day / Date: :Rabu, 25 Oktober 2023
Lesson : Tematik
Tema 5 :Wirausaha
Muatan Pelajaran : MTK (KD. 3.7) PKN (KD 3.3), bahasa Indonesia (KD 3.6)
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara tepat.
2. siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari terkait volume balok secara benar.
3. siswa mampu mempraktikkan mengisi teks pendaftaran keanggotaan klub atau organisasi sesuai petunjuk yang diberikan secara tepat.
Good morning soleh solehah kelas VI C SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah
kalian telah mempelajari sekilas tentang sifat-sifat magnet dan jaring-jaring balok
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 di Tema 5 Subtema 1 kita akan mempelajari tentang berbagai wirausaha yang ada di kehidupan sehari-hari dan juga menghitung volume bangun ruang
Mari kita simak materi pembelajaran hari ini
RINGKASAN MATERI
Apakah kamu pernah mengamati berbagai kegiatan wirausaha yang ada di sekitarmu? Apakah kamu tahu bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usaha mereka?
Kamu akan melakukan wawancara kepada pemilik usaha kecil yang ada di sekitarmu setelah pulang sekolah. Cari tahu informasi bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usahanya dan sikap apa saja yang mereka terapkan dalam menjalankan usaha.
Tuliskan juga bagaimana kamu menghargai keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu.
nah sekarang kita akan belajar menghitung volume balok
yuk pelajari video berikut ini
panjang 59 cm, lebar 43 cm dan tinggi 50 cm. Kardus tersebut diisi penuh dengan keripik singkong. Berapakah volume dari kardus tersebut?
diketahui : p = 59 cm, l = 43 cm , t = 50 cm
ditanya : V ...?
jawaban :
V = p x l x t
V = 59 cm x 43 cm x 50 cm
V = 126850 cm
LATIHAN
1.
Sebuah kardus kue berbentuk balok diketahui berukuran panjang 28 cm, lebar 10
cm, dan tinggi 6 cm. Hitunglah volume balok tersebut!
2.
Andi memiliki bak berbentuk sebuah
balok dengan tinggi 50 cm, lebar 40 cm, dan panjang 60cm. Bak tersebut akan
diisi dengan air, maka berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi 1/3
bagian bak Andi?
3. Sebuah
bak mandi berbentuk balok dengan panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 80 cm.
Berapa liter volume air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bak mandi tersebut?
4. Sebuah balok mempunyai panjang 15 cm, dan lebarnya 10 cm. Jika volume balok adalah 6.000 cm³, berapa tinggi balok tersebut?
5. Diketahui volume suatu balok adalah 105 cm³, tinggi balok 5 cm dan panjangnya 7 cm.
Tentukan lebar balok tersebut.
Refleksi pembelajaran
Kesimpulan :
Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 5 orang atau 25 % dari jumlah siswa di kelas 6C berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu menghitung volume balok. Diberikan penjelasan dan latihan soal terkait materi tersebut.
Penutup :
alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.
wassalamualaikum wr wb
Baca artikel detikedu, "Cara Menghitung Volume Balok, Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5794185/cara-menghitung-volume-balok-lengkap-dengan-rumus-dan-contoh-soal.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Baca artikel detikedu, "Cara Menghitung Volume Balok, Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5794185/cara-menghitung-volume-balok-lengkap-dengan-rumus-dan-contoh-soal.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Baca artikel detikedu, "Cara Menghitung Volume Balok, Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5794185/cara-menghitung-volume-balok-lengkap-dengan-rumus-dan-contoh-soal.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
0 komentar:
Posting Komentar