Hari/Tanggal : Selasa, 31 Januari 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 5 (Pengalaman ku) / 4 (Pengalaman yang berkesan)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
PJOK
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,
tolakan, putaran, ayunan melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
Bahasa Indonesia
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah melakukan kegiatan membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menulis puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
Apersepsi :
Baik anak soleh solehah bu guru.alhamdullillah kemarin kalian sudah membuat kartu ucapan terima kasih untuk mama, hari ini kita akan belajar tentang pembelajaran 2, tentang mengekpresikan uangkapan rasa persahabatan.
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
Ringkasan Materi
Siti mempunyai pengalaman yang mengesankan. Di sekolah ada praktik senam lantai. Siti belum bisa melakukannya dengan benar. Siti sangat gelisah. Lani dan Dayu melihat kegelisahan Siti. Mereka membantu Siti berlatih. Mereka memberi semangat sampai Siti bisa. Siti sangat berterima kasih kepada teman - temannya.
Siti berhasil melakukan gerakan keseimbangan. Bapak guru memujinya. Siti bersyukur.
Dukungan teman-teman membuat Siti berani mencoba lagi. Siti merasa senang memiliki teman seperti Lani dan Dayu. Di kelas, Siti menulis puisi tentang persahabatan.
Ayo, baca puisi karangan Siti.
Latihan Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah judul puisi yang ditulis oleh Siti?
_______________________________________________
2. Bagaimana perasaan Siti memiliki sahabat?
____________________________________________
3. Dalam keadaan bagaimana sahabat selalu
bersama dengan Siti?
_______________________________________________
4. Kepada siapa Siti mengucapkan terima kasih
dalam puisinya?
_______________________________________________
5. Mengapa Siti mengucapkan terima kasih?
_____________________________________
Apakah kamu memiliki sahabat?
Siapakah namanya?
Apa saja yang kamu lakukan bersamanya?
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran
Alhamdulilah, ananda soleh / solehah, telah dapat menuliskan rasa persahabatan dengan tepat, kalian dapat mengungkapkan rasa persahabatan dengan tepat.
Besok kita akan belajar pembelajaran 3, tentang penjumlahan.
Penutup.
0 komentar:
Posting Komentar