Senin, 27 Oktober 2025

Materi Ajar senin 27 oktober 2025

| |

 

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Bahasa Indonesia (Ekspresi diri melalui Hobi)


IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Senin,  27 oktober  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Mata pelajaran         : Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia,Seni Rupa & matematika

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 1

Model pembelajaran : Pendidikan Pancasila PJBL); (Matematika PBL); (Seni Rupa PBL) dan Bahasa Indonesia PBL)

Media pembelajaran : LKPD & Video Pembelajaran

🌠 Capaian Pembelajaran : 
Pendidikan Pancasila 
2.3 Peserta didik melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan anturan bersama serta menerapkan nya dalam lingkungan keluarga dan sekolah

🌠 Capaian Pembelajaran :
 Bahasa Indonesia

3.1 melalui kegiatan menyimak petunjuk yang diberikan dengan seksama, peserta didik dapat belajar memahami dan menganalisis petunjuk untuk menemukan jawaban

🌠 Capaian Pembelajaran :
Seni Rupa
3.1 Peserta didik dapat menentukan produk karya seni ikatan dan menyimpul.
 
🌠 Capaian Pembelajaran : matematika
1.1 
Peserta didik juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal

 
🌅Tujuan Pembelajaran : Pendidikan Pancasila
2.1 Murid dapat memahami arti penting musyawarah 

🌅Tujuan Pembelajaran : matematika 
3.1 Murid dapat memahami Pengertian pecahan, pecahan senilai, dan mengurutkan pecahan 

🌅Tujuan Pembelajaran :Seni Rupa
3. 1 Peserta didik dapat menentukan produk karya seni ikatan dan menyimpul.

🌅Tujuan Pembelajaran : Bahasa Indonesia
3.1 Murid dapat menyimak petunjuk untuk menebak hobi
 
💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar tentang sumatif tengah Semester  dan sudah remedial hari ini kita masuk ke pembelajaran baru ya nak.

💫 Materi Pembelajaran : 

Pendidikan Pancasila 



Arti penting musyawarah dalam kehidupan manusia.

 Pada materi Pendidikan Pancasila Kurikulum kita akan belajar tentang arti musyawarah.

Musyawarah adalah proses pembahasan bersama tentang suatu hal dengan maksud mencapai keputusan bersama.

Musyawarah juga bisa disebut sebagai cara untuk mendapat keputusan adil melalui kesepakatan yang dilakukan bersama.

Di lingkungan sekitar, kita sering melihat proses pemilihan ketua RT, ketua kelas, hingga ketua karang taruna.

Biasanya, pemilihan ketua itu dilakukan lewat diskusi, penyampaian pendapat, dan disepakati satu pilihan tertentu.

Ini artinya, proses yang dilakukan dalam memilih ketua itu adalah proses dalam musyawarah, teman-teman.

Arti Penting Musyawarah di Kehidupan

Arti musyawarah dalam kehidupan adalah berdiskusi untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.

Musyawarah merupakan cara yang tepat untuk mengambil keputusan bersama dan merupakan bagian dari demokrasi.

Jika musyawarah terus diterapkan dalam kehidupan manusia, maka ada banyak manfaat yang bisa didapat, yakni:

1. Masalah Bisa Terselesaikan dengan Baik

Umumnya, musyawarah dilakukan dalam suatu kelompok masyarakat karena ada masalah di lingkungannya.

Dengan musyawarah, kita bisa mendapat beberapa pilihan penyelesaian masalah yang jadi kepentingan bersama.

Pendapat yang berbeda antar peserta musyawarah bisa memberi banyak sudut pandang untuk masalah itu.

Banyaknya sudut pandang itu membuat masalah dalam kelompok masyarakat bisa terpecahkan dengan baik.

2. Menyatukan Pendapat yang Berbeda

Perbedaan pendapat pasti ditemukan di setiap musyawarah. Sebab, musyawarah melibatkan lebih dari satu pihak.

