Hari/Tanggal : Kamis, 29 September 2022
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 3 (Kegiatan ku) / 1 (Kegiatan di Pagi Hari)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD & Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
(Mengidentifikasi kosakata peristiwa siang dan malam)
PPKN
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
(mengenal sila-sila Pancasila)
Sbdp
3.2Memahami elemen musik melalui lagu.
(Mengenal sebuah lagu)
Tujuan Pembelajaran
1.siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
2. Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
3. siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
Apersepsi :
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning my students, how are you this morning?
Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,
Ayoo sekarang siapa yang masih ingat kemarin kita belajar tentang apa? Ya betul, kita kemarin kita telah mempelajari tema 2 tentang kegemaran ku
Nah,,
Hari ini kita akan mempelajari tema baru ya yaitu tema 3 (kegiatan ku) sub tema 1 ( kegiatan di pagi hari) pembelajaran 1 yaitu kalian kana belajar tentang kosakata peristiwa kejadian di pagi hari, siang dan malam hari, mengenal sila-sila Pancasila dan terakhir kita akan menyanyi bersama.
Nah sekarang simak videonya!
Pagi yang cerah.
Matahari bersinar terang.
Udara terasa hangat.
Semua orang bersiap-siap memulai harinya.
Ada yang bersiap ke sekolah.
Ada yang bersiap ke kantor.
Ada yang bersiap ke sawah.
Ada yang bersiap ke pasar.
Banyak sekali kegiatan orang di pagi hari.
Semua bersemangat menyambut pagi.
Hewan dan tumbuhan pun berseri.
Terima kasih Tuhan atas karunia pagi hari.
Amati gambar berikut ini.
Kapan suasana seperti ini biasa kita lihat?
Apa ciri khas keadaan pagi hari?
Kegiatan apa saja yang biasa dilakukan di pagi hari?
Ayam berkokok di pagi hari.
Udin terbangun dari tidurnya.
Dia berdoa tanda bersyukur.
Udin segera mandi dan mengenakan seragam.
Setelah rapi Udin sarapan.
Selesai sarapan Udin pergi ke sekolah.
Udin berpamitan kepada ayah ibu.
Udin pergi dengan gembira.
Hari ini hari Senin.
Udin sampai di sekolah lebih pagi.
Setiap hari Senin ada kegiatan upacara.
Saat bel berbunyi Udin dan teman-teman
berkumpul di lapangan.
Mereka mengikuti upacara dengan tertib.
Kepala sekolah membacakan teks Pancasila.
Seluruh siswa mengikutinya.
Pancasila adalah dasar negara kita.
Kita harus tahu maksudnya.
Supaya dapat mengamalkannya
Mereka mengikuti upacara dengan tertib.
Kepala sekolah membacakan teks Pancasila.
Seluruh siswa mengikutinya.
Pancasila adalah dasar negara kita.
Kita harus tahu maksudnya.
Supaya dapat mengamalkannya
Adakah yang tahu lagu itu??
Yuk kita nyanyi kan bersama dengan memperhatikan panjang pendeknya.
Latihan soal :
Ok anak soleh solehah kelas 1A.
Yuk kita menyusun kalimat yang ada di sila-sila Pancasila
Evaluasi pembelajaran ;
Alhamdulillah sudah ada yang hapal sila-sila dalam Pancasila.
Nah harus kalian hapalkan ya Pancasila kita. Coba bu guru cek dulu ya.
Sila ke satu apa bunyi nya nak?
Ok betul yaitu ketuhanan yang Maha Esa.
Nah dalam sila ini kita harus percaya akan adanya Tuhan kita yaitu Allah SWT. Melakukan hal yang diperintahkan Allah dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT yaa.
Refleksi :
Baik anak soleh solehah untuk pembelajaran hari ini kalian sudah dapat menyebutkan kosakata kegiatan kita di pagi hari, dan juga menyebutkan sila-sila Pancasila. Dan yang terakhir kita tadi sudah bernyanyi lagu bangun Tidur.
Closing : alhamdulillah terimakasih sudah memperhatikan dan mengerjakan soal dengan tepat. Semoga bermanfaat ilmu yang disampaikan oleh bu guru. Wassalamu'alaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar