Senin, 18 November 2024

Materi ajar senin 18 November 2024

| |

 


Welco De to SD AL-AZHAR 3 Bandar Lampung
La
Hari/Tanggal : Senin, 18 November 2024

Kelas : 4A

Cp BAhasa indonesia

Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.

Tujuan Pembelajaran
4.1. Peserta didik dapat memahami kata-kata baru dari teks yang dibaca dan didengar serta dapat menggunakannya dalam percakapan lisan dan tulisan yang dibuatnya.

Fokus materi : karangan menggunakan adisimba

👀Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik mampu mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

tujuan pembelajaran:
4.4 peserta didik dapat mengidentifikasi garis tegak lurus
fokus materi :Jenis-jenis segiempat

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Apresepsi
Halo my students, How are you today. Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??

Apersepsi Bahasa Indonesia
Setelah minggu lalu kita belajar diskusi hari ini kita lanjutkan ke materi karangan menggunakan adiksimba
Mari simak video berikut ini juga


Adiksimba adalah unsur  yang harus ada di dalam sebuah berita. Keberadaan unsur tersebut membuat informasi yang disampaikan menjadi jelas dan mudah dipahami oleh para pendengar maupun para pembaca.

Adiksimba adalah singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Sebutan Adiksimba diambil dari unsur 5W1H yakni what, where, when, who, why dan how. 5W dan 1H atau Adiksimba adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mendapatkan informasi berita secara lebih kaya dan mendalam.

Adapun penjelasan dari unsur Adiksimba adalah sebagai berikut ;
  1. What atau Apa adalah pertanyaan mengenai apa yang sedang terjadi. Fokus utama pertanyaan ini adalah tentang peristiwa.
  2. Where atau Di mana adalah pertanyaan yang menitikberatkan kepada tempat terjadinya peristiwa.
  3. When atau Kapan kejadiannya adalah membahas unsur waktu. Biasa ditulis, misalnya, Senin (22/4) atau Senin, 22 April 2023.
  4. Who atau Siapa adalah membahas sosok yang terlibat dalam peristiwa. Sosok ini bisa berupa pelaku, korban, pemeran utama, peran pengganti, figuran, orang, lembaga, organisasi, dan sebagainya.
  5. Why atau Mengapa adalah pertanyaan mengenai penyebab terjadinya sesuatu, latar belakang atau tujuan.
  6. How atau Bagaimana proses kejadiannya, apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya, ada polisi tidak, rusuh tidak, damai-damai saja, diguyur hujan, pemateri menyampaikan apa saja, dan lain sebagainya.
Jawaban dari semua pertanyaan Adiksimba tersebut kemudian dapat dijadikan sebagai ide pokok dari penulisan sebuah berita. Berita dapat dikatakan sebagai berita yang baik apabila memuat unsur Adiksimba tersebut.
Nantinya, setiap jawaban bisa dikembangkan lagi. Mislanya pertanyaan Who (siapa) bisa dikembangkan dengan menambahkan umur, jabatan, pengalaman, prestasi, tugas dan lain sebagainya untuk memperjelas posisi Who disini.
Matematika
Apersepsi
Setelah kemarin kita belajar tentang garis tegak lurus. Hari ini kita masuk ke dlam materi jenis-jenis segi empat.
Mari perhatikan video berikut ini

Jenis-jenis segi empat adalah kotak atau persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, belah ketupat, dan layang-layang.

Perhatikan media pembelajaran berikut ini


Berikut penjelasan nya:

Kotak atau persegi


Kotak atau persegi adalah jenis segi empat dengan empat sisi yang sama panjang dan empat sudut siku-siku. Sifat segi empat kotak atau persegi adalah:
Memiliki empat sisi sama panjang (AB = BC = CD = AD)
Memiliki dua pasang sisi yang sejajar (AB//CD dan AD//BC)
Empat sudutnya sama besar (∠A = ∠B = ∠C = ∠D)
Kedua diagonalnya saling tegak lurus (AC ⊥ BD)
Kedua diagonalnya dan sama panjang (AC = BD)
Diagonalnya membagi dua bagian dengan luas yang sama.

Persegi panjang


Persegi panjang adalah jenis segi empat yang memiliki dua pasang sisi berhadapan dan empat sudut siku-siku. Sifat-sifat persegi panjang adalah:

  • Memiliki dua pasang sisi sejajar (AB//CD dan AD//BC)
  • Pasangan sisi yang sejajar sama panjang (AB = CD dan AD = BC)
  • Empat sudutnya sama besar (∠A = ∠B = ∠C = ∠D = 90°)
  • Kedua diagonalnya dan sama panjang (AC = BD)
  • Diagonalnya membagi dua bagian dengan luas yang sama.

