Rabu, 05 November 2025

Materi Ajar Rabu 05 November 2025

| |

    

 RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

PELAJARAN HARI INI :

Identitas :

Hari/tanggal              : Rabu, 05 November  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Mata pelajaran         : IPAS & Bahasa Indonesia 

Alokasi waktu           : 1×35 menit

pertemuan ke            : 2

Model pembelajaran : IPAS(Praktikum) dan BAhasa Indonesia (PBL)

Media pembelajaran :LKPD,praktek membuat magnet  

🌠 Capaian Pembelajaran : Ipas
Pemahaman IPAS merupakan pemahaman terhadap fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan model pada materi makhluk hidup dan lingkungannya; zat dan perubahannya; energi dan perubahannya; konektivitas antarruang dan waktu; interaksi, komunikasi, dan sosialisasi; institusi sosial; perilaku ekonomi dan kesejahteraan; serta perubahan dan keberlanjutan yang sesuai untuk menjelaskan serta memprediksi suatu fenomena atau fakta dan menerapkannya pada situasi baru. 

🌅Tujuan Pembelajaran : IPAS

2.10 Peserta didik bisa membuat magnet dengan cara menggosok, induksi dan elektromagnetik


Materi IPAS : Cara membuat magnet (Praktikum)

🌠 Capaian Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai- nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

🌅Tujuan Pembelajaran :

2.3Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai- nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual 

materi bahasa indonesia : 

2.3. Murid dapat menuliskan sebuah buku fiksi dan non-fiksi


Ringkasan Materi

Apersepsi:

Good morning my Student? 
How's life? Hopely you are very kind and happy . 

Before we study let's pray together start. 

Now let's study with miss ya

IPAS



Magnet dapat dibuat dengan tiga cara utama: menggosok, induksi, dan elektromagnetik. Cara digosok melibatkan penggesekan magnet secara berulang dan searah pada benda besi atau baja. Induksi adalah menempatkan benda feromagnetik (seperti besi atau baja) di dekat magnet permanen sehingga benda tersebut menjadi magnet sementara. Elektromagnetik dibuat dengan meliliti besi atau baja dengan kawat dan mengalirkan arus listrik searah melaluinya. 

1. Metode menggosok
  • Siapkan sepotong besi atau baja dan sebuah magnet permanen.
  • Gosokkan salah satu kutub magnet secara berulang pada satu arah di sepanjang besi atau baja tersebut.
  • Angkat magnet agak tinggi setiap kali Anda selesai menggosokkan, lalu mulai kembali dari titik awal.
  • Lakukan ini berulang kali hingga besi atau baja tersebut menjadi magnet.
  • Ujung besi atau baja yang pertama kali digosok akan memiliki kutub yang sama dengan kutub magnet yang menggosoknya. 
2. Metode induksi
  • Siapkan benda feromagnetik, seperti paku besi, dan sebuah magnet permanen.
  • Dekatkan paku besi ke magnet permanen tanpa menyentuhnya.
  • Paku besi akan secara otomatis menjadi magnet sementara karena pengaruh medan magnet di sekitarnya.
  • Anda bisa menguji kemagnetan paku dengan mendekatkannya ke paku-paku kecil; jika paku besar menarik paku-paku kecil, maka ia telah berhasil menjadi magnet. 
2. Metode induksi
  • Siapkan benda feromagnetik, seperti paku besi, dan sebuah magnet permanen.
  • Dekatkan paku besi ke magnet permanen tanpa menyentuhnya.
  • Paku besi akan secara otomatis menjadi magnet sementara karena pengaruh medan magnet di sekitarnya.
  • Anda bisa menguji kemagnetan paku dengan mendekatkannya ke paku-paku kecil; jika paku besar menarik paku-paku kecil, maka ia telah berhasil menjadi magnet. 
3. Metode elektromagnetik
  • Siapkan sepotong besi atau paku besi, sebuah baterai, dan sebuah kawat tembaga.
  • Lilitkan kawat tembaga secara merata ke sekeliling paku, dan kupas ujung-ujung kawatnya.
  • Hubungkan kedua ujung kawat yang telah dikupas ke kutub positif dan negatif baterai.
  • Paku tersebut akan menjadi magnet saat arus listrik mengalir melaluinya.
  • Paku ini akan menarik benda-benda logam kecil lainnya, seperti jarum atau penjepit kertas. 
video pembelajaran 
berikut kita ikuti percobaan berikut ini ya nak

LAtihan soal
 

 



Bahasa Indonesia 

 pada pemahaman fungsi awalan me- untuk membentuk kata kerja dan perubahan bentuknya (seperti me-, men-, meng-, mem-, meny-) saat bertemu dengan kata dasar tertentu, termasuk kata dasar yang huruf pertamanya luluh.

 VIdeo Pembelajaran : 

1. Fungsi dan Makna Awalan "Me-"
Awalan "me-" berfungsi untuk membentuk kata kerja (verba). Makna yang terkandung di dalamnya antara lain: 
  • Melakukan suatu tindakan atau aktivitas: Contoh: memasakmenulismembaca.
  • Melakukan sesuatu dengan alat: Contoh: memanahmenggunting.
  • Membuat atau menghasilkan: Contoh: menumismenggoreng.
2. Perubahan Bentuk Awalan "Me-"
Bentuk awalan "me-" dapat berubah tergantung pada huruf awal kata dasarnya. Ini adalah bagian penting yang dipelajari di kelas 5 SD: 
Bentuk Awalan Huruf Awal Kata DasarContoh Kata Dasar -> Berimbuhan
me-l, m, n, r, w, y, ng, nymelihat, memasak, menanti, merawat, mewarnai, meyakini
mem-b, p, f, vmembaca, memukul (p luluh), memfitnah
men-d, t, c, j, zmendengar, menari (t luluh), mencipta, menjaga
meng-a, i, u, e, o, g, h, k, khmengambil, mengikat, mengurus, menggali, menghapus, menghawatirkan, mengkhawatirkan (k dan kh luluh)
meny-smenyapu (s luluh), menyiram
Catatan Penting: Huruf pertama kata dasar seperti p, t, k, s akan luluh (hilang) saat ditambahkan awalan "me-". 
  • me- + pukul = memukul
  • me- + tulis = menulis
  • me- + kirim = mengirim
  • me- + sapu = menyapu 
Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata berawalan "me-":
  • Kakak sedang menyiram bunga di taman.
  • Ayah membaca koran setiap pagi.
  • Ibu memasak sayur sop untuk makan siang.
  • Rani menulis surat untuk sahabatnya.
  • Petani itu sedang mengairi sawahnya


Nah, itulah penjelasan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembuatan magnet. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan 

Pada pembelajaran IPAS tentang cara membuat magnet melalui media video pembelajaran dan praktik langsung murid belajar dan mengetahuicara membuat magnet dan membuat kesimpulan bersama tentang 3 cara tersebut.

Dan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Murid belajar memahami penggunaan imbuhan me- pada kalimat..


Penutup 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat 

Wassalamu'alaikum wr wb 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar Rabu 05 November 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©