Kamis, 09 Oktober 2025

Materi Ajar Kamis 09 oktober 2025

| |

  

 


Identitas :

Hari/tanggal              : kamis, 09 oktober  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Mata pelajaran         : IPAS & Bahasa Indonesia 

Alokasi waktu           : 1×35 menit

pertemuan ke            : 1

Model pembelajaran : IPAS (PJBL) dan BAhasa Indonesia (PBL)

Media pembelajaran :LKPD,piramida makanan dan buku teks fiksi/non fiksi 

🌠 Capaian Pembelajaran : Ipas
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; 

🌅Tujuan Pembelajaran : IPAS

2.10 Peserta didik bisa memanfaatkan gaya magnet untuk aktivitas kegiatan sehari-hari


Materi IPAS : apa itu magnet?


🌠 Capaian Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai- nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

🌅Tujuan Pembelajaran :

2.3Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya

materi bahasa indonesia : 

Membaca teks ekspresi diri melalui hobi


Ringkasan Materi

Apersepsi:

Good morning my Student? 
How's life? Hopely you are very kind and happy . 

Before we study let's pray together start. 

Now let's study with miss ya

IPAS


A. Pengertian Magnet
Pada mulanya di suatu daerah pertambangan logam ditemukan logam yang ternyata mampu menarik logam lain meskipun tak semua logam bisa tertarik. Kemudian logam -logam yang ditemukan ternyata ada yang menarik kuat, ada yang menarik lemah dan ada juga yang tak dapat menarik logam.

Magnet sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu magnítis líthos yang memiliki arti batu Magnesian. Di wilayah tersebut memiliki kandungan batu magnet, dan Magnesia itu sendiri merupakan sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu saat ini bernama Manisa.

Jika sebuah magnet berada di antara serbuk besi, maka akan terlihat banyak serbuk yang menempel di kedua ujung magnet banyak sekali. Semakin tengah semakin sedikit serbuk besi yang menempel.Artinya kedua ujung magnet tempat berada gaya tarik paling kuat. Sedangkan bagian tengah tidak memiliki gaya tarik magnet atau netral. B. Sifat Magnet
Apa yang membedakan magnet dengan benda lain? Tentu saja ada sifat unik yang dimiliki magnet itu, apa sajakah itu? Pelajari berbagai fakta menarik tentang magnet melalui buku Jago Fisika : Magnet Dan Listrik.Rak buku

1. magnet bisa menarik benda tertentu
Magnet hanya menarik benda tertentu di sekitarnya, jadi tidak semua benda bisa ditarik magnet meskipun benda tersebut ada disekitarnya.

Ada bahan-bahan tertentu yang bisa ditarik magnet . Bahan-bahan tersebut jenis logam. Tapi, tak semua logam bisa ditarik magnet, tergantung jenisnya. Kemudian ada logam yang tertarik begitu kuat , namun ada juga yang lemah.

2. Magnet memiliki dua kutub
Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kedua Kutub letaknya di ujung. Disitulah kekuatan magnet begitu kuat.Medan magnet Bumi ditemukan pada tahun 1600 oleh seorang William Gilbert, ilmuwan saintis paling terkemuka di Inggris. Gilbert berteori bahwa Bumi berfungsi sebagai batang magnet raksasa yang memengaruhi semua benda magnet di Bumi.

Dikutip dari NASA bahwa , inti Bumi adalah elektromagnetik padat yang dikelilingi inti cair (besi dan nikel cair) yang di dalamnya mengalir arus listrik.Arus listrik pada inti cair ini menyebabkan medan magnet Bumi yang begitu kuat mencakup seluruh Bumi juga luar angkasa di sekitarnya.

Bumi sebagai magnet yang sangat besar dengan kutub utara magnet bumi di sekitar kutub selatan bumi, sebaliknya kutub selatan magnet di sekitar kutub utara bumi.utub utara medan magnet bebas menghadap ke utara karena ditarik kutub selatan magnet bumi yang terletak di sekitar kutub utara bumi. Kutub selatan magnet bebas menghadap ke selatan karena ditarik kutub utara magnet bumi yang letaknya di sekitar kutub selatan bumi. Arah garis gaya magnet berada dalam medan magnet bumi dari arah kutub selatan bumi menuju kutub utara bumi. Kok bisa?

Letak kutub-kutub magnet bumi tidak tepat pada letak kutub-kutub bumi loh! Oleh karena itu jarum kompas akan membentuk sudut terhadap arus utara-selatan maupun dengan bidang mendatar bumi. Arah sumbu magnet jarum kompas membentuk sudut dengan arah utara-selatan bumi. Sudut ini disebut sudut deklinasi.Sudut deklinasi adalah penyimpangan arah jarum kompas dengaan arah utara dan selatan bumi yang sesungguhnya. Besar sudut deklinasi di berbagai tempat tidaklah sama, dan juga tiap tahun mengalami perubahan.Karena sudut deklinasi mengalami perubahan setiap tahunnya dan seiring kemajuan teknologi, lambat laun kompas dianggap kurang akurat lagi menjadi penunjuk arah.Adalah Radio Beacons yang menggantikan penggunaan kompas untuk menginformasikan arah utara dan selatan bumi, termasuk juga penjuru angin dengan tepat.

3. Kutub yang berbeda akan saling menarik, kutub yang sama akan saling menolak.
Jika kutub sejenis didekatkan maka akan terjadi gaya tolak menolak, sementara jika kutubnya berlawanan akan terjadi tarik menarik.

Misalkan kita dekatkan kutub utara dengan utara, maka kedua magnet akan saling menolak. Namun jika kita dekatkan kutub utara dan selatan, maka akan terjadi gaya tarik menarik.

Kalau kita menggunakan magnet alami dan saat mendekatkan kedua ujung ternyata saling menolak maka bisa kita simpulkan kutub mereka berbeda, sementara jika saling menarik , yakinlah bahwa kutubnya berbeda.

O, ya Jika sebuah magnet dipotong-potong menjadi bagian kecil ternyata potongan-potongan kecil itu akan membentuk kutub-kutub magnet yang baru.Sekecil apapun ukurannya, tetap masih memiliki sifat kemagnetan.

Jadi sebuah magnet terdiri dari magnet-magnet kecil yang terletak berderet dari kutub utara menghadap ke arah kutub selatan magnet dan sebaliknya kutub selatan menghadap ke kutub utara magnet. Magnet-magnet kecil tersebut dinamakan magnet elementer.

4. Gaya magnet bisa menembus penghalang.
Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda. Jadi meskipun ada logam yang terhalang oleh kaca atau kertas, namun logam tersebut tetap terkena gaya magnet. Jadi bukan sulap bukan sihir ya kalo magnet tetap bisa menarik logam meskipun terhalang.

Untuk membuktikan, coba saja kita taburkan serbuk besi di atas kertas lalu kita taruh magnet di balik kertas. Meskipun terhalang kertas, namun serbuk besi akan bergerak seiring magnet digerakan. Mau digerakkan ke atas,ke bawah ke kanan dan ke kiri serbuk besi akan mengikuti.

5. Memiliki Medan magnet
Magnet memiliki medan magnet yang akan mengeluarkan gaya magnet. Gaya magnet magnet akan semakin rapat jika di dekat medan magnet, namun akan menjauh jika jaraknya juga menjauh dari medan magnet

a. Pengertian medan gaya magnet
Apakah itu medan gaya magnet?
Medan gaya magnet adalah ruang disekitar magnet yang masih ada pengaruh gaya tarik magnetnya.

Medan gaya magnet digambarkan sebagai garis lengkung yang disebut garis gaya magnet.

Penasaran mau melihat seperti apa gaya garis magnet? coba taburkan serbuk besi diatas kertas putih, jika kita menyimpan magnet dibalik kertas tersebut, maka serbuk besi akan menunjukkan sebuah keteraturan, mereka akan berada di daerah sekitar medan magnet

b. pola garis gaya Magnet
Pola garis gaya ketika kutub yang sama jenis didekatkan terlihat garis gaya yang terbentuk saling menjauhi, hingga seolah ada ruang kosong. Misalnya kita dekatkan kutub utara dengan kutub utara atau kutub selatan dengan kutub selatan.