Perlu diketahui, perbedaan pendapat dalam musyawarah adalah hal biasa dan bisa dimaknai sebagai suatu seni.

Hal ini karena pendapat yang berbeda-beda itu bisa dikumpulkan untuk ditinjau tentang baik dan buruknya.

Pada akhirnya, dalam musyawarah akan dipilih pendapat yang paling baik untuk disepakati dan dijalankan bersama.

3. Melatih Mengemukakan Pendapat

Dalam proses musyawarah di berbagai tingkatan, setiap orang biasanya memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Dengan adanya musyawarah, kita bisa berlatih untuk mengutarakan pendapat demi mencari solusi atas masalah.

Misalnya, ketika ada musyawarah membahas tempat liburan di keluarga. Setiap anak mengutarakan pendapatnya.

Hal ini bisa melatih anak untuk berbicara dan mengemukakan pendapat nantinya di lingkup yang lebih luas lagi.

4. Meningkatkan Kebersamaan

Manfaat musyawarah dalam kehidupan selanjutnya adalah untuk mempererat hubungan persaudaraan antar peserta.

Saat musyawarah berlangsung, setiap peserta akan berkumpul. Nah, tiap-tiap peserta itu punya karakter berbeda.

Seluruh peserta musyawarah itu diharapkan bisa saling terbuka dalam membahas suatu kepentingan bersama itu.

Hal ini bisa membuat peserta musyawarah jadi lebih dekat karena bersama-sama memahami keinginan satu sama lain.

5. Menghasilkan Keputusan yang Adil

Musyawarah bisa disebut sebagai proses audiensi yang keputusannya diambil berdasarkan kesepakatan bersama.Kesepakatan yang dihasilkan itu tanpa unsur paksakan. Jadi, seluruh peserta bisa menjalankan keputusan dengan baik.

Ini artinya, keputusan yang diambil melalui musyawarah itu bersifat adil dan tidak merugikan peserta musyawarah lain.

Seni Budaya




kegiatan Mengenal dan Mengeksplorasi Ikatan dan Simpul. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah siswa dapat menentukan produk karya seni ikatan dan menyimpul. Siswa dapat menganalisis cara pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul yang berada di daerah sekitar. Siswa dapat memilih aneka bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul.


Pada Pembelajaran kali ini siswa diajak untuk mengenali berbagai aneka produk dengan ikatan dan menyimpul, jenis-jenisnya serta bahan-bahan untuk membuatnya yang terdapat di daerah setempat. Dalam proses pembelajaran guru dapat memilih pendekatan problem based instruction (PBI) atau model lain yang di pandang cocok untuk pembelajaran merangkai karya seni ikatan dan menyimpul dengan teknik yang sederhana. Untuk mengukur kompetensi dilakukan melalui penilaian perbuatan(performance test) dengan bentuk tes kinerja/tes praktik untuk mengamati hasil kerja siswa dalam pembelajaran merangkai karya seni ikatan dan menyimpul dengan teknik yang sederhana .

A. Mengikat dan Menyimpul Sebagai Karya Seni
Mengikat dan menyimpul sudah lama dikenal di negara indonesia, dimana sejak lama nenek moyang kita sebagian merupakan pelaut yang sangat familiar dengan mengikat dan menyimpul sebuah tali, mengikat dan menyimpul juga telah banyakditemukan dalam kehidupan sehari-hari pada benda- benda di sekitar kita misalnya: perlengkapan rumah tangga, topi, sarung tangan, kaos kaki, tas, dan lain-lain

Mengikat dan menyimpul merupakan sebuah metode dasar dalam mengaplikasikan fungsi sebuah tali, baik itu bertujuan fungsional maupun untuk kepentingan estetis, mengikat dan menyimpul sebuah tali berkembang menjadi sebuah kerajinan tersendiri dan memunculkan banyak hasil karya seni dari teknik ini yang di kenal dengan kerajinan makrame. Tali adalah bahan yang digunakan, simpul adalah hubungan antara tali dengan tali, ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misalnya kayu, balok, bambu dan sebagainya.

