Hari/Tanggal : Rabu, 11 Januari 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 5 (Pengalaman ku) / 2 (Pengalaman Bersama Teman)
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
BAHASA INDONESIA
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
PJOK
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
|
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa
dapat menjelaskan sikap permintaan maaf dengan tepat.
1. siswa dapat menjelaskan sikap permintaan maaf dengan tepat. |
2. Melalui
kegiatan menulis surat permintaan maaf, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan maaf tulis dengan
tepat.
Apersepsi :
Baik
anak soleh solehah bu guru.. Pembelajaran 1 kemarin di subtema 2 ini kalian
telah dapat mengidentifikasi kalimat-kalimat permintaan maaf
Hari ini kita akan belajar kita akan belajar melanjutkan subtema 2 mengetahui manfaat maaf memaafkan
Tujuan pembelajaran kita adalah kalian dapat menngetahui manfaat dari saling memaafkan
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
mari kita saksikan video pembelajaran berikut ini
Ringkasan Materi
Manfaat Maaf-Memaafkan
Udin dan teman-teman berada di kelas.Ibu guru sedang menjelaskan manfaat meminta dan memberi maaf.
Orang yang meminta maaf dapat terlepas dari rasa bersalah.
Memaafkan dapat menyelesaikan permasalahan.
Kita harus meminta maaf jika bersalah.
Kita pun harus memaafkan jika ada teman yang meminta maaf.
Saling memaafkan dapat menciptakan hubungan pertemanan yang lebih baik.
Pagi tadi, Beni bangun kesiangan.
Beni terburu-buru berangkat ke sekolah.
Beni bertugas piket hari ini.
Di depan kelas, Beni menabrak Edo. Buku yang Edo bawa terjatuh.
Beni meninggalkan Edo dengan rasa bersalah.
Setelah mendengar penjelasan bu uru, Beni menulis surat untuk Edo.
Beni ingin meminta maaf kepada Edo.
Beni terburu-buru berangkat ke sekolah.
Beni bertugas piket hari ini.
Di depan kelas, Beni menabrak Edo. Buku yang Edo bawa terjatuh.
Beni meninggalkan Edo dengan rasa bersalah.
Setelah mendengar penjelasan bu uru, Beni menulis surat untuk Edo.
Beni ingin meminta maaf kepada Edo.
Edo sudah memaafkan Beni.
Persahabatan mereka kembali baik.
Persahabatan mereka kembali baik.
Perhatikan video ini. kalian dapat mengungkapkan permintaan maaf seperti ini yaa
Kini Edo dan Beni berolahraga bersama teman- teman.
Mereka berlatih gerakan bertumpu dengan kursi.
Berikut langkah-langkah gerakan bertumpu.
1. Sikap awal, tangan kanan bertumpu pada kursi. berdiri pada kaki kanan.
2. Sapukan kaki kiri dari arah depan, samping, hingga belakang.
3. Ulangi gerakan, pindahkan tumpuan pada tangan kiri.
4. Kaki kanan disapukan dari arah depan, samping, hingga belakang.
TUGAS KELOMPOK
Sekarang, ceritakan peristiwa yang terjadi pada tiap-tiap gambar.
Gambar 1 : _____________________________________
Gambar 2: _____________________________________
Gambar 3: _____________________________________
Gambar 4: _____________________________________
Gambar 5: _____________________________________
Gambar 6: _____________________________________
Gambar 1 : _____________________________________
Gambar 2: _____________________________________
Gambar 3: _____________________________________
Gambar 4: _____________________________________
Gambar 5: _____________________________________
Gambar 6: _____________________________________
Lani meminta maaf kepada Siti ada pada gambar?
1. Mengapa Lani meminta maaf kepada Siti?
_________________________________________________
1. Mengapa Lani meminta maaf kepada Siti?
_________________________________________________
2. Menurutmu, bagaimanakah sikap Lani yang meminta maaf kepada Siti?
______________________________________________
3. Mengapa kamu berpendapat demikian?
______________________________________________
3. Mengapa kamu berpendapat demikian?
_______________________________________________
4. Jika kejadian yang dialami Siti menimpamu, apa yang kamu lakukan?
_______________________________________________
4. Jika kejadian yang dialami Siti menimpamu, apa yang kamu lakukan?
_______________________________________________
Evaluasi Dan Refleksi Pembelajaran
alhamdulillah anak soleh solehah bu guru sudah dapat menuliskan permintaan maaf dengan baik. Nah sekarang kalian dapat memperaktekkannya ya dan jangan takut berani untuk meminta maaf jika kita melakukan kesalahan terhadap orang lain ya..
dan untuk pembelajaran besok, kita akan belajar di pembelajaran 3 tentang Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya dengan blok Dienes serta mengetahui aturan yang berlaku di rumah .
Penutup
\\
0 komentar:
Posting Komentar