RUANG BELAJAR KELAS 5 A
SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
IPAS
RANTAI MAKANANIDENTITAS:
Hari/tanggal : Selasa, 28 oktober 2025
Kelas / Fase : 5 A /C
Mata pelajaran : IPAS
Alokasi waktu : 2×35 menit
pertemuan ke : 1
Model pembelajaran : IPAS (PBL)
Media pembelajaran : LKPD & Video Pembelajaran
🌠 Capaian Pembelajaran : IPAS
3.1 Peserta didik mampu memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari;
💫 Tujuan Pembelajaran : IPAS
3.1.1 Dengan menyimak video pembelajaran, peserta didik dapat menganalisis hubungan antar makhluk hidup pada suatu ekosistem dalam bentuk rantai makanan.
💫Apersepsi :
Good Morning everyone..
how are you this morning?
alhamdulilah kita kemarin sudah belajar tentang Penilaian harian bab 1 tentang melihat karena cahaya dan mendenga karena bunyi. hari ini kita akan belajar memasuki bab baru yaitu bab 2 tentang Harmoni dalam ekosistem kita akan mempelajari tentang rantai makanan
💫 Materi Pembelajaran :
Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan di antara makhluk hidup dalam suatu ekosistem dengan urutan tertentu. Peristiwa ini menunjukkan perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya.
Komponen rantai makanan
Ada tiga komponen utama dalam rantai makanan:
1. Produsen: Makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri, biasanya melalui fotosintesis, seperti tumbuhan hijau. Mereka adalah sumber energi utama dalam ekosistem.
2. Konsumen: Makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri, sehingga bergantung pada makhluk hidup lain untuk mendapatkan energi.
- Konsumen tingkat I: Memakan produsen (tumbuhan). Contohnya, belalang dan tikus.
- Konsumen tingkat II: Memakan konsumen tingkat I. Contohnya, katak dan ular.
- Konsumen tingkat III: Memakan konsumen tingkat II. Contohnya, burung elang.
Contoh rantai makanan di sawah
Berikut adalah contoh rantai makanan yang terjadi di sawah:
- Padi (produsen) dimakan oleh tikus (konsumen I).
- Tikus dimakan oleh ular (konsumen II).
- Ular dimakan oleh elang (konsumen III).
- Setelah elang mati, ia akan diuraikan oleh pengurai, seperti bakteri dan jamur.
- Hasil uraian tersebut akan menyuburkan tanah dan menjadi sumber nutrisi bagi padi.
💫 Video Pembelajaran
Mari kita simak video pembelajaran EKOSISTEM SAWAH berikut ini
💫 Latihan Soal
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
- Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi?
- Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem?
- Menurut kalian, mana yang lebih tepat menggambarkan kondisi nyata dalam suatu ekosistem, rantai makanan atau jaring-jaring makanan? Mengapa?
untuk mengakhiri pembelajaran hari ini, miss akan berikan post test untuk mengukur pamahaman kalian dalam materi rantai makanan ini, silahkan dikerjakan google form berikut ini.
👉👉Post Test _Rantai Makanan
👉👉Post Test _Rantai Makanan
GAMES:
nah saatnya kita bermain games..
yuk coba klik games ini,, yang bisa menjawab point 10.000 yak..
👉👉Games Rantai Makanan
nah saatnya kita bermain games..
yuk coba klik games ini,, yang bisa menjawab point 10.000 yak..
👉👉Games Rantai Makanan
💫Kesimpulan
alhamdulillah untuk pembelajaran hari ini ananda soleh solehah sudah dapat memahami rantai makanan dan urutan nya dalam sebuah ekosistem. melalui media pembelajaran dan alat peraga yang diberikan sesuai dnegan kelompok belajarnya yaitu kinestetik, audi dan visual,ananda semua dapat memahami rantai makanan dengan baik dalam sebuah ekosistem,
💫Penutup
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berlangsung lancar dan meyenangkan ya nak.. see you on tomorrow on pelajaran di hari selasa ya nak. yaitu MTK, PKN dan Bahasa Indonesia
Wassalamualaikum wr wb



0 komentar:
Posting Komentar