Senin, 13 September 2021

Materi Ajar Tema 3 Subtema 2 (Keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku) PB 1 & 2 (Senin, 13 September 2021)

| |

 

 Hari/tanggal   : Senin, 13 September  2021

Kelas                : IV

Tema                : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup) 

Sub tema         : 2 (keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku)

Pembelajaran  : 1 & 2

 Tujuan Pembelajaran :

a)         Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan tepat.

b)        Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan sistematis.

c)        Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

d)       Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap hewan di sekitar dengan terperinci.

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku ya di Tema 3 ini, dan pastikan kalian sudah mengerjakan Penilaian Hariannya Matemtikanya yaa. Dan untuk hari ini kita akan memasuki Subtema 2 ya tentang Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku. 

Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin

 

Ringkasan Materi

Let's See this video

Pembelajaran 1

 

 

 

Jawablah pertanyaan berikut! (SOAL ADA DI BUKU HALAMAN 48) PERHATIKAN IBU GURU SUDAH MENJAWABNYA BERDASARKAN TEKS.

1. Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Jawaban:

Burung Cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan karena bulunya yang sangat indah,.

Selain itu, burung cenderawasih merupakan spesies endemik yang hanya terdapat di pulau Papua, dan memiliki peran penting dalam adat budaya suku-suku di Papua.


2. Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Jawaban:

Keberadaan burung cendrawasih semakin terancam karena adanya perburuan liar yang memanfaatkan keindahan bulu burung cendrawasih.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih?

Jawaban:

Yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung Cendrawasih adalah:

1. Melestarikan habitat burung Cendrawasih.

2. Menindak pelaku perburuan burung Cendrawasih.

3. Melakukan penangkaran burung Cendrawasih.

3. Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!

Jawaban:

Burung cenderawasih tidak akan punah jika manusia tidak memburu burung cenderawasih.

Maka, perilaku manusia sangat berkaitan dengan burung cenderawasih. Untuk mempertahankan burung cenderawasih, dibuka suaka margasatwa untuk melindungi hewan-hewan yang punah.

Manusia harus selalu bekerja sama untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan yang punah.




Pembelajaran 2

Let's see his video

TUGAS HARI INI

Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Hewan apa yang dipelihara Dayu?
2. Bagaimana perasaan Dayu ketika memelihara hewan peliharaan?
3. Apa yang dilakukan Dayu terhadap hewan peliharaannya?
4. Apakah Dayu sudah mendapatkan haknya? Jelaskan.
5. Apakah Dayu sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan.
6. Apakah Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara
seimbang?


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©