Menurut Asriyani (2013) makrame adalah salah satu cabang seni rupa yang merupakan teknik tekstil tertua yang dibuat dengan cara menyimpul beberapa tali maupun benang menjadi suatu bentuk berpola dekoratif geometrik. Pada pembuatan makrame siswa akan dikenalkan beberapa simpul dasar.

B. Jenis-Jenis Simpul
Dalam pembuatan karya seni dari teknik mengikat dan menyimpul ada beberapa jenis simpul dasar yang sering digunakan antara lain: simpul kepala, simpul tunggal, simpul ganda dan lain-lain.
Aneka Simpul
  1. Simpul Kepala: merupakan simpul awal yang sering digunakan dalam proses pembuatan karya makrame.
  2. Simpul Tunggal: proses pembuatan simpul tunggal diawali dengan simpul kepala, variasi bentuk dapat diputar ke kiri atau ke kanan sesuai kebutuhan kita. Hasil simpulannya akan tampak seperti tangga, variasi bentuk dapat diputar kekiri atau. ke kanan, sebaiknya lakukan percobaan simpul ini untuk menghasilkan variasi yang menarik. 
  3. Simpul Ganda: proses pembuatan simpul ganda ada kesamaan dengan simpul tunggal. Pada simpul tunggal langkahnya dimulai dari sebelah kiri saja atau dari sebelah kanan saja, sedangkan pada simpul ganda langkahnya dilakukan secara bergantian dari kanan dan kiri atau sebaliknya. Pembuatan simpul ganda bisasanya di awali dengan simpul kepala seperti halnya pada proses pembuatan simpul tunggal.

C. Langkah langkah Pembuatan Simpul
Langkah-langkah membuat simpul ganda dengan menyiapkan dua utas tali yang berbeda warnanya, agar jalinan kedua utas tali itu tampak jelas. Adapun langkah pembuatannya sebagagai berikut:
Simpul Ganda
  1. Potonglah tali sesuai kebutuhan dan lipatlah bagian tali terbagi dua dan sama panjang;
  2. Buatlah simpul kepala dengan pelipatkannya pada kayu, pensil, atau yang lainnya;
  3. Buatlah dua simpul kepala dengan warna yang berbeda agar hasil akhirnya lebih menarik;
  4. Kemudian tali yang berada di tengah dibiarkan bergantung bebas, sementara bagian tali paling kanan diangkat sehingga menindih dua tali yang tergantung bebas;
  5. Angkatlah tali pada bagian kiri sehingga posisinya menindih tali yang dari kanan selanjutnya bawa bagian tali tersebut melewati dua bagian pada bagian belakang.
  6. Selanjutnya tali pada bagian kanan tersebut dimasukan ke bagian depan dan dengan posisi menindih tali pada bagian kanan, selalu lakukan dengan pola yang sama;
  7. Selanjutnya ujung-ujung tali pada masing-masing bagian ditarik untuk mendapatkan simpul yang kuat erat. Untuk menambah simpul agar lebih panjang dilakukan dengan pengulangan seperti di atas.
Setelah siswa mempelajari langkah-langkah pembuatan simpul, siswa dapat membedakannya dari bentuk hasil akhir simpul tersebut. Dalam pembelajaran ini siswa diminta mempraktikkan membuat simpul kepala, tunggal dan ganda dengan arahan dari guru, diharapkan setelah itu siswa mampu mengkreasi membuat simpul tersebut dengan warna yang berbeda dan dari bahan-bahan lainnya yang tersedia di sekitar mereka untuk menghasilkan karya seni menyimpul yang indah.

