Hari/Tanggal : Selasa, 2 maret 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 6 (Lingkungan bersih, asri & sehat) / 4 (Bekerja Sama Menjaga
Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
PPKN 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah SBDP 3.4 Mengenal bahan alamndalam berkarya
|
PPKN 3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
|
1. siswa dapat membuat daftar kegiatan sesuai dengan aturan menjaga kebersihan di lingkungan rumah.
2. siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal dari hewan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat. 3.siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan tulisan dengan tepat.
|
Apersepsi :
Baik anak soleh solehah bu guru.alhamdulillah kemarin kalian sudah mempelajari subtema 3 tentnag lingkungan sekolahku, bagaima cara kita menjaga lingkungan sekolah kita dll sebaginya,,
baik sekarang kita sebelum memasuki pembelajaran 1 di subtema 4 , kita akan mengerjakan soal tentang pelajaran d subtema yang lalu yaa agar bu guru dapat mengetahui pemahaman kalian sampai dimana.
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
Orang-orang tinggal di tempat berbeda.
Ada yang tinggal di kota.
Ada juga yang tinggal di desa.
Semua orang menginginkan lingkungan bersih.
Lingkungan bersih membuat tubuh sehat.
Lingkungan kotor membawa penyakit.
Bekerja samalah menjaga lingkungan tetap bersih.
Tuhan mencintai orang yang menjaga lingkungan.
Bekerja Sama Menjaga Lingkungan
Siti adalah tetanggaku.
Siti menanam banyak pohon di rumahnya.
Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari.
Siti selalu membersihkan saluran air di depan rumahnya.
Di halaman rumah tidak ada air tergenang.
Sampah tersimpan di tempatnya dengan rapi.
Siti selalu menjalankan aturan di lingkungan rumah.
Amati gambar aturan menjaga lingkungan berikut ini.
Beri tanda √ jika menunjukkan aturan.
Beri tanda × jika tidak menunjukkan aturan.
Dayu sangat mencintai lingkungan.
Dayu menemukan kemoceng rusak di gudang.
Dayu ingat pesan Ibu Guru.
Kita harus menjaga lingkungan.
Misalnya dengan memanfaatkan barang rusak.
Dayu mengajak Siti memanfaatkan kemoceng rusak.
Mereka membuat kerajinan bersama-sama.
1. Lepaskan bulu ayam dari kemoceng.
2.Cuci bersih dengan air bersabun.
3.Bilas dan jemur di panas matahari.
4.Jika sudah kering, bulu ayam siap digunakan.
LATIHAN SOAL
Refleksi dan Evaluasi PEmbelajaran
alhamdulillah ananda sudah mengenak ungkapan pemberitahuan dengan tepat, dan untuk kreasinya kita akan belajar membuat karya dari bulu alam kita akan laksanakan di hari senin ya nak..
Penutup
baik untuk pembelajaran hari ini kita akhiri wassalamu'alaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar