Rabu, 08 November 20
day / Date: : Kamis 9 November 2023
Lesson : Tematik
Tema 5 : Wirausaha
Muatan Pelajaran : SBdP (3.1), IPS ( 3.3)dan Matematika (3.7)
Tujuan Pembelajaran :
1.Dengan mengamati gambar dan membaca langkah-langkah
pembuatan, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri buklet secara benar.
2. Dengan mengamati gambar dan membaca langkah-langkah
pembuatan, siswa mampu membuat buklet secara tepat.
3. Dengan diberikan soal-soal, siswa mampu menjelaskan cara
memecahkan masalah sehari-hari terkait bangun ruang gabungan
secara benar.
4. Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu
menjelaskan posisi dan peranan Indonesia di bidang ketenagakerjaan
dalam lingkup ASEAN melalui debat secara tepat.
5. Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu
mempresentasikan posisi dan peranan Indonesia di bidang
ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN melalui debat secara terperinci.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VI C SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kalian telah mempelajari materi di tema 5 subtema 3 pembelajaran 4 ya nak, dan hari ini kita akan mempelajari pembelajaran 5 tentang langkah membuat buklet, latihan mengerjakan soal matematika tentang menghitung volume bangun ruang, serta akan belajar tentang peran Indonesia terhadap ASEAN, ya nak
Ringkasan Materi
Mari menyimak video berikut ini ya nak :)
SBdP ( KD 3.1)
perhatikan contoh Buklet berikut ini!
- Meningkatkan kualitas pendidikan dengan penerapan kewajiban jenjang pendidikan.
Memberikan pelatihan lokakarya dan pelatihan kepada calon tenaga kerja.
- Memberikan bekal keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di negara-negara asing.
- Memilih calon tenaga kerja yang memenuhi persyaratan tenaga kerja yang diajukan oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN.
- Meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil yang memiliki daya saing dunia.
Perhatikan gambar berikut!
Media promosi pada gambar di atas disebut dengan ....
A. brosur
B. embalase
C. reklame
D. buklet
Soal nomor 2
Pesan-pesan grafis yang terdapat pada kemasan atau pembungkus produk agar menarik
konsumen disebut ....
A. embalase
B. brosur
C. selebaran
D. baliho
Soal nomor 3
Buklet berisi informasi tentang ....
A. cerita yang menarik
B. gambar yang humoris
C. tulisan tangan yang indah
D. deskripsi suatu produk
Soal nomor 4
Di dalam formulir pengiriman barang harus menulis alamat penerima secara lengkap agar ....
A. barang yang dikirim menjadi aman
B. biaya kiriman menjadi murah
C. memudahkan kurir memeriksa barang
D. dapat terkirim ke alamat yang tepat
Soal nomor 5
Bagian kepala formulir biasanya berisi ....
A. tanda tangan dan nama pengisi formulir
B. tanggal lahir dan jenis kelamin
C. nama lembaga dan alamat
D. alamat rumah dan nomor telepon
Soal nomor 6
Manfaat mengisi nomor telepon penerima ketika mengisi formulir pengiriman barang antara lain
adalah ....
A. jika kurir kesulitan menemukan alamat penerima bisa langsung menghubungi penerima lewat
telepon
B. jika kurir kesulitan menemukan alamat penerima bisa memberikan telepon ke rumahnya
C. jika kurir ingin membuka barang kiriman bisa minta izin ke penerima lewat telepon
D. jika kurir tidak bisa mengirimkan barang maka bisa dibatalkan lewat telepon
Soal nomor 7
Setelah memberi motor di sebuah dealer, Ali mengisi formulir pengiriman barang agar motor
yang dibelinya dapat dikirim ke rumah. Formulir adalah ....
A. surat keterangan
B. lembar isian
C. data penting
D. lembar jawab
Soal nomor 8
Sikap yang menghambat kesuksesan dalam berwirausaha adalah .....
A. khawatir jika gagal
B. kerja keras
C. pantang menyerah
D. berani mengambil resiko
Soal nomor 9
Cara menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas adalah ....
A. mengadakan festival seni
B. memberikan penyuluhan ketrampilan
C. membaatasi jumlah tenaga kerja
D. mengadakan pembagian sembako
Soal nomor 10
Usaha akan bisa berkembang jika kita ....
A. tekun dalam berusaha
B. menjual barang-barang yang mahal
C. banyak meminjam uang
D. rajin memberikan hadiah promosi
Refleksi pembelajaran
Kesimpulan :
Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 2 orang atau 10 % dari jumlah siswa di kelas 6C berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu tentang menghitung volume bangun ruang. Diberikan penjelasan terkait materi tersebut.
Penutup :
alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.
wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar