Identitas :
Hari/tanggal : Kamis 31 Juli 2025
Kelas / Fase : 5 A /C
Mata pelajaran : IPAS & bahasa Indonesia
Alokasi waktu : 1×35 menit
pertemuan ke : 4
Model pembelajaran : PBL
Media Pembelajaran : praktik langsung sifat-sifat cahaya
🌠 Capaian Pembelajaran : IPAS
Peserta didik mampu memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga k11etersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari;
🌅Tujuan Pembelajaran :
1.4 melakukan percobaan sifat-sifat cahaya
Ringkasan Materi
Apersepsi:
Good morning my Student?
How's life? Hopely you are very kind and happy .
Before we study let's prat together start.
bagaimanakah kita dapat melihat diruangan terang?Apakah kita bisa juga melihat di ruangan gelap?
MATERI IPAS
ayoo kita ikuti langkah seperti video diatas ya nak.
Sifat-sifat cahaya yang umum dipelajari dan dapat dipraktikkan antara lain: merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan, dan diuraikan.
Berikut adalah penjelasan dan contoh penerapannya:
1. Cahaya Merambat Lurus:
Penjelasan: Cahaya bergerak dalam garis lurus jika tidak menemui suatu rintangan.
Contoh Praktik:
Arahkan senter ke dinding di ruangan gelap. Cahaya yang terlihat akan membentuk garis lurus.
Amati berkas cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah jendela. Cahaya akan terlihat lurus.
2. Cahaya Menembus Benda Bening:
Penjelasan: Benda-benda bening atau transparan memungkinkan cahaya untuk melewatinya.
Contoh Praktik:
Lihat melalui kaca jendela atau botol plastik bening. Benda-benda di balik kaca/botol masih terlihat.
Amati pensil atau benda lain yang diletakkan di dalam gelas berisi air. Benda tersebut masih terlihat.
3. Cahaya Dapat Dipantulkan:
Penjelasan: Cahaya dapat terpantul ketika mengenai suatu permukaan.
Contoh Praktik:
Berkacalah di depan cermin. Bayanganmu terlihat karena cahaya dipantulkan oleh cermin.
Perhatikan pemantulan cahaya pada permukaan air yang tenang.
4. Cahaya Dapat Dibiaskan:
Penjelasan:
Cahaya akan membelok arahnya ketika melewati dua medium yang berbeda kerapatannya.
Contoh Praktik:
Letakkan pensil atau sedotan di dalam gelas berisi air. Pensil akan terlihat seperti patah.
Perhatikan ikan di dalam akuarium. Ikan terlihat lebih besar dan lebih dekat dari ukuran sebenarnya.
5. Cahaya Dapat Diuraikan (Dispersi):
Penjelasan: Cahaya matahari yang putih dapat diuraikan menjadi berbagai warna pelangi.
Contoh Praktik:
Amati pelangi setelah hujan. Pelangi terbentuk karena cahaya matahari diuraikan oleh tetesan air hujan.
Gunakan prisma untuk menguraikan cahaya putih menjadi warna-warni.
Percobaan Sederhana:
Beberapa percobaan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuktikan sifat-sifat cahaya antara lain:
Percobaan Merambat Lurus:
Gunakan tiga buah kardus yang dilubangi sejajar, kemudian letakkan lilin di salah satu kardus dan amati apakah cahaya lilin terlihat pada kardus terakhir. Jika cahaya terlihat lurus, maka cahaya merambat lurus.
Percobaan Pemantulan:
Gunakan cermin datar dan senter. Arahkan sinar senter ke cermin dan amati bagaimana cahaya dipantulkan.
Percobaan Pembiasan:
Gunakan gelas bening, air, dan pensil. Letakkan pensil di dalam gelas berisi air dan amati perubahannya.
Percobaan Penguraian:
Gunakan prisma dan senter. Arahkan sinar senter ke prisma dan amati warna-warna yang dihasilkan.
Dengan melakukan percobaan-percobaan sederhana ini, pemahaman tentang sifat-sifat cahaya akan lebih mudah dipahami.
Mari kita lakukan percobaan di atas dengan melihat vidio berikut ini
Kesimpulan
Alhamdulillah dari kemarin kita telah melakukan percobaan 1-3 , dan tadi kita melaksanakan lanjutan pembuktian dalam sifat sifat cahaya dengan alat media kardus, senter dan alat yang di butuhkan
Dalam kegiatan ini ananda diminta aktif ikut serta dalam pembuktian sifat-sifat cahaya yang sudah kita pelajari bersama.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini
Semoga bermanfaat. See you tomorrow
Wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar