Senin, 04 Agustus 2025

Materi Ajar Senin 04 Agustus 2025

| |

 


Identitas :
Hari/tanggal             : Senin 04 Agustus 2025
Kelas / Fase              : 5 A /C
Mata pelajaran         : Pendidikan Pancasila & Bahasa Indonesia & Seni Rupa
Alokasi waktu          : 1×35 menit
pertemuan ke             : 3
Model pembelajaran : PBL
Media pembelajaran : Flash Card & papan pancasila

🌠 Capaian Pembelajaran :

 Pendidikan Pancasila 
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan Negara.

🌠 Capaian Pembelajaran :
 Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai- nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

🌠 Capaian Pembelajaran :
Seni Rupa
1.1. Murid dapat mengamati, mengenal, merekam, dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan garis pijak dan proporsi
 
🌠 Capaian Pembelajaran : matematika

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. 

🌅Tujuan Pembelajaran :
1.3 penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.000

🌅Tujuan Pembelajaran :
1.3 Murid mampu menyebutkan unsur dan prinsip seni rupa

🌅Tujuan Pembelajaran :

Pendidikan Pancasila
1.3 murid Menerapkan sila sila Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari 

🌅Tujuan Pembelajaran : 
Bahasa Indonesia
1.3 murid memahami pengertian dan menulis teks deskripsi 


Ringkasan Materi


Pancasila 
Now we learn about bagaimana cara kita menerapkan sila sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelas nya mari kita saksikan video pembelajaran berikut ini ya

Materi Pancasila 

Menerapkan nilai-nilai Pancasila di kelas 5 SD dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam interaksi sehari-hari. Beberapa contoh penerapan nilai Pancasila antara lain: menjaga kerukunan antar teman (Sila 2), menghargai perbedaan pendapat saat diskusi (Sila 4), dan saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok (Sila 3 dan 5).

Contoh Penerapan Nilai Pancasila di Kelas 5 SD:
🔥Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa):
  1. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing di sekolah.
  2. Menghormati teman yang berbeda agama dan tidak memaksakan keyakinan.
  3. Menghargai hari besar keagamaan teman yang berbeda agama. 
🔥Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab):
  1. Menjaga kerukunan dengan semua warga sekolah.
  2. Menghormati guru dan semua warga sekolah.
  3. Saling membantu teman yang sedang kesulitan. 
🔥Sila Ketiga (Persatuan Indonesia):
  1. Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan.
  2. Saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok.
  3. Menjaga kebersihan dan keindahan kelas bersama-sama. 
🔥Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan): 
  1. Menghargai pendapat teman saat berdiskusi.
  2. Aktif dalam musyawarah kelas.
  3. Menerima keputusan bersama dengan lapang dada. 
🔥Sila Kelima (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia):
  1. Bersikap adil terhadap semua teman.
  2. Menghargai hasil karya teman.
  3. Tidak membeda-bedakan teman dalam pergaulan. 
Latihan 



Materi Bahasa Indonesia 


Tujuan Teks Deskripsi
Apa sih tujuan dibuatnya teks deskripsi? Menurut Utorodewo (2007), tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

struktur-teks-deskripsi

1. Identifikasi
Struktur identifikasi adalah bagian awal dari teks deskripsi yang berisi pengenalan nama objek, makna nama, lokasi, sejarah lahirnya, atau gambaran umum lainnya tentang objek yang dideskripsikan.

Misalnya, kamu memiliki objek pantai, kamu bisa menginformasikan nama dan lokasi dari pantai tersebut. Kamu dapat menuliskan betapa terkenalnya pantai itu.

2. Deskripsi Bagian
Struktur deskripsi bagian adalah gambaran rinci dari sudut pandang penulis tentang suatu objek. Penulis menggambarkan apa yang telah ia lihat, dengar, dan rasakan selama mengamati objek pilihannya. Jadi, pada bagian ini, penulis bisa menggambarkan tiap bagian yang ada di objeknya.

Misalnya, ketika mendeskripsikan pantai, kamu bisa menggambarkan bahwa pantai merupakan tempat yang sangat indah dengan deburan ombak yang ramai, tetapi udaranya sangat panas, sehingga membuatmu harus terus memakai topi agar tetap bisa menikmati pemandangan. Kamu juga bisa mendeskripsikan kondisi pasir dan keadaan saat senja di pantai itu, lho.

3. Simpulan/Kesan
Struktur simpulan/kesan adalah bagian yang berisi kesimpulan atau kesan dari hasil pengamatan penulis terhadap objek. Namun, bagian ini bersifat opsional. Artinya, boleh dituliskan ataupun tidak.

Contoh: “Meskipun pantai ini indah, tetapi banyak pengunjung yang masih membuang sampah sembarangan..”

Mari kita simak video cara pembuatan teks deskripsi berikut ini


Latihan
Yuk kita coba membuat teks deskripsi dari beberapa gambar yang sudah miss siapkan ya nak.
Gambar pertama :                       Gambar ke dua :                          Gambar ke tiga:
  

Materi SENI RUPA

Unsur-unsur Seni Rupa:
  1. Titik: Unsur paling dasar dalam seni rupa. 
  2. Garis: Batasan benda, ruang, bidang, warna, dan tekstur. 
  3. Bidang: Terbentuk dari hubungan beberapa garis, seperti segitiga, segi empat, lingkaran, dll. 
  4. Bentuk: Wujud benda yang terlihat oleh mata. 
  5. Tekstur: Sifat permukaan benda (halus, kasar, licin, dll). 
  6. Warna: Hasil pantulan cahaya pada suatu objek. 
  7. Gelap Terang: Memberikan kesan tiga dimensi dan ruang. 
  8. Ruang: Menunjukkan kesan kedalaman dalam karya seni. 
Jenis Karya Seni Rupa:
  1. Seni Rupa Dua Dimensi: Karya seni yang memiliki panjang dan lebar, seperti lukisan dan gambar. 
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi: Karya seni yang memiliki panjang, lebar, dan kedalaman, seperti patung dan keramik. 
Warna primer, sekunder, dan tersier adalah tiga kategori warna yang penting dalam teori warna.

 Warna primer adalah warna dasar yang tidak dapat dibuat dari campuran warna lain, yaitu merah, kuning, dan biru. 

Warna sekunder dihasilkan dari campuran dua warna primer, contohnya hijau (kuning + biru), jingga (merah + kuning), dan ungu (merah + biru). 

Warna tersier adalah campuran dari satu warna primer dan satu warna sekunder yang berdekatan pada lingkaran warna. 

Warna Primer:
Merah, Kuning, Biru.

Warna Sekunder:
Jingga (Merah + Kuning), Hijau (Kuning + Biru), Ungu (Merah + Biru). 

Warna Tersier:
Beberapa contoh warna tersier adalah:
Kuning-oranye (Kuning + Jingga)
Merah-oranye (Merah + Jingga)
Kuning-hijau (Kuning + Hijau)
Biru-hijau (Biru + Hijau)
Biru-ungu (Biru + Ungu)
Merah-ungu (Merah + Ungu) 

Latihan
Hari ini kita akan mencoba mencari warna sekunder dan tersier.
Ikuti langkah-langkahnya ya.

isilah ke dalam LKPD nya ya
 
Lembar kerja mencampur warna 
MATERI MATEMATIKA
 

Operasi hitung bilangan cacah kelas 5 meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bilangan cacah sendiri adalah bilangan bulat non-negatif, yaitu 0, 1, 2, 3, dan seterusnya. 

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai operasi hitung bilangan cacah:

1. Penjumlahan:

  • Penjumlahan adalah operasi dasar yang menggabungkan dua bilangan atau lebih untuk mendapatkan jumlah total. 

·  Contoh: 5 + 3 = 8.

2. Pengurangan:

  • Pengurangan adalah operasi dasar yang mencari selisih antara dua bilangan.
  • Contoh: 10 - 4 = 6. 

3. Perkalian:

  • Perkalian adalah operasi dasar yang melibatkan penjumlahan berulang dari suatu bilangan. 

 ·  Contoh: 4 x 3 = 12 (sama dengan 4 + 4 + 4). 

4. Pembagian:

  • Pembagian adalah operasi dasar yang mencari berapa kali suatu bilangan terkandung dalam bilangan lain. 

  ·  Contoh: 15 : 3 = 5 (15 dibagi 3 sama dengan 5). 

Contoh Soal:

  • Sebuah toko menjual 25 buah buku pada hari Senin dan 32 buah buku pada hari Selasa. Berapa total buku yang terjual dalam dua hari tersebut? (25 + 32 = 57). 

·  Siti memiliki 45 permen, kemudian ia membagikannya kepada 5 temannya sama rata. Berapa permen yang didapatkan masing-masing temannya? (45 : 5 = 9). 

  • Penting untuk diingat:
  • Nilai Tempat:

Memahami nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst.) sangat penting dalam operasi hitung bilangan cacah, terutama dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan besar. 

  ·  Sifat-sifat Operasi:

Bilangan cacah juga memiliki sifat-sifat operasi seperti komutatif, asosiatif, dan distributif, yang dapat membantu dalam mempermudah perhitunga

 mari kita simak vvideo berikut ini


 Latihan

 

 Kesimpulan
Alhamdulilah tadi kita sudah belajar tentang Pendidikan Pancasila membahas penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menggunakan papan panasila, dan juga sduan membahas teks deskripsi pada pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media gambar serta belajar seni rupa tentang materi unsur seni rupa yaitu warna dengan praktik langsung menggunakan pewarna untuk menemukan warna sekunder dan tersiiar serta kita juga membahas tentang matematika tentang operasi hitung bilangan cacah dengan media video pembelajaran.dan lkpd dalam latihan soalnya.
 
dari pembelajaran tadi dapat disimpulkan bahwa untuk pelajaran pendidikan pancasila ananda dapat memahami penerapan nilai sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pelajaran bahasa indonesia ananda sudah dapat menuliskan teks deskripsi dengan beberapa gambar yang miss berikan tadi, serta pembelajaran seni rupa diperlukan percobaan ulang karena ada beberapa siswa yang tidak membawa warna.
 
Penutup
demikian pembelajaran dari mis, semoga bermanfaat. wassalamualaikum wr wb 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar jumat 12 September 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©