Selasa, 22 Juli 2025

Materi Ajar Selasa 22 Juli 2025

| |

  



Identitas :
Hari/tanggal : Selasa 22 Juli 2025
Kelas / Fase   : 5 A /C
Mata pelajaran : Matematika
Alokasi waktu 1×35 menit
pertemuan ke 1
Model pembelajaran : PBL

🌠 Capaian Pembelajaran : matematika

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. 

🌅Tujuan Pembelajaran :
1.1 pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000.

Ringkasan Materi

Apersepsi:

Good morning my Student? 
How's life? Hopely you are very kind and happy . 

Before we study let's prat together start. 

Now let's study with miss ya.. 
Adakah yang masih ingat tentang pelajaran bilangan cacah 1-100.000

Now we learn about menempatkan nama bilangan sesuai dengan nilai bilangan tersebut. 

Untuk lebih jelas nya mari kita saksikan video pembelajaran berikut ini ya



  • Definisi:
    Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif, yaitu dimulai dari 0 dan berlanjut ke bilangan positif (1, 2, 3, 4, ...). Jadi, bilangan cacah tidak termasuk bilangan negatif atau pecahan. 
    • Contoh:
      Bilangan cacah yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, dan seterusnya.


      • Sifat-sifat Bilangan Cacah:
        Bilangan cacah memiliki beberapa sifat seperti sifat tertutup, komutatif, asosiatif, identitas, dan distributif, yang akan dipelajari lebih lanjut di jenjang yang lebih tinggi.

        Menulis dan Membaca Bilangan Cacah

        Membaca bilangan cacah kecil hingga besar dapat dilakukan dengan menggunakan nilai tempat, teman-teman.

        Setiap angka pada bilangan cacah memiliki nilai tempat. Berikut ini ketentuan penulisan bilangan cacah:

        • Puluh ribuan
        • Ribuan
        • Ratusan
        • Puluhan
        • Satuan

        Misalnya, ada seorang siswa menuliskan harga buku tulis sebagai berikut empat belas ribu lima ratus. Berikut caranya: 

        • Tentukan angka yang menunjukkan nilai tempat puluhan ribuan, yaitu satu. Maka ditulis angka '1'.
        • Tentukan angka yang menunjukkan nilai tempat ribuan, yaitu empat. Maka ditulis angka '4'.
        • Tentukan angka yang menunjukkan nilai tempat ratusan, yaitu lima. Maka ditulis angka '5'.
        • Tentukan angka yang menunjukkan nilai tempat puluhan, yaitu nol. Maka, kita bisa menulis angka '0'.
        • Tentukan angka yang menunjukkan nilai tempat satuan, yaitu nol. Maka, kita bisa menulis angka '0'.
    • Apabila digabungkan, maka penulisan angka empat belas ribu lima ratus adalah sebagai berikut: 14.500.

      Jika pada nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan tertulis bilangan 0 maka bilangan itu hanya dituliskan, tidak dibaca.


    • Latihan soal. 

    • Kerjakan LKPD berikut :




    • Refleksi & Evaluasi :

    • Pada pembelajaran matematika hari ini semua ananda sudah memahami materi membaca dan menulis bilangan cacah dengan tepat. 

    • Kesimpulan :

    • Ada 2 orang siswa yang belum mengerjakan latihan hari ini dikarenakan sedang izin tidak masuk. Maka perlu diadakan pengulangan penjelasan materi untuknya. 

    • Penutup

    • Demikian pembelajaran hari ini. 

    • Semoga bermanfaat. wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar Rabu, 30 Juli 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©