Minggu, 30 November 2025

SAS GANJIL Senin 1 Desember 2025

| |

  

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Bahasa Indonesia 

IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Senin, 01 Desember  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Mata pelajaran         : Bahasa Indonesia & PAI

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 1

MAPEL UJIAN SAS : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BAHASA INDONESIA


🌠 Capaian Pembelajaran :
 Bahasa Indonesia
  • Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan pantun, puisi) dari teks dan/atau audiovisual.
  • Peserta didik mampu menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri.

🌅Tujuan Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Peserta didik dapat menyelesaikan soal ujian SAS bahasa indonesia dengan benar.
 
💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar bahasa indonesia dari bab 1 hingga bab 4  hari ini kita masuk ke ujian SAS  

💫 Materi Pembelajaran : 
Teks deskripsi  (Jenis Teks)
Teks deskripsi  (Ide Pokok )
Teks deskripsi  (Informasi teks)

Makna denotatif 
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (Imbuhan me)
Teks Narasi (Fabel/Pengalaman): Unsur intrinsik (Tokoh, Latar) dan Nilai Moral

Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kalimat langsung dan tidak langsung)

Makna denotatif 
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kata baku)

Makna denotatif 
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat (sinonim antonim)
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (Imbuhan pe)
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat.  (kata hubung)

Makna denotatif 
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat(sinonim antonim)

Makna denotatif
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kata berimbuhan)
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kata hubung)
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kata berimbuhan)
Teks deskripsi - Unsur intrinsik cerita 


Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kalimat langsung dan tidak langsung)
Teks Deskripsi (Ide Pokok dan Pendukung)
Kebahasaan: Ejaan dan Pilihan Kata Tepat. (kalimat efektif) 

materi Pelajaran Pendidikan agama islam
  • Surah Al-Ma'un
  • Makna surah Al-Ma'un
  • hukum bacaan tajwid dalam membaca surah Al-Ma'un
  • Makna surah Al-Ma'un
  • Menyebutkan Makna Asmaulhusna
  • Menjelaskan Asmaulhusna
  • Menerapkan perilaku Asmaulhusna
  • Dampak positif dari Asmaulhusna
  • Menjelaskan Pengertian Akhlak terpuji
  • Mengidentifikasi contoh-contoh prilaki
  • Menganalisis Dampak Positif
  • Menciptakan narasi tentang pengalaman pribadi
  • Mengidentifikasi perbedaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah
  • Menjelaskan makna infak, zakat, sedekah, dan hadiah
  • menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah
  • Mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah
  • mengindentifikasi peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah
  • Menjelaskan peristiwa penting dalam Haji Wada
  • Menganalisis hikmah dan pelajaran dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada
  • menciptakan simulasi tentang peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada

💛 Kisi-kisi Materi BAhasa Indonesia

  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks tersebut dengan benar  
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan ide pokok pada teks tersebut dengan benar  
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menelaah informasi yang sesuai dalam  teks dengan benar
  • Disajikan sebuah gambar peserta didik dapat menyimpulkan paragraph deskripsi sesuai pada gambar dengan tepat 
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan makna kata yang sesuai dari teks tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat memilih imbuhan me- terkait kata dasar yang terdapat dalam teks dengan benar 
  • Disajikan sebuah tabel peserta didik dapat menyeleksi kata berimbuhan me- yang sesuai dengan benar
  • Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan kata dasar dari kalimat yang berisi kata berimbuhan  dengan tepat
  • Disajikan beberapa kalimat peserta didik dapat memilih kalimat yang menggunakan imbuhan me dengan benar
  • Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat memilih kata berimbuhan yang tepat agar kalimat menjadi efektif dan bermakna benar.
  • Disajikan sebuah teks cerita fabel peserta didik dapat menentukan tema yang sesuai dari teks cerita fabel dengan benar
  • Disajikan sebuah teks fabel, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap positif tokoh yang dapat dijadikan teladan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  • Disajikan sebuah teks cerita peserta didik dapat menentukan latar tempat dalam teks cerita dengan benar 
  • Disajikan sebuah teks fabel, peserta didik dapat menjelaskan penyebab kekalahan tokoh utama berdasarkan peristiwa dalam cerita dengan benar.
  • Disajikan sebuah teks cerita peserta didik dapat menyimpulkan nilai moral dari teks cerita dengan benar
  • Disajikan sebuah teks narasi sejarah, peserta didik dapat menemukan informasi faktual berupa usia tokoh utama pada peristiwa tertentu dengan benar.
  • Disajikan sebuah teks narasi sejarah peserta didik dapat menjelaskan alasan keberhasilan tokoh dalam menghadapi permasalahan berdasarkan isi teks dengan benar.
  • Disajikan sebuah teks narasi sejarah, peserta didik dapat menentukan akibat atau dampak dari suatu peristiwa dalam teks narasi sejarah dengan benar.
  • Disajikan sebuah teks narasi peserta didik dapat menyimpulkan nilai moral dari teks narasi tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah teks narasi, peserta didik dapat mengidentifikasi tindakan tokoh utama setelah menerima nasihat dengan benar
  • Disajikan sebuah teks narasi peserta didik dapat menentukan pesan utama dari cerita narasi tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah teks narasi peserta didik dapat menganalisis pertanyaan terkait teks narasi dengan benar 
  • Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menelaah kalimat langsung dari kalimat tersebut dengan benar 
  • Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan kalimat tidak langsung dari kalimat tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan makna kata yang sesuai kalimat tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menyeleksi kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang 
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan makna kata yang sesuai dalam teks tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan sinonim yang tepat dari kata dalam teks dengan benar 
  • Disajikan sebuah tabel peserta didik dapat membandingkan kata berantonim dengan benar
  • Disajikan beberapa kalimat peserta didik dapat memilih  kalimat dengan kata berimbuhan pe- yang sesuai dengan benar
  • Disajikan sebuah kalimat peserta peserta didik dapat mengidentifikasi kata berimbuhan pe- dengan benar 
  • Disajikan sebuah kalimat rumpang peserta didik dapat memilih kata hubung yang tepat dalam melengkapi kalimat dengan benar 
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan makna kata yang sesuai dalam teks tersebut dengan benar
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan antonim yang tepat dari kata dalam teks dengan benar 
  • Disajikan sebuah teks peserta didik dapat menentukan sinonim yang tepat dari kata dalam teks dengan benar 
  • Disajikan sebuah teks narasi peserta didik dapat menentukan makna kata sesuai konteks kalimat dalam teks dengan benar.
  • Disajikan kalimat dalam teks peserta didik dapat menentukan sinonim yang memiliki makna sama dalam konteks kalimat dengan benar.
  • Disajikan sebuah kata berimbuhan peserta didik dapat menentukan kata dasar pembentuk kata berimbuhan dengan benar.
  • Disajikan kalimat rumpang peserta didik dapat memilih kata hubung yang tepat sesuai hubungan makna antarklausa dalam kalimat dengan benar.
  • Disajikan sebuah kata berimbuhan peserta didik dapat menentukan kata dasar dari kata tersebut dengan benar.
  • Disajikan teks deskripsi peserta didik dapat menganalisis objek atau hal yang digambarkan dalam teks deskripsi dengan benar.
  • Disajikan teks fabel peserta didik dapat menentukan tema utama cerita berdasarkan isi dan maknanya dengan benar.
  • Disajikan teks fabel peserta didik dapat mengidentifikasi sikap positif tokoh yang dapat dijadikan teladan dengan benar.
  • Disajikan teks fabel peserta didik dapat menentukan penyebab suatu peristiwa yang dialami tokoh berdasarkan isi cerita dengan benar.
  • disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat mengidentifikasi jenis kalimat tersebut dengan benar
  • Disajikan teks peserta didik dapat menyimpulkan ide pokok yang terdapat dalam teks tersebut dengan benar 
  • Disajikan sebuah gambar peserta didik dapat menyusun paragraf deskripsi yang menggambarkan objek sesuai ciri, warna, bentuk, dan suasana gambar dengan tepat.
  • Disajikan teks fabel peserta didik dapat menyimpulkan nilai moral atau pesan yang terkandung dalam cerita dengan benar.
  • Disajikan kalimat tidak efektif peserta didik dapat membuat kalimat efektif dengan struktur dan pilihan kata yang tepat.
  • Disajikan sebuah kalimat langsung peserta didik dapat membuat kalimat tidak langsung dari kalimat langsung tersebut dengan benar


