Berikan gambar pendukung untuk membuat mind mapkalian lebih menarik dan mudah dipahami.
  4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan presentasi.

Peta Pikiran
Mari Refleksikan
1. Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli?
Ada keterbatasan kebutuhan, tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, dsb.
2. Menurutmu, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan apabila barang atau jasanya tidak tersedia dari lingkungan sekitar kita?
Mencari dari tempat lain, membeli dari warung atau tempat jual beli lainnya,membeli di marketplace atau toko daring.
3. Apa saja proses yang terjadi pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu?
Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
4. Apakah kamu pernah berperan menjadi produsen, distributor, atau konsumen? Jelaskan!
Saya pernah berperan sebagai konsumen ketika membeli peralatan tulis di toko buku.
 5. Setelah mempelajari alur kegiatan ekonomi, bagaimana sebaiknya kamu bersikap terhadap barang-barang yang kamu pakai?
Kita harus dapat lebih berhemat, mencari alternatif kebutuhan, dsb.

Kesimpulan
alhamdulilah pada pembeajaran hari ini seluruh ananda sudah dapat memahami dan mengerti tetnang kegiatan ekonomi dan alurnya. hanya perlu perbanyak latihan soa terkait materi.

Refleksi dan Evaluasi
Dalam pembelajaran materi ini masih ada siswa yang harus memperbanyak pengetahuan materi ini melalui membaca, agar dapat lebih mudah paham dalam menjawab soal pertanyaan yang diberikan

Penutup
Demikiian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb
Read more...

Rabu, 09 April 2025

Materi Ajar Rabu 09 April 2025

| | 0 komentar


Identity    :
        Day/Date       : Wednesday, 09 April 2025, 2
        Grade            : 4 A

        Lesson           : IPAS  

💥Capaian Pembelajaran : IPAS

v  Mengidentifikasi dan menunjukkan kebutuhan yang sesuai dengan keadaaan


💥Tujuan Pembelajaran    :

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan sesuai dengan tingkat nya

2.  Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis kebutuhan

  • Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok
  • Media pembelajaran : video dan lkpd


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Befo+re study, let's Pray together

 


Are you Ready for continue Semester 2?
Welcome to class after holiday idul Fitri
 Apa kabarnya naanda ku soleh solehah? 

Maasih ingat pembelajaran yg terakhir sebelum libur kemarin tentang 5&6 tentang sejarah tempat tinggal dan kekayaan yang ada di bumi kita. 
Hari ini kita lanjutkan di bab 7 ya yaitu tentang aku dan kebutuhan ku. 

Mari kita simak materinya :

Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mengenal cara mendapatkan barang kebutuhan. dan mengaitkan pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan dengan nilai guna barang dan skala prioritas.

A. Kebutuhan Manusia
Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan. Misalnya kebutuhan paling mendasar adalah makanan dan tempat tinggal. Namun, setiap orang juga memiliki kebutuhan lainnya yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana caranya kita mendapatkan kebutuhan ini?

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dimiliki atau diperlukan oleh seseorang untuk bertahan hidup dan memiliki kehidupan yang layak. Jenis kebutuhan manusia bermacam-macam. Bila dilihat dari kepentingan atau intensitasnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan mutlak dan utama dari setiap individu yang harus dipenuhi. Jika kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi, maka individu tersebut akan terancam kehidupannya. Terdapat 3 macam kebutuhan primer, diantaranya:
Pangan, adalah kebutuhan utama yakni makanan dan minuman.
Sandang adalah kebutuhan utama akan pakaian yang melindungi tubuh manusia dari lingkungan.
Papan adalah kebutuhan utama akan tempat tinggal untuk berlindung.
kebutuhan manusia
2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah yang muncul setelah kebutuhan primer dapat terpenuhi. Contoh: telepon genggam, kendaraan, sepatu, dan sebagainya.

3. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang ada atau dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Kebutuhan tersier ini biasanya berupa kebutuhan barang mewah untuk memperlihatkan jenjang sosial seseorang atau dapat berfungsi sebagai hiburan. Contoh mobil mewah, pergi berlibur, villa, barang bermerk dan sebagainya. Kebutuhan ini dapat berbeda-beda pada setiap individunya. Tergantung kemampuan ekonomi dan profesi seseorang.

Sebuah kebutuhan bisa jadi berawal dari sebuah keinginan. Keinginan untuk menjadi lebih baik dan hidup lebih layak. Keinginan merupakan fungsi tambahan yang ingin dimiliki. Jika tidak terpenuhi, maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup seseorang. Namun, keinginan pun harus didasari dengan kemampuan diri masing-masing individu.

Bila tidak terkontrol dengan baik, keinginan akan membuat kelangsungan hidup tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, ada baiknya waktu pemenuhan kebutuhan diutamakan terlebih dahulu. Bagaimana mengatur urutan kebutuhan berdasarkan waktunya?

Kebutuhan manusia berdasarkan waktu adalah:
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda
Kebutuhan mendesak adalah kebutuhan yang tiba-tiba muncul dan bersifat sangat kritis, sehingga dapat mengancam nyawa jika tidak dipenuhi.
Kebutuhan yang Akan Datang adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi di kemudian hari dan dapat ditunda sebab sifatnya yang tidak mendesak. Kebutuhan ini dapat direncanakan terlebih dahulu.

B. Skala Prioritas
Skala prioritas adalah suatu daftar yang kita buat untuk mengurutkan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya atau berdasarkan tingkat urgensinya. Skala prioritas ini adalah hal yang sangat bermanfaat karena dengan membuat skala prioritas ini, kita bisa memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting terlebih dahulu sehingga kita bisa memastikan bahwa setiap kebutuhan yang paling penting akan terpenuhi dan tidak mengganggu kelangsungan hidup kita. Ada empat kuadran yang bisa kita gunakan untuk membedakan kebutuhan kita.

Berikut adalah empat kuadran dalam skala prioritas diri:
Penting dan mendesak: jenis kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang tinggi dan juga harus segera dipenuhi karena akan mengganggu kelangsungan hidup apabila tidak dipenuhi. Misalnya mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan besok.
Penting dan tidak mendesak: jenis kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun pemenuhannya bisa ditunda karena tidak bersifat darurat. Contohnya adalah olah raga.
Tidak penting dan Mendesak: jenis kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang rendah namun harus segera dipenuhi karena bersifat mendesak dan tidak bisa ditunda. Misalnya menjawab panggilan telpon dari teman.
Tidak mendesak dan tidak penting: jenis kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang rendah dan pemenuhannya bisa ditunda. Misalnya menonton film kartun.

Untuk menentukan skala prioritas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
Tingkat urgensi atau keharusan mendesak.
Kesempatan yang dimiliki
Pertimbangan masa depan.
Kemampuan diri.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun skala prioritas yaitu :
Mencatat semua daftar kebutuhan.
Menyusun tingkat kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya.
Membuat catatan kebutuhan dan alokasi dana
Memilih kebutuhan mulai dari yang paling memberi manfaat secara optimal dari keseluruhan daftar kebutuhan.
Memenuhi kebutuhan sesuai dengan daftar yang telah dibuat.

Mari Mencari Tahu
Mari kita coba mengelompokkan kebutuhan kita berdasarkan kepentingannya.
1. Buatlah tabel seperti contoh berikut di buku tugas kalian.
Skala
2. Buatlah beberapa hal yang kalian butuhkan saat ini. Masukkan kebutuhan tersebut ke kolom tabel yang menurut kalian sesuai dengan kriteria kepentingan kebutuhan kalian. Kalian dapat menambahkan ilustrasi gambar di samping tulisan kalian itu.

3. Jika sudah, duduk berpasangan dengan teman sebelah kalian dan ceritakan alasan mengapa memilih pengelompokan kebutuhan tersebut.

Lakukan Bersama
1. Berkumpullah dengan kelompok yang sudah dibagi bersama guru kalian. Pelajari 4 kolom tabel yang telah kalian buat. 

