Hari/Tanggal : Selasa, 25 Oktober 2022
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 3 (Kegiatan ku) / 3 (Kegiatan di Sore Hari)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
KD & Tujuan Pembelajaran
PPKN
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
SBDP
3.1 Memahami karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat
2.siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimensi, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan
3. siswa mampu membuat karya kolase berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
Apersepsi :
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning my students, how are you this morning?
Apa kabarnya anak soleh solehah kelas 1 A, bagaimana kabar kalian si pagi yang cerah ini,,
Baik anak soleh solehah masih ingatkah kalian dengan pelajaran kemarin?
Yaa betul. Kalian kemarin sudah mengidentifikasi tempat bilangan puluhan dan satuan
Hari ini kita akan mempelajari materi di Subtema 3 tentang kegiatan di sore hari. Pada pembelajaran pertama ini yaa. Yaitu tentang
Nah sekarang simak videonya!
Sore hari saat yang menyenangkan.
Kita bisa menyiram tanaman di halaman.
Membantu Ibu membuat kue di dapur.
Bisa juga bermain bersama teman atau mengulang pelajaran.
Tapi mandi sore jangan dilupakan.
Mandi sore baik untuk kesehatan.
Matahari mulai condong ke barat.
Tanda hari mulai sore.
Udara pun terasa semakin sejuk.
Anak-anak bermain di halaman.
Siti sedang mengulang pelajaran.
Ayah Siti menyiram tanaman.
Mereka melakukannya dengan senang hati.
Sebagai rasa syukur atas nikmat sore hari.
Sore ini Beni bersantai di ruang keluarga.
Beni bersantai sambil membuat karya kolase.
Kolase adalah contoh karya ekspresi dua dimensi.
Berikut contoh karya kolase
Beni membuat kolase menggunakan kertas
origami.
Awalnya kertas origami disobek kecil-kecil.
Selanjutnya, kertas origami ditempelkan pada bentuk yang sudah disiapkan.
Beni membuatnya dengan hati gembira.
Latihan soal:
Lalu temukan kata-kata tersebut pada tabel huruf di bawah ini!
Tariklah garis mendatar atau menurun pada kata itu.
Evaluasi pembelajaran : baik anak soleh solehah, hari ini kita sudah membahas tentang kegiatan di sore hari, coba sebutkan kegiatan apa saja yang tadi kita bicarakan terkait materi ini...
Di sore hari banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan salah satunya mengulang pelajaran tadi pagi disekolah.
Refleksi ;
Nah untuk materi hari ini. Masih adakah yang belum paham? Coba bu guru tanya kolase itu apa ya? Pinter, kolase adalah contoh karya ekspresi 2 dimensi.
Nah besok kita akan membuat kolase lagi yaa
Closing ; baik sebelum ibu guru tutup materi hari ini. Besok jangan lupa membawa kertas origami, gunting dan lem ya untuk membuat kolase yang bertema kegiatan kita di sore hari.
Baik. Bu guru akhiri pembelajaran kita hari ini, wassalamu'alaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar