Hari/Tanggal : Rabu, 01 Februari 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 5 (Pengalaman ku) / 4 (Pengalaman yang berkesan)
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Bahasa Indonesia
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang
tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
PPKn
3.4 Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di rumah.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat..
2. Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.
Apersepsi :
Baik anak soleh solehah bu guru.alhamdullillah kemarin kalian sudah mempelajari ungkapan rasa persahabatan, dan hari ini kalian akan belajar tentang penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
Ringkasan Materi
Beni dan Edo menampung air hujan dengan ember.
Mereka menampungnya ke dalam dua ember.
Sekarang ember-ember itu sudah penuh.
Beni dan Edo memasukkan bola plastik ke dalam ember-ember itu.
Beni memasukkan 13 bola ke dalam ember merah.
Edo memasukkan 10 bola ke dalam ember biru.
Mereka menghitung semua bola di ember merah dan biru.
Edo Sakit
Sepulang dari kebun binatang, Edo merasa tidak sehat.
Kepalanya pusing dan suhu tubuhnya naik.
Ayah dan ibunya membawa Edo ke dokter.
Dokter mengatakan, Edo terkena flu.
Sehari sebelum pergi ke kebun binatang, ia main hujan dengan Beni.
Ayah dan ibu merawat Edo bergantian.
Ibu menyiapkan nasi dan sup hangat untuk Edo.
Ayah memastikan Edo minum obat dengan teratur.
Semua anggota keluarga bekerja sama merawat Edo.
Latihan Soal
Amatilah masalah-masalah di bawah ini.
Beri tanda (+) jika masalah itu melibatkan penjumlahan.
Beri tanda (-) jika masalah itu melibatkan pengurangan.
1. Udin memiliki 20 kelereng. Beni memberinya 11 kelereng lagi. Berapakah banyak kelereng Udin sekarang?
2. Siti membawa 15 potong singkong goreng buatan ibunya untuk dimakan bersama teman-teman.
Namun, 4 potong jatuh di jalan. Berapakah sisa singkong goreng yang dibawa Siti?
3. Lani menyiapkan 30 balon untuk perayaan ulang tahunnya. 10 balon pecah sebelum
dipasang. Berapakah balon yang masih dapat digunakan?
4. Edo dan Udin membuat jalinan karet untuk bermain lompat tali. Edo mengumpulkan 21 karet dan Udin mengumpulkan 12 karet. Berapa banyak semua karet yang mereka miliki untuk dijalin?
5. Lani dan teman-teman mengumpulkan bola plastik. Tim perempuan mengumpulkan 14
bola. Tim laki-laki mengumpulkan 16 bola. Berapa banyak bola yang mereka kumpulkan?
6. Dalam perlombaan menangkap belut, Udin menangkap 10 belut. Beni menangkap 7 belut. Berapa banyak belut yang ditangkap Beni dan Udin?
AYO LATIHAN
Ayo bantu teman-teman kita menghitung hal-hal yang mereka temui di kebun binatang.
1. Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua. Berapa banyak burung yang ada dikandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan. Berapa banyak orang utan
yang ada di kandang itu?
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Di atas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
Berapa banyak sampah tersebut?
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang. Ada 11 buaya di dalam air dan 13
buaya di luar kolam. Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?
Alhamdulillah hari ini kalian telah dapat menyelesaikan penjumlahan dalam soal cerita yang telah ibu guru berikan tentang keadaan sekitar.
besok kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya ya nak. pada pembelajaran 4
Penutup
semoga materi hari bermanfaat dan tetap jaga diri dan sholat 5 waktu nya ya sayang
0 komentar:
Posting Komentar