Identity :
Day/Date : Wednesday, January 08, 2025
Grade : 4 A
Lesson : IPAS
💥Capaian Pembelajaran : IPAS
v Menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat
tinggal.
v Mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di daerah tempat tinggal,
Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal
💥Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menceritakan awal mula
daerah dan tokoh-tokoh lokal yang berperan penting dalam perkembangan daerah
tempat tinggalnya.
2. Peserta didik dapat menyebutkan sikap baik
yang dapat diteladani dari tokoh daerah tempat tinggalnya.
3. Peserta didik membandingkan kondisi daerah tempat tinggalnya dahulu dan kini.
- Kerajaan Bercorak Hindu-BuddhaDari berbagai peninggalan yang ada, diketahui bahwa Hindu Buddha masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para pendeta Brahmana dan Pedagang India. Setelah itu, bermunculan kerajaan Islam di Indoneisa.Contoh kerajaan Hindu, yaitu Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit. Sedangkan kerajaan Buddha, yaitu kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Mataram.
- Kerajaan Bercorak IslamAgama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat. Waktu itu kekuatan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya sudah mulai melemah. dan kerajaan dibawah kekuasaannya mulai memeluk agama Islam.Setelah itu, bermunculan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Contoh kerajaan yang bercorak Islam, yaitu Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, Kerajaan Ternate, Kerajaan Tidore, Kerajaan Gowa, dan Kerajaan Banten.
- Peninggalan Masa Kerajaan Hindu-Budha
- Candi
- Arca
- Seni ukir
- Karya sastra
- Bahasa dan Tulisan
- Peninggalan Masa Kerajaan Islam
- Masjid
- Batu Nisan
- Kaligraf
- Keraton
a. benar-benar terjadi sekarang
b. tidak benar-benar terjadi di masa lalu
c. benar-benar terjadi di masa lalu
d. tidak benar-benar terjadi di masa depan
2. Ibu Guru menyampaikan kepada siswa kelas IV bahwa belajar sejarah dapat memberikan manfaat. Berikut ini salah satu manfaat belajar sejarah bagi siswa yaitu...
a. menebak kejadian di masa depan
b. mengambil pelajaran baik dari cerita
c. menemukan harta karun yang terpendam
d. mense jahterahkan masyarakat setempat
3. Tempat kediaman raja beserta keluarga dan juga berfungsi sebagai pusat kegiatan pemerintahan adalah
a. Keraton
b. Batu nisan
c. Masjid
d. Candi
4. Kerajaan kalingga merupakan kerajaan Hindu yang diperintah oleh
a. Purnawarman
b. Rakai Panangkaran
c. Ratu Shima
d. Jayabaya
5. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar sejarah terus dikenal hingga generasi berikutnya yaitu
a. menyimpan peninggalan sejarah di gudang pribadi
b. menjaga dan merawat situs peninggalan sejarah
c. mengecat dan memperindah peninggalan sejarah
d. memperjual belikan peninggalan se jarah
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,
0 komentar:
Posting Komentar