Alat:
  1. Alat potong: Cutter, Gunting, Pisau, alat potong lainnya.
  2. Penahan: Pensil, kayu, Ranting pohon, dan lain-lain.

Bahan:
  1. Benang katun mutiara, benang katun, tali linen, tali cina, tali akrilik, tali jute, tali kulit, tali nylon, dan benang wool.
  2. Bahan alternatif: Tali Kasur, Tali ljuk, Tali sabut kelapa, Tali akar, Tali yang tersedia di daerah sekitar.
  3. Manik-manik, biji-bijian, cangkang kerang, cangkang molusca, dan lain-lain untuk hiasan tambahan
Bahasa Indonesia 


Pengertian dan Contoh Hobi
Hobi: Kegemaran yang dilakukan secara rutin untuk kesenangan. 
Contoh: Melukis, menyanyi, menari, membaca, memasak, membuat mainan dari kardus, bermain alat musik, dan berkebun. 

Cara Mengekspresikan Hobi
Melalui Cerita: Menceritakan pengalaman saat melakukan hobi, misalnya kisah Jefri yang membuat mainan dari kardus bekas (seperti dijelaskan di YouTube dan YouTube). 
Melalui Gerakan: Memperagakan gerakan tanpa bicara agar teman-teman bisa menebak hobi yang sedang diperagakan. 

Manfaat Hobi
  1. Kreativitas: Memunculkan ide-ide baru dan mengembangkan kreativitas.
  2. Keterampilan: Mempelajari dan menguasai keterampilan baru.
  3. Kepercayaan Diri: Meningkatkan rasa percaya diri saat berhasil mencapai sesuatu dalam hobinya.
  4. Relaksasi: Mengurangi stres dan memberikan kebahagiaan.
  5. Sosialisasi: Menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.
  6. Pengalihan Positif: Menjauhkan dari kebiasaan yang kurang baik. 
💫 Video Pembelajaran
Mari kita simak video pembelajaran cara membuat ikatan dan simpul pada pembelajaran Seni rupa berikut ini



Matematika 


Jenis-jenis pecahan
  • Pecahan biasa: Terdiri dari pembilang dan penyebut (contoh: 1/2, 3/4).
  • Pecahan campuran: Gabungan bilangan bulat dan pecahan biasa (contoh: 2 1/2, 5 3/4).
  • Pecahan desimal: Menggunakan tanda koma (contoh: 1,7 atau 0,19).

  • Operasi hitung pecahan
  • Penjumlahan dan pengurangan:
    • Samakan penyebutnya terlebih dahulu dengan mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
    • Jika penyebutnya sudah sama, jumlahkan atau kurangkan pembilangnya saja. 
    • Perkalian:
    • Kalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. 
    • Pembagian:
    • Ubah pembagian menjadi perkalian dengan cara membalik pembilang dan penyebut dari pecahan pembaginya

💫 Latihan Soal

Jawablah pertanya pendidikan Pancasila berikut dengan benar!
  1. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
  2. Sebutkan minimal tiga cara menyampaikan pendapat yang baik saat musyawarah!
  3. Sebutkan tiga contoh kegiatan musyawarah yang bisa dilakukan di lingkungan sekolah!
  4. Bagaimana sikapmu jika keputusan musyawarah tidak sesuai dengan keinginanmu?
  5. Selain musyawarah mufakat, sebutkan satu cara pengambilan keputusan lain yang biasa dilakukan! 
💫Kesimpulan
alhamdulillah untuk pembelajaran hari ini ananda soleh solehah sudah dapat memahami pengertian musyawarah dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, memahami cara membuat simpul dan ikatan dengan metode pembelajaran praktek langsung siswa dapat membuat karya seni sendiri.

💫Penutup
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berlangsung lancar dan menyenangkan ya nak..  see you on tomorrow on pelajaran di hari selasa ya nak. yaitu MTK, PKN dan Bahasa Indonesia

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar senin 27 oktober 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©