Minggu, 13 Agustus 2023

Materi Ajar Senin, 14 Agustus 2023

| |

 Detail Bismillah Gif Koleksi Nomer 17 

Welcome to Grade VI C
 

Day / Date:             :  Monday, 14 August 2023
 

Lesson                      : Tematika 

Tema 2                      : Persatuan dalam perbedaan

Subtema 1                : Rukun dalam perbedaan
 
Pembelajaran           :  1 & 2
 

Muatan Pelajaran    : B.Indonesia (3.4), IPS (3.4), SBDP (3.3) dan IPA (3.3)


Tujuan Pembelajaran :  

1.  Menganalisis kata tanya pada pertanyaan
2. Mengidentifikasi cara tumbuhan beradaptasi
 3. Mengidentifikasi tarian dengan pola lantai
Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI C SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru  2023/ 2024 baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran tema 1 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang menyelamatkan makluk hidup, mengenal negara ASEAN serta membuat patung karya 3 dimensi.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran baru si tema 2, kita akan mempelajari tentang mengetahui cara tumbuhan beradaptasi dan juga mengetahui kata tanya dengan tepat


RINGKASAN MATERI

Kata Tanya untuk Membuat Peta Pikiran Suatu Teks

Apa
Kata tanya untuk menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi.  
Siapa
Kata tanya untuk menanyakan seseorang atau pelaku yang terlibat  dalam suatu peristiwa.  
Kapan
Kata tanya untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa.  
Di mana
Kata tanya untuk menanyakan tempat terjadinya suatu peristiwa.  
Mengapa
Kata tanya untuk menanyakan penyebab terjadinya suatu peristiwa.  
Bagaimana
 Kata tanya untuk menanyakan cara atau proses terjadinya suatu  peristiwa. 
 
 
 

 

 

Pola Lantai


Posisi dalam menari perlu diperhatikan oleh seorang penari. Pengaturan posisi ini disebut dengan pola lantai.
Seorang penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi saat menari. Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak

 

Pola lantai dapat dibentuk secara tunggal, berpasangan, maupun berkelompok. Terdapat dua pola garis dasar pada pola lantai, yaitu:
  • Garis lurus. Pola garis lurus terdiri atas pola horizontal, vertikal, diagonal, zig-zag, segitiga, segi empat, segi lima.
  • Garis lengkung. Pola garis lengkung terdiri atas pola lengkung ke depan, lengkung ke belakang, angka delapan, lingkaran.

  •  

  


 

 

Perhatikan video pembelajaran berikut ini


latihan soal

1. Bacalah kembali teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. tentukan peta pikiran berikut ini!

 


2. kerjakan LKPD IPA yang diberikan oleh gurumu!

 

Kesimpulan 

ketika kalian mengerjakan peta pikirandari teks di atas,

Adaptasi adalah kemampuan organisme untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat hidupnya yang memungkinkan tetap hidup dan berkembang biak di lingkungan alaminya. Adaptasi pada makhluk hidup ada 3 macam yakni adaptasi morfologi, fisiologi, dan tingkah laku. Setiap makhluk hidup harus beradaptasi supaya dapat bertahan hidup, melindungi diri, memperoleh makanan, dan meneruskan keturunan.

 

pola Lantai dibentuk oleh Seorang penari yang harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi saat menari. Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak.

 

REFLEKSI DAN EVALUASI

 

Baik untuk pembelajaran hari ini yang perlu kita bahas kembali pada pertemuan besok adalah tentang adaptasi pada hewan dan tumbuhan serta pola lantai, ada beberapa teman kalian yang masih perlu bimbingan terkait materi ini.

 

PENUTUP

 

alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan sukses semoga bermanfaat dan tetap semangat terus dalam belajarnya

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar jumat 23 November 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©