pola garis gaya magnet

Sementara itu jika kutub beda jenis didekatkan, kutub utara jika didekatkan dengan kutub selatan
maka terlihat pola garis gaya saling menyambung dari kutub ke kutub.

bahasa indonesia


Hobi adalah kegemaran yang sering dilakukan untuk kesenangan. Setiap orang
memiliki hobi yang berbeda-beda. Majulah ke depan kelas. Berikan petunjuk kepada
teman kalian tentang hobi kalian melalui gerakan tubuh tanpa bicara. Biarkan
mereka menebaknya. Kalian dapat mengangguk dan menggeleng saat menjawab
pertanyaan dari teman kalian.
Apakah teman-teman kalian dapat menebak hobi kalian dengan tepat? Sekarang,
giliran kalian untuk menebak hobi teman kalian.

Bacalah teks di bawah ini dengan saksama.

Ekspresi Diri Melalui Hobi


Namaku Jefri Mamantouw, kelas lima SD. Aku anak yang pintar. Nilainilaiku tidak pernah di bawah delapan. Pelajaran yang paling aku minati adalah
Matematika, menggambar, dan keterampilan. Sayangnya, aku tidak mempunyai
banyak teman. Itu karena aku sedikit gagap dan kurang pandai berbicara.
Ayahku berjualan suku cadang motor di garasi rumah kami di Kota Manado.
Ayah mempunyai banyak kardus bekas yang ditumpuk di pojok garasi. Kardus
tidak terpakai itu boleh kupakai. Aku mencoba membuat sesuatu. Lebih dulu aku
menggambar suatu pola di kertas. Aku lalu menjiplaknya di kardus. Aku memotong
pola itu dan menempel bagian-bagiannya dengan lem super punya ayah. Jadilah
mobil-mobilan!
Aku tidak berhenti sampai di situ. Aku ingin mainan yang bisa dibongkar
pasang. Aku mencari tahu cara membuatnya di internet. Sepulang sekolah, aku
mencoba membuat mainan kardus yang bisa dirakit tanpa menggunakan lem.
Setiap minggu aku membuat satu mainan. Model hewan, model kendaraan, dan
model rumah-rumahan. Iseng-iseng, semua mainan yang kubuat itu kupasang di
garasi ayah.
Pada awalnya, beberapa orang dan teman yang melihat karyaku,
menertawakannya. Mereka menganggapku buang-buang waktu dengan barang
bekas. Namun, aku tidak memedulikannya. Kegiatan ini sudah menjadi hobi yang
menyenangkan buatku.
Suatu hari, ada pelanggan ayah datang ke toko. Model kuda kardus yang aku
pasang di atas lemari toko, menarik perhatiannya. Kami berbincang-bincang lama.
Aku senang ada yang memuji karyaku. Ia meminta izin untuk memotret hasil-hasil
karyaku dan memajangnya di media sosial.
Sejak saat itu, koleksi mainan kardusku mulai dikenal. Banyak pengunjung toko
ayah datang untuk melihat koleksiku bahkan tertarik membelinya. Teman-temanku 
 juga berdatangan. Kata ayah, mainan buatanku menginspirasi teman-temanku
untuk membuatnya sendiri. Saat ini, aku berencana membuat video tutorial
membuat mainan dari kardus bekas, agar lebih banyak anak-anak bisa menciptakan
karyanya sendiri.
Inspirasi tulisan: http://twobitcircus.org/caine 

latihan 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. 
1. Bagaimana Jefri menghabiskan waktu luangnya? 
2. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan Jefri untuk membuat mainan?
3. Bagaimana proses membuat mainan dari kardus bekas?
4. Mengapa Jefri menggunakan kardus bekas?
5. Apa saja barang yang Jefri ciptakan? 6. Bagaimana mainan kardus Jefri menjadi terkenal?

kesimpulan
pada pelajaran hari ini materi ipas tentang magnet, dengan media gambar dan video pembelajaran terkait magnet, pada materi bahasa indonesia dapat peribadi dah ga sanggup dalam membacak ceritanya.

penutup. 
demikian penjelasn ini, semoga bermanfaat. wasalamualaikum w

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

STS day 3 Selasa 14 Oktober 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©