2. Diskusikan mengenai 4 pernyataan yang berkaitan dengan informasi pada tabel sebelumnya;

a. penting dan mendesak;
Kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang tinggi dan juga harus segera dipenuhi karena akan mengganggu kelangsungan hidup apabila tidak dipenuhi. Misalnya makan, minum, dan tidur
b. tidak penting dan mendesak;
Kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan rendah namun pemenuhannya tidak bisa ditunda karena bersifat darurat. Misalnya memakai payung saat hujan, menjawab telepon, dan membalas chat WA.
c. penting dan tidak mendesak;
Kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun pemenuhannya bisa ditunda karena tidak bersifat darurat. Misalnya membaca buku, berolah raga, dan berkumpul bersama keluarga
d. tidak penting dan tidak mendesak.
Kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang rendah dan pemenuhannya bisa ditunda. Misalnya menonton tv, bermain game, dan mengobrol bersama teman
3. Kelompokkan 4 pernyataan tersebut dengan deskripsi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Kebutuhan Primer :Makan, minum, dan tidur
Kebutuhan Sekunder : Membaca buku, berolah raga, berkumpul bersama keluarga.
Kebutuhan tersier : Memakai payung, menjawab telepon, membalas chat, bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman
4. Diskusikan alasan mengapa kebutuhan-kebutuhan tersebut berada pada posisi tiap kolom dan tuliskan alasannya pada buku tugas.
Kebutuhan seperti makan, minum, dan tidur sangat penting karena jika tidak dipenuhi karena dapat mengancam hidup. Kebutuhan membaca buku, berolah raga, dan berkumpul bersama keluarga memang penting namun dapat ditunda. Kebutuhan menjawab telepon, membalas chat wa, dan memakai payung tidak penting namun harus segera dilakukan. Kebutuhan bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman dapat ditunda.
5. Tunjuklah perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

3. Kelompokkan 4 pernyataan tersebut dengan deskripsi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Kebutuhan Primer :Makan, minum, dan tidur
Kebutuhan Sekunder : Membaca buku, berolah raga, berkumpul bersama keluarga.
Kebutuhan tersier : Memakai payung, menjawab telepon, membalas chat, bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman
4. Diskusikan alasan mengapa kebutuhan-kebutuhan tersebut berada pada posisi tiap kolom dan tuliskan alasannya pada buku tugas.
Kebutuhan seperti makan, minum, dan tidur sangat penting karena jika tidak dipenuhi karena dapat mengancam hidup. Kebutuhan membaca buku, berolah raga, dan berkumpul bersama keluarga memang penting namun dapat ditunda. Kebutuhan menjawab telepon, membalas chat wa, dan memakai payung tidak penting namun harus segera dilakukan. Kebutuhan bermain game, menonton tv, mengobrol bersama teman dapat ditunda.
5. Tunjuklah perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

Mari Refleksikan
1. Mengapa kalian memiliki kebutuhan?
Saya memiliki kebutuhan untuk menjaga kelangsungan hidup.
2. Apakah kebutuhan hidup kalian sama dengan kebutuhan hidup teman kalian/orang lain?
Setiap orang memiliki beberapa kebutuhan serupa seperti sandang, pangan, papan. Namun ada juga yang memiliki kebutuhan yang berbeda.
3. Apa hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak?

dengan kebutuhan hidup teman kalian/orang lain?
Setiap orang memiliki beberapa kebutuhan serupa seperti sandang, pangan, papan. Namun ada juga yang memiliki kebutuhan yang berbeda.
3. Apa hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak?
Hal yang menentukan adalah kepentingan, waktu, faktor kemampuan, mendesak dan penting, urgensitas).
4. Apakah kalian dapat memaksakan kebutuhan kalian kepada orang lain? Mengapa?
Kita tidak bisakah kebutuhan kepada orang lain karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan kemampuan yang juga berbeda untuk memenuhinya.
5. Mana yang lebih utama kebutuhan atau keinginan?
Kebutuhan yang lebih utama dipenuhi, kalau masih mampu dan keinginan itu termasuk ke dalam kebutuhan yang akan datang, bisa direncanakan.
6. Menurut kalian bagaimana caranya menentukan urutan kebutuhan dari masing-masing orang?
Cara menentukan urutan kebutuhan adalah : menentukan urutan prioritasnya. penuhi atau laksanakan sesuai dengan urutan prioritasnya.

Kesimpulan
Pembelajaran hari ini masih harus kita ulang ya nak. Ada beberapa siswa yg masih dibimbing terkait materi kebutuhan sesuai dengan tingkat kebutuhan

Penutup
Mari kita tutup pembelajaran baru ini dengan mengucapkan alhamdulillah wr wb
Read more...

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 12 September 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©