KISI KISI SUMATIF AKHIR SEMESTER KELAS 4 A PELAJARAN IPAS
Identity :
Day/Date : Senin 2 Juni 2025,
Grade : 4 A
Lesson : IPAS
Capaian Pembelajaran :
"Pada akhir fase B, peserta didik menjelaskan tugas,
peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta
mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam
bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/ kabupaten dan provinsi
tempat tinggalnya pada peta konvensional/ digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan
lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman
budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan
bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat mengetahui kisi kisi soal ujian SAS
KISI KISI PELAJARAN IPAS
"Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pernyataan adanya interaksi sosial.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan jenis interaksi sosial.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis bentang alam yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan nama-nama prodfesi, peserta didik dapat menunjukkan profesi berkaitan dengan suatu bentang alam.
Disajikan gambar dan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis peta.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan komponen yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih gambar fauna yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis flora yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih gambar tarian daerah yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan asal daerah suatu makanan khas.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan asal suatu lagu daerah.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan asal kearifan lokal suatu daerah yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan gambar kearifan lokal, peserta didik dapat menyimpulkan nama kearifal lokal tersebut.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan manfaat dari kegiatan mempelajari sejarah.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan bukti adanya perubahan sejarah.
Disajikan suatu biografi tokoh, peserta didik dapat menentukan asal daerah tokoh tersebut.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nama tokoh yang terdapat di dalam gambar.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih nama provinsi pertama di Indonesia.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan jenis kebutuhan yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan suatu sebab pemenuhan kebutuhan manusia, peserta didik dapat menentukan akibat yang ditimbulkan.
Disajikan ilustrasi cerita barter, peserta didik dapat mengartikan suatu kata.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan jenis kegiatan ekonomi suatu barang yang dimaksud.
Disajikan ilustrasi cerrita, peserta didik dapat menyimpulkan penggolongan suatu barang berdasarkan skala prioritas.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan jenis pelaku kegiatan ekonomi yang dimaksud dalam cerita.
Disajikan nama-nama benda, peserta didik dapat menyimpulkan istilah untuk benda tersebut terkait pemenuhan kebutuhan.
Disajikan nama-nama benda, peserta didik dapat menentukan istilah untuk benda-benda tersebut terkait dengan alat pembayaran.
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan interaksi sosial berdasarkan pelaku.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan jenis bentang alam yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan suatu peta, peserta didik dapat memilih tanda panah yang menunjukkan wilayah tempat tinggalnya.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan wilayah salah satu fauna endemik di Indonesia.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan nama makanan tradisional yang dimaksud dalam cerita.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan asal daerah suatu kearifal lokal yang ada di Indonesia.
Disajikan suatu pengertian, peserta didik dapat menyimpulkan istilah dari kata yang berkaitan dengan kebutuhan manusia.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis uang.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menuliskan nilai mata uang yang ditunjukkan dalam gambar.
Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan peran suatu tokoh cerita terkait kegiatan ekonomi.
Disajikan gambar peta, peserta didik dapat menganalisis komponen-komponen yang ada di dalam peta tersebut .
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan kebudayaan suatu daerah terkait suku, lagu, dan makanan khas.
Disajikan gambar kearifan lokal, peserta didik dapat mengaitkan gambar dengan tujuan pelaksanaan dan asal daerah kearifan lokal.
Disajikan beberapa ilustrasi kebutuhan manusia, peserta didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam diagram prioritas.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikan barang-barang sesuai jenis kebutuhan manusia berdasarkan intensitas kegunaannya.
Kesimpulan
Semoga pelajaran ipas besok ananda dapat mengerjakan dengan tepat.
Selamat belajar
Penutup
Wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar