Mata pelajaran : Pendidikan Pancasila & Bahasa Indonesia & Seni Rupa
Alokasi waktu : 1×35 menit
pertemuan ke : 3
Model pembelajaran : PBL
Media pembelajaran : Flash Card & papan pancasila
🌠 Capaian Pembelajaran :
Pendidikan Pancasila
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan Negara.
🌠 Capaian Pembelajaran :
Bahasa Indonesia
Pesertadidikmampumenganalisisinformasidenganmengidentifikasikanciriobjek,urutanproseskejadiandannilai-nilaidariberbagaitipeteksnonfiksidanfiksiyangdisajikandalam bentuk lisan,teksaural(teksyangdibacakandan/atau didengar),danaudio.
🌠 Capaian Pembelajaran :
Seni Rupa
1.1. Murid dapat mengamati, mengenal, merekam, dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan garis pijak dan proporsi
🌠 Capaian Pembelajaran : matematika
Peserta
didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense)
pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis,
menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi
dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai
100.000.
🌅Tujuan Pembelajaran :
1.3 penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.000
🌅Tujuan Pembelajaran :
1.3 Murid mampu menyebutkan unsur dan prinsip seni rupa
🌅Tujuan Pembelajaran :
Pendidikan Pancasila
1.3 murid Menerapkan sila sila Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari
🌅Tujuan Pembelajaran :
Bahasa Indonesia
1.3 murid memahami pengertian dan menulis teks deskripsi
Ringkasan Materi
Pancasila
Now we learn about bagaimana cara kita menerapkan sila sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk lebih jelas nya mari kita saksikan video pembelajaran berikut ini ya
Materi Pancasila
Menerapkan nilai-nilai Pancasila di kelas 5 SD dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam interaksi sehari-hari. Beberapa contoh penerapan nilai Pancasila antara lain: menjaga kerukunan antar teman (Sila 2), menghargai perbedaan pendapat saat diskusi (Sila 4), dan saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok (Sila 3 dan 5).
Contoh Penerapan Nilai Pancasila di Kelas 5 SD:
🔥Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa):
Menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing di sekolah.
Menghormati teman yang berbeda agama dan tidak memaksakan keyakinan.
Menghargai hari besar keagamaan teman yang berbeda agama.
🔥Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab):
Menjaga kerukunan dengan semua warga sekolah.
Menghormati guru dan semua warga sekolah.
Saling membantu teman yang sedang kesulitan.
🔥Sila Ketiga (Persatuan Indonesia):
Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan.
Saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok.
Menjaga kebersihan dan keindahan kelas bersama-sama.
🔥Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan):
Menghargai pendapat teman saat berdiskusi.
Aktif dalam musyawarah kelas.
Menerima keputusan bersama dengan lapang dada.
🔥Sila Kelima (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia):
Bersikap adil terhadap semua teman.
Menghargai hasil karya teman.
Tidak membeda-bedakan teman dalam pergaulan.
Latihan
Materi Bahasa Indonesia
Tujuan Teks Deskripsi
Apa sih tujuan dibuatnya teks deskripsi? Menurut Utorodewo (2007), tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.
struktur-teks-deskripsi
1. Identifikasi
Struktur identifikasi adalah bagian awal dari teks deskripsi yang berisi pengenalan nama objek, makna nama, lokasi, sejarah lahirnya, atau gambaran umum lainnya tentang objek yang dideskripsikan.
Misalnya, kamu memiliki objek pantai, kamu bisa menginformasikan nama dan lokasi dari pantai tersebut. Kamu dapat menuliskan betapa terkenalnya pantai itu.
2. Deskripsi Bagian
Struktur deskripsi bagian adalah gambaran rinci dari sudut pandang penulis tentang suatu objek. Penulis menggambarkan apa yang telah ia lihat, dengar, dan rasakan selama mengamati objek pilihannya. Jadi, pada bagian ini, penulis bisa menggambarkan tiap bagian yang ada di objeknya.
Misalnya, ketika mendeskripsikan pantai, kamu bisa menggambarkan bahwa pantai merupakan tempat yang sangat indah dengan deburan ombak yang ramai, tetapi udaranya sangat panas, sehingga membuatmu harus terus memakai topi agar tetap bisa menikmati pemandangan. Kamu juga bisa mendeskripsikan kondisi pasir dan keadaan saat senja di pantai itu, lho.
3. Simpulan/Kesan
Struktur simpulan/kesan adalah bagian yang berisi kesimpulan atau kesan dari hasil pengamatan penulis terhadap objek. Namun, bagian ini bersifat opsional. Artinya, boleh dituliskan ataupun tidak.
Contoh: “Meskipun pantai ini indah, tetapi banyak pengunjung yang masih membuang sampah sembarangan..”
Mari kita simak video cara pembuatan teks deskripsi berikut ini
Latihan
Yuk kita coba membuat teks deskripsi dari beberapa gambar yang sudah miss siapkan ya nak.
Gambar pertama : Gambar ke dua : Gambar ke tiga:
Materi SENI RUPA
Unsur-unsur Seni Rupa:
Titik: Unsur paling dasar dalam seni rupa.
Garis: Batasan benda, ruang, bidang, warna, dan tekstur.
Bidang: Terbentuk dari hubungan beberapa garis, seperti segitiga, segi empat, lingkaran, dll.
Bentuk: Wujud benda yang terlihat oleh mata.
Tekstur: Sifat permukaan benda (halus, kasar, licin, dll).
Warna: Hasil pantulan cahaya pada suatu objek.
Gelap Terang: Memberikan kesan tiga dimensi dan ruang.
Ruang: Menunjukkan kesan kedalaman dalam karya seni.
Jenis Karya Seni Rupa:
Seni Rupa Dua Dimensi: Karya seni yang memiliki panjang dan lebar, seperti lukisan dan gambar.
Seni Rupa Tiga Dimensi: Karya seni yang memiliki panjang, lebar, dan kedalaman, seperti patung dan keramik.
Warna primer, sekunder, dan tersier adalah tiga kategori warna yang penting dalam teori warna.
Warna primer adalah warna dasar yang tidak dapat dibuat dari campuran warna lain, yaitu merah, kuning, dan biru.
Warna sekunder dihasilkan dari campuran dua warna primer, contohnya hijau (kuning + biru), jingga (merah + kuning), dan ungu (merah + biru).
Warna tersier adalah campuran dari satu warna primer dan satu warna sekunder yang berdekatan pada lingkaran warna.
Hari ini kita akan mencoba mencari warna sekunder dan tersier.
Ikuti langkah-langkahnya ya.
isilah ke dalam LKPD nya ya
MATERI MATEMATIKA
Operasi hitung bilangan cacah kelas
5 meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bilangan cacah
sendiri adalah bilangan bulat non-negatif, yaitu 0, 1, 2, 3, dan seterusnya.
Berikut adalah penjelasan lebih
detail mengenai operasi hitung bilangan cacah:
1. Penjumlahan:
Penjumlahan adalah operasi dasar yang menggabungkan dua
bilangan atau lebih untuk mendapatkan jumlah total.
·Contoh: 5 + 3 = 8.
2. Pengurangan:
Pengurangan adalah operasi dasar yang mencari selisih
antara dua bilangan.
Contoh: 10 - 4 = 6.
3. Perkalian:
Perkalian adalah operasi dasar yang melibatkan
penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
·Contoh: 4 x 3 = 12
(sama dengan 4 + 4 + 4).
4. Pembagian:
Pembagian adalah operasi dasar yang mencari berapa kali
suatu bilangan terkandung dalam bilangan lain.
·Contoh: 15 : 3 = 5 (15 dibagi 3 sama dengan 5).
Contoh Soal:
Sebuah toko menjual 25 buah buku pada hari Senin dan 32
buah buku pada hari Selasa. Berapa total buku yang terjual dalam dua hari
tersebut? (25 + 32 = 57).
·Siti memiliki 45 permen, kemudian ia membagikannya kepada 5 temannya
sama rata. Berapa permen yang didapatkan masing-masing temannya? (45 : 5 = 9).
Penting untuk diingat:
Nilai Tempat:
Memahami
nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst.) sangat penting dalam
operasi hitung bilangan cacah, terutama dalam penjumlahan dan pengurangan
bilangan besar.
·Sifat-sifat Operasi:
Bilangan cacah juga memiliki
sifat-sifat operasi seperti komutatif, asosiatif, dan distributif, yang dapat
membantu dalam mempermudah perhitunga
mari kita simak vvideo berikut ini
Latihan
Kesimpulan
Alhamdulilah tadi kita sudah belajar tentang Pendidikan Pancasila membahas penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menggunakan papan panasila, dan juga sduan membahas teks deskripsi pada pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media gambar serta belajar seni rupa tentang materi unsur seni rupa yaitu warna dengan praktik langsung menggunakan pewarna untuk menemukan warna sekunder dan tersiiar serta kita juga membahas tentang matematika tentang operasi hitung bilangan cacah dengan media video pembelajaran.dan lkpd dalam latihan soalnya.
dari pembelajaran tadi dapat disimpulkan bahwa untuk pelajaran pendidikan pancasila ananda dapat memahami penerapan nilai sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pelajaran bahasa indonesia ananda sudah dapat menuliskan teks deskripsi dengan beberapa gambar yang miss berikan tadi, serta pembelajaran seni rupa diperlukan percobaan ulang karena ada beberapa siswa yang tidak membawa warna.
Penutup
demikian pembelajaran dari mis, semoga bermanfaat. wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar