Identitas :
Hari/tanggal : selasa, 29 Juli 2025
Kelas / Fase : 5 A /C
Mata pelajaran : Pendidikan Pancasila & Matematika & IPAS
Alokasi waktu : 1×35 menit
pertemuan ke : 3
Model pembelajaran : PBL
Media Pembelajaran : kartu Pancasila (PKN) & Papan list kebutuhan (MTK) & Senter dan kardus (IPAS)
🌠 Capaian Pembelajaran : matematika
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
🌅Tujuan Pembelajaran :
1.3 penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.000
🌠Capaian Pembelajaran :
Pendidikan Pancasila
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan Negara.
🌅Tujuan Pembelajaran :
Pendidikan Pancasila
1.3 Siswa membiasakan prilaku Pancasila
🌠Capaian Pembelajaran IPAS:
Peserta didik mampu
memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan
dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya;
hubungan antar komponen biotik
dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang
bunyi dan cahaya dalam kehidupan
sehari-hari;
🌅Tujuan Pembelajaran : IPAS
1.2 siswa memahami sifat-sifat cahaya
Ringkasan Materi
Apersepsi:
Good morning my Student?
How's life? Hopely you are very kind and happy .
Before we study let's pray together start
MATERI :
PENDIDIKAN PANCASILA
Now let's study with miss ya..
Kemarin kita telah belajar meneladani sikap Pancasila.
Hari ini kita akan belajar tentang melakukan pembiasaan perilaku Pancasila.
Membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di kelas 5 dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menghormati guru dan teman, menghargai perbedaan pendapat, menjaga kerukunan, serta ikut serta dalam kegiatan sekolah dengan semangat gotong royong.
Berikut adalah beberapa contoh perilaku yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila di kelas 5:
1. Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa):
- Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
- Menghormati teman yang berbeda agama dan tidak memaksakan kehendak.
- Menjalin kerukunan antarumat beragama di lingkungan sekolah.
2. Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab):
- Menjaga kerukunan dan kebersamaan dengan semua teman di kelas.
- Menolong teman yang sedang mengalami kesulitan.
- Menghormati guru dan semua warga sekolah.
- Tidak membeda-bedakan teman dalam bergaul.
3. Sila Ketiga (Persatuan Indonesia):
- Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan.
- Menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan kelas dan lingkungan sekolah.
4. Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan):
- Aktif berpartisipasi dalam kegiatan diskusi kelas.
- Menghargai pendapat teman, meskipun berbeda.
- Membiasakan diri untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.
5. Sila Kelima (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia):
- Bersikap adil terhadap semua teman,
- Tidak melakukan diskriminasi terhadap teman yang berbeda,
- Menghargai hak-hak orang lain.
Dengan membiasakan perilaku-perilaku positif ini, siswa kelas 5 dapat menjadi pribadi yang berakhlak mulia, memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang kuat, serta mampu berkontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya
Latihan :
Dalam prakteknya hari ini miss akan memberikan kalian lembar penilaian diri ya nak. Silahkan dikerjakan berdasarkan yang sesuai dengan perilaku kalian sehari-hari.
MATEMATIKA
MATERI
Adakah yang masih ingat tentang pelajaran bilangan cacah 1-100.000
Now we learn about menjumlahkan dan pengurangan bilangan cacah
Untuk lebih jelas nya mari kita saksikan video pembelajaran berikut ini ya
Latihan
Perhatikan papan list pengeluaran berikut ini
Dalam papan ini juga terdapat nominal uang yang tertera dibawah gambar kebutuhan nya.
Petunjuk pengerjaan :
Pada LKPD "list pengeluaran" Yang sudah miss sediakan. Ananda diminta menuliskan nominal uang yang tertera kemudian menghitung jumlah uangnya dengan tepat.
Tulislah dibuku tulis kalian ya nak.
MATERI IPAS
Menurut KBBI, cahaya adalah terang yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda di sekitarnya.
Yap, dengan cahaya, kita bisa melihat benda di sekitar kita. Mulai dari kasur, meja, kursi, pintu, lemari, dan lainnya.
Cahaya dapat berasal dari berbagai sumber. Salah satu sumber cahaya yang paling besar adalah Matahari.
Sebagai pusat tata surya, Matahari menghasilkan cahaya dan panas melalui reaksi nuklir yang terjadi di dalamnya.
Cahaya Matahari adalah sumber utama cahaya di Bumi dan membuat kita bisa melihat apa saja di sekitar kita.
Namun, Matahari bukan satu-satunya sumber cahaya. Lampu dan api juga menghasilkan energi cahaya, lo.
Meski berbeda-beda, semua sumber cahaya, baik Matahari, lampu, api, atau lainnya punya sifat cahaya yang sama.
Sifat-Sifat Cahaya
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali tidak sadar bahwa kita telah memanfaatkan sifat-sifat cahaya.
Yap, hal ini karena cahaya memiliki sifat yang bisa kita gunakan untuk menunjang aktivitas harian teman-teman.
Ada beberapa sifat cahaya yang umumnya bisa dimanfaatkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yakni:
Cahaya merambat lurus
Cahaya bisa dipantulkan
Cahaya bisa menembus benda bening
Cahaya bisa dibiaskan
Cahaya bisa diuraikan
Ketika cahaya dihalangi akan terbentuk bayangan
Berikut ini penjelasannya:
1. Cahaya Merambat Lurus
Sifat cahaya yang pertama adalah cahaya bisa merambat lurus. Yap, cahaya tidak melengkuk maupun berbelok, lo.
Hal ini terlihat ketika cahaya Matahari merambat lurus saat melewati celah kecil yang ada di pohon yang rimbun.
Sementara itu, di ruangan yang tertutup dinding, cahaya akan merambat lurus melalui celah, seperti jendela.
2. Cahaya Bisa Dipantulkan
Sifat cahaya yang kedua adalah bisa dipantulkan. Yap, kita bisa melihat karena cahaya memantul dari benda ke mata.
Jika tidak ada cahaya, tentu saja tidak ada pantulan yang diterima mata sehingga kita tidak bisa melihat benda.
Contoh lainnya bisa kita lihat saat kita sedang bercermin. Cahaya dari lampu di ruangan akan merambat ke cermin.
Cahaya itu dipantulkan ke mata kita. Akhirnya, kita bisa melihat diri kita serta apa yang ada di belakang kita.
3. Cahaya Bisa Menembus Benda Bening
Kita bisa melihat jelas melalui kaca jendela karena cahaya memiliki sifat bisa menembus benda bening atau transparan.
Sebaliknya, cahaya tidak dapat menembus benda-benda gelap dan tertutup seperti pada tembok rumah kita.
Ada pula benda yang sedikit ditembus cahaya. Pada benda ini, cahaya hanya bisa menembus sebagian.Oleh karena itu, kita hanya bisa melihat benda dengan samar. Contoh benda buram adalah kertas dan air keruh.
4. Cahaya Bisa Dibiaskan
Selain bisa menembus benda bening, ternyata cahaya juga dapat dibiaskan atau dibelokkan, teman-teman. Ketika menembus media yang berbeda, misal dari udara menembus ke air, cahaya bisa dibiaskan atau dibelokkan.
Contohnya, saat sedang mengamati ikan dalam kolam, maka posisi ikan yang terlihat oleh mata bukan posisi aslinya.
5. Cahaya Bisa Diuraikan
Cahaya putih adalah gabungan dari berbagai macam warna. Cahaya Matahari merupakan salah satu contohnya.
Sebagai informasi, cahaya ini bisa diuraikan menjadi warna pelangi menggunakan prisma transparan, lo.
Cahaya yang menembus prisma itu akan dibiaskan atau dibelokkan dan terurai menjadi warna-warni pelangi.
Pada pelangi, air hujan bersifat seperti prisma yang akan membiaskan dan menguraikan cahaya Matahari.
6. Ketika Cahaya Dihalangi Akan Terbentuk BayanganCahaya yang merambat lurus dan tidak dapat berbelok bisa membuat terbentuknya bayangan, teman-teman.
Ketika cahaya mengenai suatu benda, maka cahaya yang terhalang benda akan membentuk bayangan benda itu.Hal ini bisa terlihat ketika lampu senter dinyalakan dan tangan kita berada di depan senter yang menyala itu.
Tangan di depan senter itu menghalangi cahaya yang merambat. Hal ini bikin terciptanya bayangan tangan.
Bayangan benda bisa besar atau kecil tergantung pada posisi sumber cahaya, jarak benda, dan intensitas cahaya.
Nah, itulah sifat-sifat cahaya dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!
Latihan soal
pada Lembar kerja Peserta didik (LKPD) tentang identifikasi sifat-sifat cahaya melalui percobaan sederhana
ayoo kita ikuti langkah seperti video diatas ya nak.
Penutup
Demikian materi pembelajaran kita hari ini semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar