Selasa, 18 November 2025

MAteri Ajr Selasa 17 November 2025

| |

 

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

PELAJARAN HARI INI :


MATEMATIKA : Penjumlahan bilangan pecahan

IPAS : Teknologi untuk kehidupan

IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Selasa, 11 November  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Mata pelajaran  : IPaS & matematika

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 2

Model pembelajaran : ; (Matematika PBL); dan ipas PBL

Media pembelajaran : LKPD & Video Pembelajaran


🌠 Capaian Pembelajaran : IPAS
 
3.1 Peserta didik memahami bagaimana cara mendapatkan energi listrik
 
🌠 Capaian Pembelajaran : matematika
1.1 
Peserta didik juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal

🌅Tujuan Pembelajaran : matematika 
3.1 Murid dapat memahami  mengurutkan pecahan dan membandingkan pecahan

🌅Tujuan Pembelajaran : IPAS
3.1.1 peserta didik memahami bagaiamana cara mendapatkan energi listrik?


💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar tentang magnet pada mapel IPAS  dan pelajaran pecahan biasa dan menyederhanakan pecahan campuran ke pembelajaran baru ya nak.

💫 Materi Pembelajaran : 
IPAS
Topik C: Teknologi untuk Kehidupan

Teknologi adalah penerapan dari ilmu pengetahuan yang membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Britannica, 2020).

Contohnya, ketika malam tiba, keadaan di sekitar kita menjadi gelap. Oleh karena itu, para ilmuwan menciptakan teknologi lampu sehingga pada saat malam hari menjadi terang.

Ketika kita sulit melakukan perjalanan jauh, ilmuwan menciptakan kendaraan bermotor agar kita bisa melakukan perjalanan jauh tanpa kelelahan.

Cerita tentang Teknologi

Dalam bentuk yang paling sederhana, teknologi telah diterapkan sejak 3,3 juta tahun yang lalu. Manusia purba menggunakan batu yang tajam sebagai alat untuk memotong dan batu yang tumpul sebagai palu. Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengembangkan teknologi untuk berbagai keperluan. Tidak hanya untuk berburu dan mencari makan, namun juga untuk bercocok tanam (menghasilkan makanan), membuat peralatan dari besi, berlayar, dan menjelajah lautan manusia menciptakan alat-alat, seperti kincir angin, kompas, jam mekanik, dan mesin cetak.

Perkembangan teknologi semakin pesat ketika James Watt, seorang berkebangsaan Skotlandia menciptakan mesin uap untuk pertama kalinya di tahun 1765. la berhasil memanfaatkan uap bertekanan untuk menggerakkan mesin. Temuannya ini menjadi cikal bakal lahirnya revolusi industri 2.0 yang mengubah dunia. Teknologi yang ditemukan James Watt memicu penciptaan dan penggunaan mesin untuk keperluan industri maupun transportasi, seperti kereta api, kapal bertenaga uap, dan mobil.

Bentuk teknologi lainnya yang mengubah kehidupan di dunia, yaitu penggunaan energi listrik untuk penerangan yang dicetuskan oleh Thomas Edison pada tahun 1879 (Britannica, 2020). Tiga tahun setelahnya, Edison membangun pembangkit listrik untuk pertama kalinya dan hal ini memicu produksi listrik dalam skala besar.

Dalam bidang telekomunikasi, di tahun 1844 untuk pertama kalinya ditemukan mesin telegraf. Penemuan terus berlanjut hingga di tahun 1876 ditemukan telepon oleh Alexander Graham Bell, radio di tahun 1901 oleh Guglielmo Marconi, dan televisi 16 tahun setelahnya oleh Philo T. Fransworth.

Kesimpulan:

1. Teknologi adalah bentuk penerapan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan atau menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Teknologi sederhana contohnya pisau, obeng, dan palu. Teknologi yang rumit contohnya komputer, ponsel pintar, internet, dan lain sebagainya.
3. Teknologi selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga bisa jadi ada teknologi yang tidak digunakan lagi di tahun-tahun mendatang.
4. Bentuk penerapan teknologi juga bisa dalam bentuk proses, seperti teknologi pengolahan tanah, teknologi pembibitan tanaman, teknologi penyembuhan suatu penyakit, dsb.
5. Salah satu bentuk penerapan teknologi, yaitu mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya, seperti pembangkit listrik.

Matematika

Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan adalah keahlian penting yang perlu dimiliki. Pecahan muncul dalam kehidupan sehari-hari setiap waktu, terutama dalam kelas matematika, dari SD hingga kuliah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempelajari cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan, mulai dari pecahan setara, pecahan tidak setara, pecahan campuran, atau pecahan biasa. Jika kamu sudah mengetahui salah satu caranya, sangat mudah untuk menyelesaikan pecahan yang lain!