Jajar genjang

 jajar genjang adalah segi empat dengan dua pasang sisi yang berhadapan sejajar. Sifat-sifat jajar genjang adalah:

  • Memiliki dua pasang sisi sejajar (AB//CD dan AD//BC)
  • Pasangan sisi yang sejajar sama panjang (AB = CD dan AD = BC)
  • Dua sudut yang berdekatan jumlahnya 180° ((∠A + ∠B = ∠B + ∠C = ∠C + ∠D = ∠D + ∠A = 180°)
  • Diagonalnya membagi dua bagian dengan luas yang sama.
  • Kedua diagonalnya tidak sama panjang.

Trapesium

Trapesium adalah jenis segi empat yang sepasang sisinya sejajar, memiliki alas, atap, dan juga dua kaki. Trapesium terbagi menjadi dua yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sama kaki.

Sifat trapesium siku-siku:

  • Memiliki dua sudut siku-siku (∠A = ∠D = 90°)
  • Sifat trapesium sama kaki:
  • Memiliki kaki sama panjang (AD = BC)
  • Memiliki dua diagonal yang sama panjang (AC = BD)
  • Pasangan sudut pada alas dan atas sama besar (∠A = ∠B dan ∠C = ∠D)

Belah ketupat



Belah ketupat adalah segi empat dengan empat sisi yang sama, namun sisi-sisinya miring. Sifat-sifat belah ketupat adalah:

  • Memiliki empat sisi sama panjang (AB = BC = CD = AD)
  • Memiliki dua pasang sisi yang sejajar (AB//CD dan AD//BC)
  • Kedua diagonalnya saling tegak lurus (AC ? BD)
  • Kedua diagonalnya dan sama panjang (AC = BD)
  • Diagonalnya membagi dua bagian dengan luas yang sama.
  • Sudut-sudut yang saling berhadapan sama besar (∠A = ∠C dan ∠B = ∠D)

Layang-layang

Layang-layang adalah jenis segi empat dengan pasangan sisi berdekatan yang sama panjang dan miring. Sifat-sifat layang-layang adalah:

  • Memiliki dua pasang sisi yang berdekatan sama panjang (AD = BD dan DC = BC)
  • Memiliki pasangan sudut tumpul berlawanan yang sama besar (∠A = ∠C)
  • Memiliki dua diagonal yang saling tegak lurus. 
Latihan soal :


1) Gambar di atas merupakan gambar bangun ….
a. Belah ketupat
b. Persegi
c. Jajar genjang
d. Trapesium

2) Bangun datar segiempat yang memiliki 4 sudut sama besar adalah ….
a. Persegi panjang dan belah ketupat
b. Trapesium dan jajargenjang
c. Layang-layang dan persegi
d. Persegi dan persegi panjang

3)Bangun datar yang memiliki sudut siku-siku antara lain adalah ….
a. Persegi, belah ketupat, dan layang-layang
b. Persegi panjang, persegi, dan trapesium
c. Trapesium, jajar genjang dan belah ketupat
d. Segiempat sembarang, persegi dan jajar genjang

4) Bangun datar segiempat yang memiliki 2 pasang sisi sejajar sama panjang adalah ….
a. Persegi panjang dan jajar genjang
b. Persegi dan belah ketupat
c. Layang-layang, trapesium, dan belah ketupat
d. Belah ketupat, persegi panjang, dan layang-layang

5) Perhatikan ciri-ciri bangun berikut ini:

i. Memiliki 4 buah sisi
ii. Memiliki 2 pasang sisi berdekatan yang sama panjang
iii. Memili 4 buat sudut
iv. Memiliki 2 buah sudut yang sama besar
v. Memiliki 2 buah sudut tumpul dan 2 buah sudut lancip
vi. 2 diagonalnya berpotongan tegak lurus

Sifat-sifat di atas merupakan ciri-ciri bangun ….
a. Belah ketupat
b. Layang-layang
c. Persegi panjang
d. Trapesium

Kesimpulan

Alhamdulillah ananda soleh solehah pada pembelajaran hari ini sudah memahami dan dapat mengerjakan soal latihan nya dengan baik. 

Refleksi dan evaluasi

Apakah hari ini menyenangkan..? 

Semoga pembelajaran hari membuat ananda lebih bersemangat belajar ya nak.. 

Penutup

Demikian pembelajaran hari ini. Miss akhiri wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©