Rabu, 06 Oktober 2021

Materi Ajar Tema 4 Subtema 2 Pb 5 & 6 (Rabu, 06 Oktober 2021)

| |

 

 Hari/tanggal   : Rabu, 06 Oktober  2021

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 5 & 6

 Tujuan Pembelajaran :

1.       Dengan menggali informasi tentang pekerjaan dan kegiatan ekonomi, siswa mampu menjelaskan berbagai pekerjaan dan kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar dengan benar.

2.       Setelah membaca teks tentang Taman Yang Hilang, siswa mampu menyajikan pendapat pribadi tentang unsur cerita (pesan moral) dengan percaya diri.

3.       Dengan membaca teks tentang Taman Yang Hilang, siswa mampu membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan benar.

4.       Dengan memperhatikan video pembelajaran siswa dapat mengerjakan soal latihan tetnang menghitung Luas dan keliling gabungan dari 2 bangun

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

 Apakah anak soleh solehah masih ingat pelajaran kemarin di pembelajaran 3 & 4 ? sudahkah kalian mengumpulkan tugas Poster Kesepakatan Kelas kalian masing-masing? Sekarang kita akan memasuki pembelajaran 5 & 6 yaitu tentang cara menghitung luas dan keliling 2 bangun yang digabungkan. Serta pesan moral yang terkandung dalam cerita berikut.

Ringkasan Materi

Pembelajaran 5

Perhatikan Video Pembelajaran berikut ini tentang cara Menghitung luas dan keliling dari 2 bangun gabungan.

 


Ringkasan materi

Paman Udin adalah petani yang rajin. Ketekunannya membuat hasil panen melimpah. Ia sekarang mempunyai sawah yang cukup luas. Berikut adalah gambar petak sawahnya.



Apakah luas semua bangun gabungan tersebut sama? Apakah keliling semua bangun gabungan tersebut sama?
Jadi, luas bangun gabungan dapat dihitung dengan cara menjumlahkan luas bangun pembentuknya. Sementara itu, keliling didapat dengan cara menjumlahkan ukuran sisi terluarnya.
Kalian sudah belajar tentang cara menghitung luas bangun yang digabungkan.
Sekarang coba kalian hitung ya luas sawah Paman Udin!

 


Paman Udin adalah seorang petani. Ia memiliki ladang yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Salah satunya adalah jagung.
Paman memagari ladang jagungnya menggunakan batang-batang bambu.



Jika 1 m2 membutuhkan 5 kantong biji jagung, berapa banyak kantong biji jagung yang diperlukan? Untuk menentukan banyaknya kantong biji jagung yang akan ditanam, kamu harus mengetahui luas ladangnya.
Luas ladang Paman Udin adalah….
Banyak kantong biji jagung yang diperlukan adalah ....

Diketahui:

P= 20 m

l=15 m

Jawab:

L= 20 x 15 = 300 m²

Jadi luas ladang Paman Udin = 300 m²

Banyak kantong biji jagung yang diperlukan adalah .... 300 x 5 = 1.500 kantong.



Pembelajaran 6

Apakah kamu masih ingat tentng cerita “Taman Bermain yang hilang”? silahkan kalian buka buku tema 4 pada halaman 6 di subtema 1 ya


Apakah pada cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik? pahamilah cerita diatas.

Tugas Hari ini

1.      Bacalah kembali cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ temukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik? Tuliskan pada kolom di bawah ini!

2. Jika setiap persegi pada gambar berikut panjang sisinya adalah 4 cm.

Hitunglah luas dan keliling bangun berikut!


3. Hitunglah luas dan keliling persegi panjang jika lebarnya adalah 8 cm dan panjangnya 10 cm? 

Selamat mengerjakan semoga kalian tetap semangat 😎😎👍👍


 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©