Senin, 25 April 2022

MATERI AJAR (REVIEW TEMA 9) SENIN, 25 APRIL 2022

| |

 Tema : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Pembelajaran : Mereview tema 9

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan 

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PKN 

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan


Tujuan Pembelajaran

1.Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

2. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materti dibawah ini....

A. Bahasa Indonesia


A.1. Wawancara

Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi

Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara. 

Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber

Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H

What (Apa): menanyakan kejadian

Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)

Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian

When (Kapan): menanyakan waktu kejadian

Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu

How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:

🖊Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber

🖊Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber

🖊Fokus pada topik yang dibahas

🖊Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara

Langkah Pelaksanaan Wawancara:

🖊Menentukan topik yang akan dibahas

🖊Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik

🖊Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H

🖊Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber

🖊Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan


Langkah Menarasikan Wawancara:

📋Baca teks wawancara dengan cermat

📋Catat pokok-pokok isi wawancara

📋Buat pengantar ke arah isi wawancara

📋Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara

📋Lengkapi narasi dengan bagian penutup


Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:

📎Sikap badan tegak dan percaya diri

📎Menguasai materi laporan hasil wawancara

📎Pelafalan kata tepat dan jelas

📎Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna


A.2. Teks Petunjuk

Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar


Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:

Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya

Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan

Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis

Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk


B. IPS


Sumber Daya Alam: segala sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia

Jenis Sumber Daya Alam:

Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus tidak habis. Contoh: air, tanah, tumbuhan, hewan

Tidak Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, emas

B.1. Persebaran Hasil Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan

B.2. Persebaran Hasil Tambang


Persebaran Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui

B.3. Hutan Indonesia


Jenis Hutan:

Hutan Heterogen: ditumbuhi berbagai jenis pohon. Contoh: Kebun Raya Bogor

Hutan Homogen: ditumbuhi satu jenis pohon. Contoh: hutan jati, hutan pinus

Manfaat Hutan:


Menyimpan air

Habitat hewan

Mencegah erosi

Penghasil kayu

Objek wisata

Akibat Jika Hutan Rusak:


Banjir

Tanah longsor

Kebakaran hutan

Tindakan Pelestarian Hutan:


Pembuatan kawasan cagar alam, taman nasional, dan suaka margasatwa

Melaksanakan tebang pilih

C. PPKN

Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban

Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab


🏡Hak Anak di Rumah:

Mendapat kasih sayang dari orang tua

Mendapat perlindungan

Mendapat perhatian

🏡Kewajiban Anak di Rumah:

Menjaga kebersihan rumah

Mematuhi nasihat orang tua

Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga

Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah

🎒Hak Anak di Sekolah:

Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa

Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami

Mendapatkan nilai hasil belajar

🎒Kewajiban Anak di Sekolah:

Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal

Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur

Menyerahkan SPP tepat waktu

D. SBdP

Tempo: ukuran kecepatan dalam birama lagu

Tempo pada Lagu dan Contoh Lagunya

E. IPA

Energi Alternatif: energi ramah lingkungan yang dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam)


E.1. Angin

Angin: udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan, mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah atau dari tempat bersuhu rendah ke tempat bersuhu tinggi


Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB): pembangkit listrik yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi, berupa kincir angin yang terhubung dengan turbin dan generator


Keunggulan Energi Angin:


Jumlahnya melimpah

Tidak menghasilkan gas rumah kaca dan limbah berlebihan

Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Angin yang Bagus:


Nusa Tenggara Barat (NTB)

Nusa Tenggara Timur (NTT)

Pantai selatan Pulau Jawa

Pantai selatan Pulau Sulawesi

PLTB di Indonesia: PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan


PLTB terbesar di Asia Tenggara

Memiliki 30 turbin angin dengan ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter

Mampu menghasilkan listrik 75 Megawatt (MW)

E.2. Air


Air: zat utama yang dibutuhkan makhluk hidup dan mempunyai potensi energi besar

E.3. Matahari


Matahari: sumber energi utama di alam semesta, menyimpan potensi energi yang besar dalam bentuk panas dan cahaya


Sel Surya: alat pengubah energi panas dan cahaya matahari menjadi energi listrik


Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS): pembangkit listrik yang memanfaatkan sel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, terdapat di Karangasem dan Bangli (Bali)


E.4. Geotermal (Panas Bumi)


Geotermal (Panas Bumi): energi yang berasal dari inti bumi, dapat ditemui di sekitar gunung berapi aktif yang mengandung batu-batu panas. Diperoleh dengan cara mengebor lapisan batuan untuk membebaskan uap pada kedalaman tertentu


Keunggulan Energi Geotermal:

Dihasilkan terus-menerus sepanjang musim karena tidak memerlukan penyimpanan energi

Hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca

E.5. Nuklir


Nuklir: penerapan bidang ilmu inti atom yang memanfaatkan atom Uranium sebagai sumber energi panas


Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN): pembangkit listrik yang menggunakan satu atau lebih reaktor nuklir, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin


Keunggulan Energi Nuklir:


Tidak menghasilkan limbah berbahaya

Mampu bertahan lebih lama

Menghasilkan tenaga lebih besar daripada bahan bakar fosil

Tidak menyebabkan efek rumah kaca

TTUGAS HARI INI. 

Simak lah materi diatas dengan membaca nya dan memahaminya. Semoga kalian dapat lebih memahami materi hari ini

Dan jangan lupa kirim foto kegiatan sholat,murojaah dan ketika kalian menyimak materi ini. 

Terimakasih




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©