💛 Kisi-kisi Materi PAI
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi bacaan surah Al-Ma'un dengan baik dan benar setelah menyimak contoh pelafalan dari guru 
  • Peserta didik dapat menyebutkan makna pokok dan Kandungan surah Al-Ma'un serta hubungannya dengan hadis tentang anak yatim setelah berdiskusi kelompok
  • Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan tajwid (ikhfa syafawi, idgham mutamatsilain, izhar syafawi) dala membaca Q.S. Al-Ma'un dengan benar.
  • peserta didik dapat mencontohkan makna surah Al-Ma'un dan hadis tentang anak yatim dengan perilaku empati dan peduli terhadap sesama di lingkungan sekitar, ditunjukkan dengan membuat studi khusus sederhana.
  • Peserta didik dapat menyebutkan makna dari asmaulhusna Al-Qawiyyu, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Ba'its setelah menyimak penjelasan guru.
  • Peserta didik  dapat menjelaskan relevansi asmaulhusna Al-Muhyi (Maha Menghidupkan) dan Al-Mumit (Maha Mematikan) dengan kehidupan manusia dan alam semesta.
  • Pesrta didik dapat menerapkan perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap asmaulhusna Al-Qawiyyu (Maha Kuat) dan Al-Qayyum (maha berdiri sendiri) dalam sikap percaya diri dan mandiri, ditunjukkan dengan contoh nyata.
  • Peserta didik dapat mengevaluasi dampak positif dari keyakinan terhadap asmaulhusna Al-Ba'its (maha membangkitkan) dalam memotivasi prilaku baik dan persiapan diri untuk akhirat.
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian akhlak terpuji sebagai bukti hidup indah dan saling menghargai sebagai khalifah Allah setelah menyimak video.
  • Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku saling menghargai dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari (sekolah, rumah, masyarakat).
  • Peserta didik dapat menganalisis dampak positif sikap saling menghargai terhadap terciptanya kerukunan dan kedamaian di lingkungan sosial, ditunjukkan dengan membuat poster.
  • Peserta didik dapat menciptakan narasi atau cerita pendek tentang pengalaman pribadi atau fiksi yang menggambarkan pentingnya saling menghargai sebagai khalifah di bumi.
  • Peserta didk dapat menyebutkan perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan tepat setelah membaca materi.
  • Peserta didik dapat menjelaskan makna dari infak, zakat, sedekah, dan hadiah serta dasar hukumnya dalam islam dengan benar.
  • Pserta didi dapat menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan guru.
  • Peserta didik dapat mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah terhadap kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi umat.
  • Peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah dengan benar setelah membaca teks.
  • Peserta didik  dapat menjelaskan makna dan peristiwa penting dalam Haji Wada, termasuk khutbah terakhir Nabi Muhammad saw.
  • Peserta didik  dapat menganalisis hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada dalam membentuk perilaku terpuji.
  • Peserta didik  dapat menciptakan drama singkat atau simulasi tentang salah satu peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada dengan pesan moral yang relevan.

Kesimpulan
pada ujian SAS mapel bahasa indonesia dan PAi hari ini dapat diselesaiikan dengan baik.

Penutup
Demikian Pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

SAS GANJIL Senin 1 Desember 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©