Menjumlahkan dan Mengurangkan Pecahan dengan Penyebut yang Sama

 
1. Tuliskan soalmu. Jika penyebut kedua pecahan yang ingin kamu jumlahkan atau kurangkan sama, tuliskan penyebut tersebut satu kali sebagai penyebut jawabanmu.
Dengan kata lain, 1/5 dan 2/5 tidak perlu ditulis dengan 1/5 + 2/5 = ? , tetapi dapat ditulis dengan (1+2)/5 = ?. Penyebutnya sama, sehingga dapat ditulis sekali saja. Kedua pembilang digabungkan

2.Jumlahkan pembilang. Pembilang adalah angka yang berada di atas pecahan apa pun. Jika kita melihat soal di atas, 1/5 dan 2/5, 1 dan 2 adalah pembilang kita.
Entah kamu menulisnya 1/5 + 2/5 atau (1+2)/5, jawabanmu akan sama: 3! Karena, 1 + 2 = 3.



3. Biarkan penyebutnya. Karena penyebutnya sama, jangan lakukan apa pun dengan penyebutnya! Jangan menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, atau membagi. Biarkan saja.
Jadi, dari contoh yang sama, penyebut kita adalah 5. Benar! 5 adalah angka bawah pecahan kita. Kita sudah mendapatkan setengah jawabannya!


 

4. Tuliskan jawabanmu. Sekarang, yang harus kamu lakukan adalah menuliskan pembilang dan penyebutmu! Jika kamu menggunakan contoh di atas, jawaban soalmu adalah 3/5.
Berapa pembilangmu? 3. Penyebutmu? 5. Maka dari itu, 1/5 + 2/5 atau (1+2)/5 sama dengan 3/5.

METODE 2 Menjumlahkan dan Mengurangkan Pecahan dengan Penyebut yang Berbeda

Carilah penyebut terkecil yang sama. Artinya, penyebut terkecil yang sama untuk kedua pecahan. Misalkan kita memiliki pecahan 2/3 dan 3/4. Berapa penyebutnya? 3 dan 4. Untuk mencari penyebut terkecil yang sama dari kedua pecahan, kamu bisa melakukannya dengan tiga cara:

1. Tuliskan kelipatannya. Kelipatan dari 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, 18…dan seterusnya. Kelipatan dari 4? 4, 8, 12, 16, 20, dan seterusnya. Berapa angka terkecil yang merupakan kelipatan dari keduanya? 12! Itulah penyebut terkecil yang sama.
Faktorisasi prima. Jika kamu mengetahui tentang faktor, kamu bisa melakukan faktorisasi prima. Artinya, kamu mencari angka yang menyusun penyebutmu. Untuk angka 3, faktornya adalah 3 dan 1. Untuk angka 4, faktornya adalah 2 dan 2. Kemudian, kalian semuanya. 3 x 2 x 2 = 12. Penyebut terkecilmu yang sama!
Kalikan semua angka untuk angka yang kecil . Dalam beberapa soal, misalnya soal ini, kamu bisa mengalikan kedua angka – 3 x 4 = 12. Akan tetapi, jika angka penyebutmu besar, jangan lakukan hal ini! Kamu tidak ingin mengalikan 56 x 44 dan bersusah-susah untuk mendapatkan hasil sebesar 2.464!
Step 2 Kalikan penyebut dengan angka yang diperlukan untuk mendapatkan penyebut terkecil yang sama.


2. Kalikan penyebut dengan angka yang diperlukan untuk mendapatkan penyebut terkecil yang sama. Dengan kata lain, kamu ingin semua penyebutmu bernilai sama. Dalam contoh kita, kita menginginkan penyebutnya menjadi 12. Untuk mengubah 3 menjadi 12, kamu mengalikan 3 dengan 4. Untuk mengubah 4 menjadi 12, kamu mengalikan 4 dengan 3. Penyebut yang sama akan menjadi penyebut jawaban akhirmu.
Jadi 2/3 menjadi 2/3 x 4 dan 3/4 menjadi 3/4 x 3. Artinya, sekarang kita memiliki 2/12 dan 3/12. Tetapi, kita belum selesai!
Kamu akan menyadari bahwa penyebutnya dikalikan satu sama lain. Hal ini bisa dilakukan dalam situasi ini, tetapi tidak untuk semua situasi. Terkadang, daripada mengalikan kedua penyebut, kamu bisa mengalikan kedua penyebut dengan angka lain untuk mendapatkan angka yang lebih kecil.
Kemudian dalam soal-soal lain, terkadang kamu hanya perlu mengalikan satu penyebut untuk membuatnya sama dengan penyebut pecahan yang lain dalam soal.
Step 3 Kalikan pembilang dengan angka yang sama.



3 Kalikan pembilang dengan angka yang sama. Saat kamu mengalikan penyebut dengan suatu angka, kamu juga harus mengalikan pembilang dengan angka yang sama. Yang kita lakukan pada langkah terakhir hanyalah sebagian dari perkalian yang harus dilakukan.
Kita memiliki 2/3x4 dan 2/4x3 sebagai langkah pertama – kemudian, pada langkah kedua, 2 x 4/3 x 4 dan 3 x 3/4 x 3. Artinya, angka baru kita adalah 8/12 dan 9/12. Sempurna!
Step 4 Jumlahkan (atau kurangkan) pembilang untuk mendapatkan jawabannya.



4 Jumlahkan (atau kurangkan) pembilang untuk mendapatkan jawabannya. Untuk menjumlahkan 8/12 + 9/12, yang harus kamu lakukan adalah menjumlahkan pembilangnya. Ingat: biarkan saja penyebutnya. Penyebut terkecil yang sama, yang kamu temukan adalah penyebut akhirmu.
Dalam contoh ini, (8+9)/12 = 17/12. Untuk mengubahnya menjadi pecahan campuran, kurangkan saja penyebut dari pembilang dan tuliskan sisanya. Dalam soal ini, 17/12 = 1 5/12.


LATIHAN SOAL
IPAS 

1. Perkembangan penggunaan teknologi begitu panjang. Teknologi yang digunakan manusia pertama kali berupa. . . .
A. mesin uap
B. mesin telegraf
C. emas batangan
D. batu yang tajam

2. Salah satu contoh teknologi yang digunakan manusia untuk berlayar dan menjelajah lautan yaitu ....
A. jam tangan
B. mesin cetak
C. kompas
D. USG

3Perhatikan pernyataan berikut!
harus menggunakan listrik
tidak menggunakan ilmu pengetahuan
memperumit pekerjaan manusia
menyelesaikan permasalahan
Salah satu ciri penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh nomor ...
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

4. Berikut ini salah satu contoh penggunaan teknologi dalam keseharian yaitu...
A. berjalan ketika sedang hujan
B. melihat benda dengan mata
C. memotong daging dengan pisau
D. tidur pada saat malam hari


5. Perhatikan gambar di bawah!

4.Teknologi sering kita gunakan hampir setiap hari. Teknologi pada gambar di atas digunakan sebagai alat ....
A. penerangan
B. komunikasi
C. transportasi
D. penglihatan

Perhatikan tabel berikut!
No Alat
1 Cangkul
2 Sekop
3 Selang
4 Teflon
5 Wajan

6. Adit bersama Ayahnya akan bercocok tanam di kebun. Peralatan teknologi yang dapat mereka gunakan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Perkembangan penggunaan teknologi begitu panjang. Teknologi yang digunakan manusia pertama kali berupa. . . .
A. mesin uap
B. mesin telegraf
C. emas batangan
D. batu yang tajam

6. Salah satu contoh teknologi yang digunakan manusia untuk berlayar dan menjelajah lautan yaitu ....
A. jam tangan
B. mesin cetak
C. kompas
D. USG


Perhatikan gambar di bawah!


7. Manfaat teknologi yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu....
A. memberikan hiburan
B. media komunikasi
C. alat penerangan
D. transportasi darat

8. lmuan yang pertama kali mencetuskan penggunaan energi listrik sekaligus membangun pembangkit listrik yaitu. . .
A. Albert Einstein
B. Thomas Edison
C. Guglielmo Marconi
D. Alexander Graham Bell

9. Berikut ini salah satu tujuan penggunaan teknologi dalam pertanian yaitu ....
A. dapat panen dalam satu minggu
B. menghasilkan tanaman yang kerdil
C. memusnahkan sebagian tanaman hama
D. menciptakan bibit tanaman unggul

10. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Philo T. Farnsworth
2) Guglielmo Marconi
3) Thomas Edison
4) Alexander Graham Bell

Orang yang pertama kali menemukan televisi ditunjukkan oleh nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

MATEMATIKA
Soal No.1
Perhatikan pecahan berikut!
3
14
, 1
12
, 2
34


Urutan pecahan dari paling kecil yaitu. . .
A. 2
34
, 1
12
, 3
14


B. 1
12
, 2
34
, 3
14


C. 2
34
, 3
14
, 1
12


D. 3
14
, 2
34
, 1
12

 2. Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. >
B. ≥
C. <
D. =

3.
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. >
B. ≥
C. <
D. =

4. Hasil dari 
15
 + 
23
 = . . .
A. 
610

B. 
810

C. 
1215

D. 
1315
  

KESIMPULAN
dalam pembelajaranhari ini siswa telah dapat mengidentifikasi materi pecahan hari ini dengn media dan permasalahn yang disajikan. pada pelajaran ipas murid dapat memahami aliran listrik dan beberapa ponsek kita yang berakhir dengan ananda sulit fokus kembali

Demikian pembelajran hari ini. wassalamualaikum wr wb 



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

MAteri Ajr Selasa 17 November 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©